Larangan Judi Mega888 Menurut Islam Sebelum Ketagihan – Permainan atau permainan Mega888 banyak dimainkan di pelbagai negara dan ketagihan. Bagaimana tidak, permainan ini memberikan pengalaman kasino dalam talian untuk pemain. Tetapi siapa sangka bahawa ada larangan perjudian Mega888 jadi tak baik untuk bermain.

Ayat dan Hadis Al-Quran Tentang Larangan Berjudi

Larangan perjudian memang diperintahkan secara langsung oleh Allah SWT yang terkandung dalam Al-Quran dan hadis. Adapun surah Al-Qur’an yang menekankan larangan perjudian, iaitu dalam Al-Maidah ayat 90. Dalam bab ini menegaskan bahawa sebenarnya orang yang melakukan khimar, berjudi, dan menyembah berhala adalah perbuatan syaitan.

Ayat itu berlanjutan, menjelaskan bahawa tindakan seperti itu pasti tidak akan membawa tuah kepada pelakunya. Di mana perjudian dalam kes ini disebut masyir kerana ia mengandungi taruhan di dalamnya. Sesungguhnya, perbuatan berjudi mempunyai bahaya bagi pelaku yang tentunya tidak menyedarinya, seperti jatuh ke dalam permainan terlarang.

Sementara itu, hadis yang menjelaskan larangan perjudian Mega888 adalah hadis Muttaq ‘alaih. Dalam hadis ini memberitahu bahawa sangat dilarang bagi seseorang yang mengajak berjudi dengan permainan Mega888. Perjudian yang dilakukan melalui permainan dengan pertaruhan dari dua pihak dianggap haram dan merupakan dosa besar.

Semua permainan yang mengandungi unsur untung dan rugi tidak digalakkan dijalankan dalam Islam. Kenapa begitu? Kerana ia mempunyai banyak pengaruh negatif atau bahaya yang tidak disedari oleh pemain. Walaupun permainan seperti ini dapat memberikan para pemain kesenangan dalam kehidupan duniawi.

Bahaya Permainan Mega888

Bukan sahaja perjudian Mega888 dilarang untuk umat Islam, tetapi ada juga beberapa bahaya yang boleh disebabkan oleh permainan ini. Bahaya yang ditimbulkan tentunya sangat minimum bagi pemain yang mengetahuinya, terutama bagi pemain pemula. Oleh itu, berikut adalah penerangan lengkap mengenai bahaya yang ditimbulkan oleh permainan Mega888 APK 2021 ini.

Menghabiskan Wang Banyak Untuk Bermain Judi

Namanya bermain judi, tentu saja, ia memerlukan wang atau barang sebagai bahan pertaruhan. Dalam bermain Mega888 APK, biasanya yang dipertaruhkan adalah wang dalam jumlah yang telah ditentukan oleh pemain. Apabila seseorang ketagih, mereka secara tidak langsung menghabiskan banyak wang untuk menang dalam perjudian.

Kerana dalam permainan ini, pemain tidak selalu mendapat kejayaan atau kemenangan. Sehingga wang yang digunakan sebagai pertaruhan akan hilang secara automatik dalam sekelip mata dan diberikan kepada pemenang. Melihat ini, pemain tidak faham bila mereka kalah dan selalu menghabiskan wang untuk bermain.

Boleh Menyebabkan Kejahatan

Seperti yang diketahui umum, dalam permainan judi ini, tentunya memerlukan modal sebagai bahan pertaruhan. Dengan mempunyai sedikit modal tetapi ada harapan untuk pemain mendapat hadiah besar. Oleh itu, pemain ini akan sentiasa berusaha untuk memiliki modal agar mereka dapat bermain.

Namun, apabila modal yang diperlukan habis, pelbagai cara dapat dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak modal. Salah satunya ialah dengan melakukan kejahatan terhadap seseorang, iaitu melakukan perbuatan jenayah seperti pencurian. Kerana dalam fikiran mereka adalah penting untuk mendapatkan modal untuk bermain dan memenangi hadiah.

Menjual Barang Peribadi Untuk Dapatkan Wang

Cara lain yang boleh dilakukan oleh pemain permainan judi Mega888 APK 2021 ialah dengan mengorbankan barang peribadi mengikut keperluan. Dengan menjual barang peribadi secara berterusan, barang-barang ini dapat habis digunakan walaupun terdapat banyak barang. Dengan menjual barang kegemaran yang dimiliki, tentunya pemain dapat memiliki tujuan baru.

Setelah mempunyai gol baru, pemain dapat berpeluang memenangi pertandingan atau pertandingan berikutnya. Memang, permainan ini tidak dapat menjamin bahawa pemain dapat memperoleh kemenangan secara berterusan. Di samping itu, kepercayaan dan pemujaan pemain mudah rosak kerana permainan ini lebih mencabar dan menyeronokkan.

Berjudi ialah aktiviti haram yang biasanya dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan wang tanpa perlu bekerja keras. Namun, sebelum ketagihan sudah tiba masanya untuk mengetahui larangan perjudian Mega888 APK menurut Islam dan bahayanya bagi pemain. Di mana bahaya yang ditimbulkan sebenarnya membuat pemain kalah ketika mereka kalah dalam permainan ini.

Judi app Mega888 yang dipersilisihkan oleh Sebahagian Ulama

Saudara pembaca, dengan maraknya permainan judi yang tesebar dimana-mana kami tertarik untuk membahas tentang masalah ini secara global tanpa masuk kepada perkara-perkara rinci atau bentuk-bentuk permainan slot game yang ada dizaman sekarang yang sebagian masih diperselisihkan oleh sebagian ulama apakah ia termasuk judi atau bukan. Kami hanya ingin memaparkan sisi pengharaman judi, bentuk judi secara umum, dan dampaknya agar tidak terlalu panjang, selanjutnya pembaca bisa menguraikan sendiri atau merujuk kepada device ios android untuk para ustadz dan ulama.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman

يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ إِنَّمَا ٱلخَمرُ وَٱلمَيسِرُ وَٱلأَنصَابُ وَٱلأَزلَٰمُ رِجس مِّن عَمَلِ ٱلشَّيطَٰنِ فَٱجتَنِبُوهُ لَعَلَّكُم تُفلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum arak) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 90)

Dalam bahasa Arab, judi disebut dengan maysir. Namun sebenarnya, maysir itu lebih umum dari judi karena maysir itu ada dua macam: (1) maysir berupa permainan yaitu dadu dan catur, juga setiap permainan yang melalaikan, (2) maysir berupa perjudian yaitu yang memasang taruhan di dalamnya. Inilah yang disebutkan oleh Imam Malik. (Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 39: 406.)

Judi lebih berbahaya dari riba sebagaimana Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Kerusakan maysir (di antara bentuk maysir adalah judi) lebih berbahaya dari riba. Karena maysir memiliki dua kerusakan: (1) memakan harta haram, (2) terjerumus dalam permainan yang terlarang. Maysir benar-benar telah memalingkan seseorang dari dzikir kepada Allah, dari shalat, juga mudah timbul permusuhan dan saling benci. Oleh karena itu, maysir diharamkan sebelum riba.”

Judi sudah ada sejak zaman jahiliyah, dari zaman ke zaman ia terus berkembang dengan berbagai macam bentuk. Judi apk sangat digemari oleh sebagian orang kerana jika ia menang bermain judi ia boleh langsung menjadi kaya mendadak, tetapi ia juga bisa ‘terjungkel’ kedalam jurang kemiskinan. Jaman android sekarang judi mega888 sudah sangat banyak macamnya, baik dalam bentuk sederhana seperti bermain kartu dalam talian dengan menggunakan wang, sampai pada tingkat internasional, bahkan website-website perjudian apk dowload pun juga semakin marak.

Ibnu Hajar Al Makki berkata, “Sebab larangan maysir dan masalahnya perkara tersebut dikarenakan di dalamnya terdapat memakan harta orang lain dengan cara yang batil. Hal ini jelas Allah larang dalam ayat:

لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

“Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil” (QS. An Nisa’: 29). (Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 39: 406).

 

mega888

Haram nya Judi sudah disepakati oleh para Ulama

Para ulama sepakat akan haramnya judi. Ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa jika dipersyaratkan ada taruhan dari dua belah pihak, yaitu yang menang itulah yang berhak dapat hadiah, maka seperti ini adalah judi yang haram. Bahkan seperti ini termasuk dosa besar. (Al Mawsu’ah Al Fiqhiyyah, 39: 407).

Abu Hurairah radhiyallahu’anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَلَفَ مِنْكُمْ فَقَالَ فِي حَلِفِهِ بِاللَّاتِ فَلْيَقُلْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَمَنْ قَالَ لِصَاحِبِهِ تَعَالَ أُقَامِرْكَ فَلْيَتَصَدَّقْ

“Siapa saja dekat antara kalian yg bersumpah dengan mengatakan dalam sumpahnya ‘Demi Lata’, maka hendaklah dia segera menyebut La Ilaaha Illallah. Dan barangsiapa mengajak temannya berjudi mega88 dengan mengatakan ‘Mari berjudi xe88’, maka hendaknya dia bersedekah.” (Muttafaq ‘alaih).

Dalam kitab ‘Nailul Awthar’ Imam As-Syaukaniy menjelaskan hadits diatas, beliau berkata, “sabda Nabi yang mengatakan فليتصدق ‘hendaknya dia bersedekah’ mengandung dalil larangan berjudi, karena sedekah yang diperintahkan seperti ini adalah dengan tujuan menghapus dosa.” Kemudian beliau berkata, “yang dimaksud dengan ‘qimar’ dalam hadits ini adalah ‘maysir’ dan semacamnya sebagaimana yang dilakukan oleh orang arab, dan itulah yang dimaksud dalam firman Allah ta’ala:

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَينَكُمُ ٱلعَدَٰوَةَ وَٱلبَغضَاءَ فِي ٱلخَمرِ وَٱلمَيسِرِ

“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu…” (QS. Al-Maidah: 91)

Dan semua permainan yang pemainnya tidak lepas dari untung ataupun rugi maka termasuk maysir, Al-Qur’an dengan jelas mengharamkannya dalam firmannya: (إنما الخمر والميسر) sampai akhir ayat ini (ayat pertama yang telah disebutkan diatas), begitu juga Assunnah dengan jelas mengharamkannya.” (Nailul Awthar).

Sedangkan dampak negatif dari judi apk.file dalam kehidupan duniawi sangatlah banyak, karena setiap yang diharamkan oleh syariat pasti mengandung madharat bagi manusia.

Pertama, perjudian dapat menimbulkan permusuhan antara manusia seperti yang disebutkan dalam Surah Al-Maidah ayat 918 di atas, kerana perjudian kiss918 memberi manfaat kepada beberapa pihak dan sangat merugikan orang lain, jadi tidak jarang orang yang sama-sama bersenang-senang dengan perjudian berubah menjadi permusuhan. .

Kedua, perjudian membuat seseorang malas bekerja keras, kerana seorang penjudi akan selalu membayangkan dirinya menjadi kaya secara tiba-tiba melalui jalan pintas seperti berjudi tanpa perlu bersusah payah.

Ketiga, perjudian boleh mengakibatkan pelaku hutang yang berterusan, kerana apabila penjudi kalah dan kalah dia akan bermain yang kedua lagi dengan harapan dia akan menang dan dapat menutup kerugiannya pada permainan pertama, sehingga mereka yang tidak memiliki modal akan menjadi dipaksa untuk berhutang demi mengambil bahagian dalam perjudian walaupun tidak ada jaminan dia akan menang, jika dia kalah lagi dia akan kalah lagi ditambah dia harus membayar hutang yang dia pinjam. Dan kita semua tahu bahawa tidak ada kehidupan yang lebih sempit dan lebih buruk daripada hidup dalam hutang.

Semoga kita semua dipermudahkan oleh Allah untuk mendapatkan kekayaan dari rizki yang halal yang dapat menolong kita dalam beribadah dan sampai ke syurga-Nya di akhirat.

اللهم اكفنا بحلالك عن حرامك وأغننا يفضلك عمن سواك

“Ya Allah, berikan kami kecukupan dengan apa yang kamu izinkan daripada yang kamu larang, dan berikan kami kekayaan dengan rahmatMu sehingga kami tidak memerlukan apa-apa selainMu.”

Bolehkah Melunasi Hutang dengan Uang Hasil Judi?

Saya tahu bahawa wang judi adalah haram. Soalan saya ialah adakah boleh menggunakannya untuk melunaskan hutang saya dan hutang saudara saya di bank. Saya betul-betul menjaga agar tidak digunakan untuk tujuan lain?

Alhamdulillah

 

Pertaruhan dalam bentuk apapun adalah termasuk Judi

Pertaruhan adalah satu bentuk perjudian. Harta yang diperoleh dengan cara ini adalah buruk dan haram. Oleh itu, ia mesti dihapuskan dengan memberikannya kepada orang miskin atau cara lain dari pelbagai bentuk kebaikan. Seseorang tidak dibolehkan menggunakannya untuk kepentingan peribadi. Wajib bertaubat kepada Allah Ta’ala dari apa yang dia dapat.

Allah Ta’ala berfirman:

يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والمیسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون. إنما يريد الشيطان أن يوقع بينكم العداوة والبغضاء في الخمر والميسر ويصدكم عن ذكر الله وعن الصلاة فهل أنتم منتون (سورة المائدة: 90, 91)

“Hai orang-orang yang beriman, sebenarnya (minum) khamar, perjudian, (berkorban untuk) berhala, menarik nasib dengan anak panah, adalah antara tindakan syaitan. Oleh itu, jauhi tindakan ini supaya anda mendapat nasib baik. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu kerana (meminum) alkohol dan perjudian, dan mencegah kamu mengingati Allah dan berdoa; maka hentikanlah kamu (dari melakukan pekerjaan). ” (Surah Al-Maidah: 90-91)

Oleh itu, anda boleh memberikannya kepada saudara-mara agar mereka dapat digunakan untuk melunaskan hutang atau membeli apa yang mereka perlukan sekiranya mereka miskin.

Shaykhul Islam Ibn Taymiyyah rahimahullah berkata:

“Sekiranya pelacur dan penjudi bertobat, ketika mereka berada dalam kemiskinan, mereka diizinkan untuk menggunakan aset ini sesuai dengan keperluan mereka. Sekiranya dia dapat melakukan perdagangan atau kemahiran bekerja seperti mencadangkan dan berputar, maka modal diberikan kepadanya. ” (Majmu Fatawa, 29/308) Wallahu’alam.

Ali Maskur

          Kita ketahui banyak sekali organisasi islam yang berada di Indonesia, misalnya saja Nahdlatul Ulama, Muhammadiyyah, Syiah, Wahabi, Ahmadiyah dan lain-lain. Tidak dapat dipungkiri dari kesemua organisasi itu menimbulkan beberapa perbedaan. Merupakan sebuah keniscayaan dalam kehidupan umat islam yang beragam, bersuku serta berbangsa-bangsa akan timbulnya sebuah perbedaan, baik dalam aspek sosial, budaya, adat istiadat hingga dalam memahami nash nash syar’i yang padagilirannya menimbulkan praktek ubudiyah yang berbeda-beda dalam tataran furuj agama. Syekh Nasr Al-Maqsidi dalam kitab hujjahnya meriwayatkan:

CYMERA_20151124_220130

 

Artinya: Pebedaan diantara umatku adalah rahmat (Al Hujjah Lil Maqdisi)

Hadist diatas menjadi sebuah penjekas bahwa perbedaan dalam umat islam merupakan kenyataan yang pasti terjadi. Sekalipun demikian menyikapi sebuah perbedaan hendaknya kita menanggapinya secara santun dengan tanpa harus saling menyudutkan satu sama lain.

Perlu diketahui kemerdekaan bangsa indonesia juga tidak lepas dari peran para organisasi-organisasi islam yang ada di Indonesia. Dan diantara organisasi tersebut yang memegang peran penting yaitu para santri dan Ulama yang lebih spesifiknya dikenal golongan Nahdlatul Ulama (NU). NU memang telah memberikan kontibusi yang besar bagi bangsa ini, bahkan sebelum kemerdekaan. Organisasi ini lahir tahun 1926, sebelum lahir akar-akar NUpun telah muncul yaitu Nahdlatut Tujjar (Kebangkitan Pedagang) pada tahun 1910, Taswirul Afkar (Potret Pemikiran) pada tahun 1918 dan Nahdlatul Wathan (Pergerakan Tanah Air) pada tahun 1926.

Sebagaimana tujuan NU yaitu jami’iyah diniyyah wal ijtima’iyyah (organisasi keagamaan dan sosial), NU memang tidak semata hanya mengurus aspek ibadah ritual saja. Dalam perkembangannya pula program peningkatan dan apa yang disebut ”Revitalisasi” Islam tradisional yang dilakukan NU banyak mencontoh dari apa yang dilakukan (dalam prinsip pengetahuan organisasi) oleh kaum modernis.

Peran para ulama memang sangat penting untuk bangsa ini. Ulama sebagai tiang tegaknya dunia, tanpa Ulama mungkin dunia ini akan rusak. Dimasa kemerdekaan ada ulama-ulama besar NU misal Bpk KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahab Khasbullah. Setelah masa kemerdekaanpun bermunculan tokoh-tokoh NU yang hebat, KH Abdurrohman Whid adalah salah satunya.

KH Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur dilahirkan di desa Denanyar, Jombang, Jawa Timur pada tahun 1940. Gus Dur adalah putra salah seorang tokoh besar Nahdlatul Ulama yang bernama KH A. Wahid Hasyim. Bapak yang pernah menjabat sebagai Presiden RI ke-4 ini memang benar-benar telah bisa menerapkan prinsip dasar agama islam, Rahmatan Lil ‘Alamin (menebar kasing sayang kepada sesama manusia), tanpa membeda-bedakan latar belakang agama, suku dan ras.

Sejak masa kanak-kanak, kiai yang dikenal sebagai tokoh dengan ucapan dan tidakan kontroversional oleh semua kalangan itu menampakkan kegemaran dan hobi yang tidak lumrah bagi anak-anak seumurannya. Kegemaran membacanya misalnya, telah menjadi sifat yang sangat menonjol bagi seorang Gus Dur sejak kecil. Terbukti ia selalu memanfaatkan perpustakaan pribadi ayahnya untuk melahap ilmu pengetahuan dari buku-buku milik orang tuanya itu. Tidak seperti anak-anak seusianya yang masih belia, Gus Dur telah terbiasa menelaah berbagai bacaan dari majalah, surat kabar, novel dan buku-buku. Bahkan buku-buku yang dibacanya tidak terbatas pada referensi agama saja, tetapi ia telah akrab dengan karangan-karangan orang tidak beragama.

Sebagaimana lazimnya anak kiai, Gus Dur banyak menghabiskan sebagian masa remajanya untuk mengembra ilmu di pesantren. Ia perna nyantren di Jombang, Jogjakarta, Tegalrejo dan sampai ke Mesir. Sepulang dari pengembaraannya mencari ilmu, Gus Dur kembali ke Jombang untuk mengajar di pesantren Tebuireng Jombang dan Universitas di tempat yang sama. Keterlibatan Gus Dur di pesantren yang didirikan oleh kakeknya itu menjadi tonggak awal ketokohannya menasional.Dari kota santri inilah ia menekuni bakatnya sebagai penilis dan komunis. Lewat ide-ide yang dituangkan dalam tulisan-tulisannya, lagi-lagi Gus Dur membuat khalayak tercengang. Salah satu tulisan yang dianggap ”gila” bagi umat islam, terutama masyarakat pesantren ialah gagasan tentang ucapan Assalamu’alaikum absah diganti dengan kata selamat pagi, selamat sore dan selamat malam dalam konteks keIndonesiaan.

Bersamaan dengan nama dan ketokohannya yang kian dikenal oleh banyak lapisan, pada tahun 1984 Gus Dur dipilih untuk menduduki kursi Ketua Umum PBNU pada muktamar ke 27 di Situbondo, muktamar ke 28 (1989) dan muktamar ke-29 pada tahun 1994.

Kontribusi Gus Dur untuk Indonesia pun terus berlanjut. Saat ia masih menjabat sebagai Ketua PBNU (1999) Gus Dur terpilih menjadi presiden RI ke-4. Pemikiran kontroversional Gus Dur tidak sedikitpun mengalami perubahan meskipun telah menjdi orang nomer satu di Republik ini. Sebagaimana dalam dunia pemerintahan , meski selalu didzalimi oleh lawan-lawan politiknya ynag kemudian mengharuskan melepaskan kursi kepresidenan, gaya dan perilaku juga tetap membuat orang banyak terbelalak ketika ia berada di lingkaran politik. Alhasil, dimanapun Gus Dur berada, kapan dan dengan siapapun, ia tampil apa adanya. Gus Dur memang seorang seorang pribadi yang tak pernah dikelilingi rasa gelisah dan khawatir. Seakan Rasulullah Muhammad SAW., selalu membisikanya ”La tahzan inna Allah ma’ana”.

Bercerita mengenai sosok Gus Dur memang tiada hentinya. Ia adalah sosok hebat NU untuk bangsa ini. Bahkan sampai-sampai banyak orang yang menyebutnya sebagai Sunan Tebuireng, Wali Kesepuluh, dan Kyai Humanisme. Ia pernah berkontibusi untuk bangsa ini, memang Ia telah berpulang ke haribaan Ilahi di penghujung tahun 2009 lalu. Dan ”Entah mengapa, sosok Gus Dur seolah masih hidup di dalam setiap sanubari masyarakat Indonesia”.Ia hidup lewat pemikiran-pemikirannya yang diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Kita sebagai generasi muda terkhusus para pemuda NU sudah seharusnya memajukan Bangsa Indonesia ini sebagaimana yang telah dilakukan oleh tokoh-tokoh NU pendahulu. Kita harus menjadi pemimpin Bangsa ini dengan tetap menerapkan ajaran ahlussunnah wal jama’ah (NU) dan menjaga kemurnian dan kelestarian ajarannya. Perlu kita ketahui bahwa Allah SWt menciptakan manusia bertujuan untuk beribadah dan sebagai khalifah dimuka bumi, kita harus jalankan tugas itu dengan seimbang. Islam adalah Rahmatan Lil ‘Alamin.

 

DAFTAR PUSTAKA:

Athoillah, Ibnu dan Musta’in. 2015. ASWAJA Lahir Batin. Lirboyo: Lirboyo Press.

Sy, Emha. 2013. Gus Dur Sunan Tebu Ireng Wali Kesepuluh, Kyai Humanisme. Jombang: P@kdh33 Press.

El Guyanie, Gugun, Badrudin dan Muhyiddin Basroni. 2015. NU Smoking. Yogyakarta : Cakrawala Media.

Elmubarok dkk, Zaim. 2015. Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Semarang: UNNES PRESS.

Berdasarkan PPNo. 18/1999 Jo.PP 85/1999 Limbah didefinisikan sebagai  sisa/buangan dari suatu usaha dan atau kegiatan manusia. Hampir semua kegiatan manusia akan menghasilkan limbah. Limbah tersebut sering kali dibuang ke lingkungan, sementara jumlah limbah yang dihasilkan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan kemajuan teknologi serta perekonomian. Ketika mencapai jumlah atau konsentrasi tertentu,limbah yang dibuang kelingkungan dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Limbah ada 3 macam, yaitu:

Limbah Organik

Limbah organik merupakan limbah yang memiliki unsur hidrokarbon (hidrogen dan karbon) yang mudah diuraikan oleh mikroorganisme. Contoh: Jasad Makhluk hidup, sisa makanan, kertas, kotoran hewan. Limbah organik yang mudah membusuk dapat dimanfaatkan kembali dengan cara dijadikan kompos. Kompos dapat dimanfatkan sebagai pupuk/penyubur tanaman. Pembuatan kompos dari limbah organik dapat menjadi salah satu solusi untuk menangani limbah organik.

Limbah Anorganik

Limbah anorganik merupakan limbah yang tidak memiliki unsur hidrokarbon (hidrogen dan karbon) dan sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Contoh: plastik, karet, besi, kaleng bekas, pecahan kaca. Limbah anorganik tidak dapat dibiarkan begitu saja karena sulit diuraikan secara alami oleh mikroorganisme, untuk itu limbah anorganik dapat didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat digunakan kembali oleh manusia, seperti kaleng almunium  didaur ulang menjadi kaleng almunium kembali atau kertas bekas didaur ulang menjadi kertas siap pakai lagi. Salah satu cara agar pemanfaatan limbah dapat dilakukan dengan efektif dan efisien adalah dengan memilah limbah tersebut saat dibuang.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Menurut PP RI No. 18/1999 tentang pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun adalah sisa suatu kegiatan yang mengandung bahan berrbahaya dan beracun, yang karena sifat dan atau konsentrasinya, baik secara langsung  maupun tak langsung merusak lingkungan hidup, kesehatan maupun manusia. Limbah B3 dapat diklasifikasikan sebagai zat bahan yang mengandung satu atau lebih senyawa:

Mudah meledak (explosive)

Pengoksidasi (oxidizing)

Amat sangat mudah terbakar (extremely flammable)

Sangat mudah terbakar (highly flammable)

Mudah terbakar (flammable)

Amat sangat beracun (extremely toxic)

Sangat beracun (highly toxic)

Beracun (moderately toxic)

Berbahaya (harmful)

Korosif (corrosive)

Bersifat mengiritasi (irritant)

Berbahaya bagi lingkungan (dangerous to the environment)

Karsinogenik/dapat menyebabkan kanker (carcinogenic)

Teratogenik/dapat menyebabkan kecacatan janin (teratogenic)

Mutagenik/dapat menyebabkan mutasi (mutagenic)

Berbagai produk yang dapat menjadi limbah B3, yaitu:

Produk Automotif, contoh: bahan bakar, oli kendaraan, aki, dan pembersih kendaraan.

Produk untuk pemeliharaan rumah, contoh: cat,  pewarna, pengencer cat.

Pestisida, contoh: insektisida, racun tikus dan kamper.

Pembersih rumah, contoh: pembersih lantai, pemutih, pengkilap oven

Produk lainnya, contoh: baterai, kosmetik, dan pemoles sepatu.

Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memerhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Universitas Negeri Semarang (UNNES) dideklarasikan sebagai Kampus Konservasi pada 12 Maret 2010. Selanjutnya UNNES Konservasi adalah universitas yang dalam pelaksanaan pendidikan dan pengabdian masyarakat memiliki konsep yang mengacu pada prinsip-prinsip konservasi (perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara lestari) baik konservasi terhadap SDA, seni dan budaya serta berwawasan ramah lingkungan. Dalam tata kelola kampus berbasis konservasi diwujudkan melalui 7 Pilar Konservasi, yaitu:

Keanekaragaman hayati

Arsitektur hijau dan sistem transportasi internal

Pengelolaan limbah

Kebijakan nirkertas

Energi bersih

Konservasi etika, seni dan budaya

Kaderisasi konservasi

Salah satu dari 7 pilar konservasi adalah pengelolaan limbah. Contoh pengelolaan limbah yaitu pembuatan pupuk/composing. Pupuk adalah suatu bahan yang digunakan untuk mengubah struktur fisik, kimia atau energi tanah sehingga lebih baik. Pupuk ada 3 macam yaitu:

Pupuk Hijau

Pupuk Hijau yaitu pupuk yang terbuat dari tanaman atau komponen yang dibenemkan dalam tanah.

Pupuk Kompos

Pengomposan yaitu suatu proses yang memenfaatkan microorganisme untuk mengubah material organik seperti kotoran ternak, daun, rumput dan sisa makanan menjadi kompos. Di era sekarang udah banyak macam kompos misalanya:

Pupuk Kandang yaitu pupuk yang berasal dari kotoran hewan ternak yang tanpa mengalami pengolahan khusus untuk dapat menjadi pupuk. Contoh: kotoran Ayam.

Serasehan

Pupuk Cair

Adalah pupuk yang lebih mudah dimanfaatkan tumbuhan, karenya unsur-unsur didalamnya telah diurai.

Pembuatan Pupuk Kompos:

Alat:

Mesin pencacah

Mesin Pengayak

Sekop

Gembor

Bahan:

Daun

Obat Organik (EM 4)

Air

Kotoran hewan

Cara pembuatan:

Daun dicacah menggunakan mesin pencacah

Timbang daun dan kotoran hewan dengan perbandingan 2 : 3 (2 untuk kotoran hewan dan 3 untuk daun)

Siapkan 2 tutup botol EM 4, lalu campur dengan air pada Gembor

Siramkan air Gembor pada daun dan kotoran hewan, sambil diaduk secara merata

Masukkan campuran bahan itu ke dalam kotak kompos lalu tutup rapat, usahakan suhu pengomposan 40 derajat C lebih

Tiap 2 hari sekali siram bahan dengan EM 4

Pupuk akan jadi dalam 2 minggu, namun 2 hari terakhir jangan disiram lagi

Setelah 2 minggu pupuk diayak dengan mesin pengayak

Kompos yang baik akan berwarna coklat kehitam-hitaman. Ciri kompos UNNES yaitu halus yang selanjutnya dinamakan pupuk sutera

Pembuatan Mol:

Mol adalah cairan dari bahan organik sebagai media hidup dan berkembangnya microorganisme yang berguna mempercepat penghancuran dan pembusukan bahan organik.

Alat:

Botol 1,5 L

Sendok dan corong

Bahan:

Nasi basi

Gula pasir sebagai glukosa

Air

Urine kambing

Cara membuat:

Nasi basi dimasukkan botol menggunakan corong sampai ¼ botol

Tambah 5 tutup botol urin kambing

Air ¾ botol

Tunggu 2 minggu

Tiap 2 hari sekali buka tutup selama 1-5 menit

Cara pembuatan pupuk cair : sama seperti cara membuat mol, namun bahan utamanya sayur/buah-buahan.

Berikut dokumentasinya:

IMG_20151026_155707IMG_20151026_160055IMG_20151026_160218

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

11146548_1592337804338972_2881169133507495222_n

Parikan merupakan sastra jawa yang mirip seperti pantun akan tetapi menggunakan bahasa jawa.Parikan juga diartikan kidungan yaitu salah satu bagian dalam kesenian tradisional ludruk. Di dalam ludruk, ada tiga jenis parikan saat bedayan (bagian awal permainan ludruk). Yaitu, lamba (parikan panjang yang berisi pesan), kecrehan (parikan pendek yang kadang-kadang berfungsi menggojlok orang) dan dangdutan (pantun yang bisa berisi kisah-kisah kocak).

Sebagaimana pantun, parikan juga memiliki sampiran dan isi. Dalam sastra jawa sampiran disebut purwaka, sedangkan isi disebut wose atau hakikat isinya. Jenis parikan ada 3 yaitu:

1. Parikan 4 wanda(kata) – 4 wanda

2. Parikan 4 wanda – 8 wanda

3. Parikan 8 wanda – 8 wanda

Parikan Konservasi adalah parikan yang isinya mengangkat tema konservasi, khususnya di kampus UNNES (Universitas Negeri Semarang). UNNES Konservasi adalah Universitas yang dalam pelaksanaan pendidikan dan pengabdian masyarakat memiliki konsep yang mengacu pada prinsip-prinsip konservasi (perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara lestari) baik konservasi terhadap SDA, seni dan budaya serta berwawasan ramah lingkungan. Pada postingan kali ini saya mau memberikan beberapa contoh parikan 4 baris tentang konservasi:

 

Kembang mlati nempel ing pager

Mambune wangi lan seger-seger

UNNES konservasi kampus kang seger

Mahasiswane aktif lan pinter-pinter

 

Mangan sego lawuhe bawal

Mangane njagong disarapi terpal

Kampus UNNES kampus handal

Bakal terkenal nang Internasional

 

Akeh ketan akeh sego

Segone ireng dikurebno

Yen tenanan lan gelem rekoso

Urip bakal penak lan joyo

 

Jalan-jalan nang Gnung Pati

Mergo wes sore sidone bali

Mung kampus UNNES sing konservasi

Pencetak pemuda kang peduli

 

Sekian, semuga bermanfaat

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

images (22)Assalamu’alaikum.,.
Salam cinta, salam damai, salam perjuangan, HIDUP MAHASISWA!!! Ehh salah sapa. Wkwkw.. 😀
Gimana kabarnya gaes??? Sehat kan?
Kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai budaya / kearifan lokal yang ada di desa saya yaitu desa Brengkol, kecamatan Pituruh, kabupaten Purworejo.
Di desa Brengkol ada beberapa tradisi atau budaya yang masih terjaga, yaitu:
1. Among-among.
Among-among merupakan tradisi slametan yang biasanya dilakukan seseorang untuk “nyelameti” ketika membeli sesuatu yang baru, misalnya ketika membeli motor atau mobil baru. Kegiatan ini dimaksudkan untuk nylameti kendaraan suapaya waras / selamat / aman ketika digunakan. Biasanya orang yang mengadakan among-among ini akan mengundang anak-anak kecil yang ada di daerah itu.
Hal-hal yang ada biasanya meliputi: nasi yang diletakkan di atas kalo atau nampan dan daun pisang, sayur-sayuran sebagai lauk, telur godhog / rebus, minuman, uang recehan dan tempat cuci tangan yang ada daun tawa. Sebelum acara makan dimulai penyelenggara hajat berdoa dan diaminni anak-anak yang ikut.
Setelah selesai, biasanya anak-anak akan diberi uang receh misalnya 500, 1000 atau 2000 supaya mereka senang. Tradisi ini masih terjaga hingga saat ini meskipun agak sedikit memudar.
2. Metoni
Metoni merupakan tradisi slametan yang dilakukan pada tanggal 12 Rabbi’ul Awwal dan taggal 21 Ramadhan. Tradisi ini diikuti oleh semua warga desa Brengkol. Setiap keluarga membuat satu tenongan. Tenong merupakan sebutan untuk wadah makanan yang digunakan untuk Metoni.
Urutan pelaksanaan:
1. Setiap keluarga membuat makanan satu tenongan. Makanan itu meliputi: Ketan yang dibentuk lingkaran 4 buah ( 2 berwarna putih dan 2 berwarna coklat), oseng-oseng (mie, kubis, kentang) yang dialassi dengan daun pisang, nasi putih, opak (sebutan untuk lauk / kripik yang terbuat dari beras ketan, berbentuk tipis persegi panjang dan berwarna merah & putih, ayam ingkung dan pisang ambon.
2. Tenongan dibawa ke balai desa dengan dipikul. Di balai desa semua warga laki-laki berkumpul dengan membawa masing-masing tenongannya. Selanjutnya para pamong desa mendoakan dan mengambil sebagian isi dari tenong, meliputi: 1paha ayam, 1 jenang merah, 1 jenang putih, nasi dan sayur, 3 opak dan 2 pisang ambon. Setelah selesai semua warga pulang kerumah masing-masing, sedangkan pamong desa mengumpulkan makanan yang diambil tadi.
3. Giliran
Giliran merupakan acara kumpul para laki-laki (biasanya bapak-bapak) di suatu rumah setiap malam jum’at secara bergilir/pindah-pindah. Dalam perkumpulan ini berisi: tahlil, yasinan, doa dan makan-makan. Terkait tempat, Giliran berpindah-pindah dari rumah A ke B, B ke C dan seterusnya secara bergilir setiap minggunya.
Sebagai tuan rumah pada saat hari-H menyiapakan makanan/pacitan dan minuman misal gorengan, buah, kacang rebus, roti, dll. Bahkan pada kamis sorejya tuan rumah biasanya mengantar beberapa makanan kerumah tetangga sekaligus mengundang.
Sekian postingan kali ini.
Wassalamu’alaikum…

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi blog award. Tulisan ini saya buat sendiri dan tidak njiplak.

Aktivis Mahasiswa #2

Posted by: Maskur Ali in Kemahasiswaan No Comments »
Jpeg

Contoh pertanyaan-pertanyaan wawancara mengenai Aktivis Mahasiswa beserta jawabannya:

1. Apa motivasi kakak agar terus bergerak maju?

Ya benar untuk terus bergerak maju diperlukan sebuah dorongan yang kita kenal dengan motivasi. Sederhana saja, sebagaimana Rasulullah mengajarkan kepada kita agar senantiasa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Bagaimana agar hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini, itu adalah motivasi yang kakak pegang selain Islam memotivasi umatnya agar menjadi umat yang terbaik dengan selalu mengikuti ajaran Al-Qur’an dan Hadist.

Motivasi itu ada yang disebut motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal datang dari dalam diri pribadi sedangkan motivasi eksternal datang dari luar diri, seperti dari lingkungan, saudara, teman dsb. Orang yang selalu tergerak maju biasanya memiliki motivasi internal yang lebih besar dari motivasi eksternal, dan mereka cenderung mandiri dalam artian untuk bergerak mereka tidak tergantung pada motivasi eksternal. Mereka memiliki apa yang dikatakan Long life motivation, suatu motivasi yang begitu membara di dalam dirinya dan tidak habis sepanjang waktu.

Motivasi internal dapat diciptakan dengan impian, cita-cita dan dibakar dengan ambisi yang membara. Bagi kakak pribadi, impian adalah salah satu motivasi terbesar dalam hidup kakak. Kakak memiliki daftar impian yang menanti untuk diwujudkan. Dengan memiliki impian, setidaknya kita sudah memiliki separuh jalan menuju kemajuan. Impian itu mendorong kita untuk berusaha lebih giat, dan selalu terpacu untuk meraihnya. Tentunya ada ilmu yang mesti dimiliki untuk bagaimana impian itu dapat dimutakhirkan menjadi suatu kenyataan. Selain motivasi internal, tidak dipungkiri bahwa motivasi internal terkadang juga diperlukan seperti halnya dukungan lingkungan, dukungan keluarga dsb. Seorang yang selalu tergerak untuk maju biasanya cakap dalam memadu-padankan dua motivasi ini dan  menjaga keseimbangannya agar dapat menjadi pendorong mereka untuk bergerak.

 

2. Apa visi dan misi kakak secara umum ketika bergabung dalam suatu organisasi?

Secara umum, ketika kita memutuskan untuk bergabung dengan suatu organisasi maka visi misi organisasi tersebut secara otomatis dan harus terinternalisasi kedalam diri kita. Secara tidak langsung kakak katakan bahwa apa yang menjadi visi misi kita hendaknya selaras dengan visi misi organisasi yang ingin kita masuki. Namun memang, tidak dinafikkan bahwa terkadang ada visi misi lain yang menjadi alasan lain kita bergabung dengan suatu organisasi. Seyogiyanya alasan tersebut tidaklah pragmatis, melainkan adalah bagaimana keberadaan kita dapat memberi kebermanfaatan bagi organisasi tersebut. Kita harus berupaya agar menjadi orang paling terdepan dan paling bisa diandalkan untuk pengembangan organisasi tersebut, menjadi kader (tulang punggung) organisasi.

Bergabung ke dalam suatu organisasi bisa merupakan pilihan ataupun juga suatu keterpanggilan, maka yang paling baik adalah panggilan pengabdian. Untuk mahasiswa baru ataupun yang baru tergerak untuk memiliki pengalaman berorganisasi, adalah wajar jika visi misi yang didengungkan terkesan sedikit pragmatis. Boleh jadi ada yang mengatakan alasan berorganisasi adalah untuk mendapat banyak teman, untuk mendapatkan pengalaman, untuk terkenal dsb. Ya satu sisi maklum saja kalau mereka beralasan seperti demikian, karena terkedang beberapa organisasi dalam merekrut anggotanya seperti menjual “barang yang unik danmenarik”. Tanpa bermaksud mengabaikan nilai luhur berorganisasi adalah untuk bagaimana seseorang dapat beraktualisasi diri, menempa diri dengan segala keterampilan dan pembelajaran.

 

3. Apa keuntungan yang akan diperoleh ketikaseorang mahasiswa memilih untuk aktif dalam organisasi?

“Jangan tanyakan apa yang diberikan Negara kepadamu, tetapi tanyakan apa yang engkau berikan untuk Negaramu”, ucap Presiden Amerika John F Kennedy. Seperti itu jugalah hendaknya berorganisasi. Berorganisasi, terlebih dalam organisasi mahasiswa. Jangankan untuk bicara keuntungan materi ataupun yang lainnya, bahkan tidak jarang materi kita lah yang malah terpakai. Lalu kenapa orangingin berorganisasi? Pasti ada suatu hal dalam berorganisasi yang sangat bermanfaat. Organisasi mahasiswa banyak memberikan manfaat yang khususnya pada perkembangan diri mahasiswa. Ya, organisasi itu wadah pengembangan diri, wadah untuk menemukan jati diri. Organisasi mengajarkan banyak hal yang tidak didapatdi bangku perkuliahan, tetapi ilmu yang didapat di organisasi adalah keterampilan yang sangat berharga. Di organisasi kita akan belajar banyak hal, yang paling utama adalah belajar bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain. Di organisasi kita juga belajar kepemimpinan, belajar berkomunikasi, belajar merancang kegiatan, belajar melaksanakan progam, belajar mandiri, belajar bertanggung jawab dan juga membina prestasi. Banyak hal lain yang menjadi manfaat berorganisasi, tetapi setidaknya itu yang umumnya.

 

4. Jikakeuntungan yang diperoleh adalah relasi yang banyak, bukankah tidak hanya dalam organisasi kita bisamemperolehnya?

Benar, relasi tidak hanya diperoleh di organisasi. Dalam pergaulan hidup sehari hari bahkan mungkin kita bisa saja mendapat lebih banyak relasi. Lantas, apa bedanya relasi dalam berorganisasi? Memiliki banyak relasi itu bagus, tetapi tidak tahu bagaimana “memanfaatkan relasi” itu yang tidak bagus. Di organisasi kita tergabung dalam kesatuan orang-orang berkelompok. Berorganisasi membuat kita akan lebih sering berinteraksi dengan banyak orang. Interaksinya adalah interaksi yang positif dan produktif, seperti dalam berorganisasi ada program kerja yang mesti dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya kita memerlukan koordinasi dengan banyak orang, disana kita belajar berinteraksi berkomunikasi untuk mewujudkan tujuan program kerja yang ingin dicapai. Untuk itu diperlukan kemahiran dan kecakapan membina relasi dengan pihak-pihak terkait. Dengan seringnya kita berkecimpung dengan hal demikian, maka dengan sendirinya kita akan belajar dan pandai dalam mengelola relasi. Dan ilmu seperti ini banyak berguna dalam kehidupan social bermasyarakat maupun dalam kegiatan perkuliahan yang kita jalani. Baik dalam hubungan dengan teman sekelas, dengan dosen dsb. Orang-orang yang berorganisasi biasanya akan terlihat berbeda, mereka lebih lihai dan lebih menonjol dari pada orang-orang yang tidak berorganisasi. Ya, orang besar di dunia ini pun dibesarkan oleh kemampuan mereka dalam berorganisasi.

 

5. Bagaimanapendapat kakak tentang pernyataan ”aktivis lamban dalam menyelesaikanpendidikannya”?

Pertama, kakak tidak menyangkal pernyataan tersebut. Memang, kenyataan yang ada membuat kita secara tidak langsung men-generalisasikan bahwa aktivis itu lamban dalam menyelesaikan pendidikannya. Dan dalam menjawab ini pun kakak agak sedikit hati-hati agar tidak dikatakan bahwa kakak mendukung pernyataan diatas..hehe (personal experience). Tanpa bermaksud memberikan pembenaran, coba kita perhatikan bahwa beban kerja seorang aktivis itu dua kali lipat dibanding mahasiswa biasa pada umumnya. Jika mahasiswa biasa hanya disibukkan dengan aktivitas akademik dsb seperti (kantin,kos, kampus dan percintaan dll), pada saat yang sama seorang aktivis juga dibebankan dengan tugas-tugas keorganisasian. Mereka harus memaksimalkan waktuuntuk membuat kuliah mereka menjadi efektif. Sebagaimana kita tahu bahwa beban SKS mahasiswa saat ini saja sudah terasa sangat membebani, menyita waktu dan mempersempit ruang gerak mahasiswa.

Jika kita perhatikan, tidak sedikit juga aktivis yang dapat menyelesaikan studinya tepat waktu ataupun tidak terkesan lamban. Tapi secara pribadi, kakak ingin menanyakan ulang “keaktivisan” mereka..hehe just kidding. Bukan kakak memandang buruk hal tersebut, malah kakak mengapresiasi karena ituadalah sebuah prestasi. Namun yang pasti, bagi seorang aktivis, cepat atau lambat dalam menyelesaikan studi bukanlah merupakan persoalan, bukan indikator yang menjamin kesuksesan. Aktivis itu tahu prioritas, dan juga kakak pribadi mengakui bahwa kegiatan-kegiatan “keaktivisan” itu memang menyenangkan. Jujur bahwa terkadang memang kalau harus memilih antara masuk kuliah dengan kegiatan, terkadang aktivis akan lebih rela meluangkan waktunya untuk kegiatan..hehe. Tapi pastinya dengan perhitungan yang cukup matang dengan memperhatikan izin dsb. Mungkin karena ini juga muncul stigma bahwa aktivis itu lamban dalam menyelesaikan studinya.

Dalam hal kesuksesan, terkadang kita dapat menyimpulkan hal yangterbalik. Coba kita lihat tokoh-tokoh besar di Negara ini tidak jarang bahwa mereka dulunya adalah seorang aktivis. Nah, pastinya ada modal lain yang dipunyai aktivis sehingga mereka dapat lebih melesat sukses dibanding mahasiswa lainnya. Kita harus jujur mengakui hal ini. Aktivis itu biasanya adalahorang-orang yang talented,orang-orang yang terlatih dan terampil, terutama lagi dalam kehidupansebenarnya. Aktivis itu telah menjalani sekelumit proses yang melejitkanpotensi pribadinya menjadi matang dan biasanya aktivis lah yang lebih siapdalam kehidupan. Mereka lebih cepat beradaptasi dan lebih gesit, makanyaaktivis itu banyak yang sukses..hehe. Tapi ya tentu akan lebih baik jikaaktivis tidak lalai dan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Walau memang kalau kita telisik lebih dalam bahwa tidak ada proses perjalanan yang ideal,semua ada pola yang keteraturannya tidak dapat ditebak dan artinya tidak dapatdisimpulkan sekilas. Boleh jadi saat ini seseorang, baik itu aktivis ataupun tidak, dalam kehidupannya terkesan tidak baik atau terkesan lamban sebagaimana pernyataan diatas, tetapi dibalik itu siapa yang tahu masa depan? Jadi intinya,apapun yang kita lakukan maka kerjakanlah dengan sebaik-baiknya dan rencanakanlah dengan sesukses-suksesnya. Mudah-mudahan kita menjadi orang yang berhasil.

 

6. Bagaimanatips memilih organisasi yang dapat menampung dan mengembangkan kreativitas, bakat dan minat?

Zaman sekarang ini sudah banyak tumbuh dan berkembang berbagai organisasi yang memenuhi “studentneed and student interest”. Organisasi mahasiswa zaman ini pun telah lebih adaptif dengan mengayomi berbagai kreativitas, bakat dan minat mahasiswa. Adabeberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum akhirnya memutuskan untukbergabung. Untuk mendapatkan keputusan suatu organisasi fit and proper untuk kita ikuti, maka kita pribadi harus lebihaktif dan proaktif untuk mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenaiorganisasi tersebut. Pertama kita harus lebih jeli dalam mengukur apa kreativitas, bakat ataupun minat kita.Tepatnya kita harus memiliki passion atau gairah. Diri kita pribadi dahulu yang harus menentukan hal tersebut,menentukan apa yang menjadi minat dan ketertarikan kita. Kedua kita bisa mencari sebanyak mungkin informasi mengenaiorganisasi yang sesuai dengan kreativitas, bakat dan minat yang ingin kitakembangkan. Ada tipe organisasi yang kreativitas, bakat dan minta tertentu adalah fokus utama dalam pergerakannya, seperti contohnya organisasi keahlian dan profesi. Dalam organisasi mahasiswa, ada terdapat organisasi yang bergerak dalam hal olahraga bela diri, ada olahraga catur dsb. Ada organisasi kesenian,ada organisasi yang bergerak dalam aktivitas mengenai alam, ada organisasi yangmengembangkan musik, dan ada juga organisasi yang berorientasi dan berfokuspada da’wah Islam dsb. Namun ada juga organisasi yang secara umum, hal-halterkait kreativitas, bakat dan minat ditampung dalam suatu bidang di dalamstruktur organisasi tersebut. Contohnya di dalam sebuah organisasi ada bidang minat dan bakat. Ketiga selanjutnya kita dapat membuat list atau daftar organisasi yang telah memenuhi target kita. Keempat dari daftar yang telah kita buat kita lalu harus mensortir organsisasi tersebut dalam daftar pilihan yang lebih kecil (lebih sedikit), menjadi pilihan-pilihan organisasi yang lebih tepat dan mana yang paling pas dengan yang kita inginkan.Kelima untuk itu kita harus melakukan klarifikasi dan penilaian yang akurat untuk menentukan pilihan yang benar-benar tepat. Kitabisa memulai dengan mencari tahu tentang keberadaan organisasi yang kita tetapkan dalam daftar sortiran tersebut. Bisanya setiap organisasi akan membukaseluasnya informasi mengenai organisasi tersebut, kita dapat datang dan bertanya kepada pengurus organisasi tersebut untuk mendapat keterangan yang kita inginkan. Selain itu penting juga untuk mencari tahu informasi dari orang lain yang barangkali mengetahui mengenai organisasi yang kita maksud. Adabaiknya juga kita mencoba meminta pendapat dari senior, teman dan keluarga. Sekarangini, hampir semua organisasi juga telah memiliki akun di internet dan mediasosial seperti website dan facebook. Semakin banyak informasi yang kitadapatkan maka akan semakin mudah kita mengukur dan menjatuhkan pilihan.Kriteria informasi yang mendukung diantaranya seperti sudah berapa lamaorganisasi tersebut berdiri, sudah berapa banyak anggotanya, seberapa aktiv kegiatannya, seberapa intens pertemuan dalam organisasi tersebut dan poin-poin lain yang dapat kita tentukan sendiri. Terakhir,  dengan penuh keyakinan dan semangat ikuti kata hati untuk menjatuhkan pilihan terhadap organisasi mana yang akan kita masuki.

 

7. Menurut kakak, kapan waktu yang tepat untuk memulai karir organisasidi PT? Misalnya, semester 3.

Pada dasarnya semakin cepat semakin baik. Namun fakta yang sedikit kontra-produktif adalah sebagaian besar mahasiswa baru pada tahun-tahun awal studinya cenderung enggan untuk aktif dan tergerak untuk berorganisasi. Merekabiasanya lebih menyukai untuk menikmati euphoria bersenang-senang atas kebebasan yang mereka dapatkan sewaktu menjadi mahasiswa baru yang memang sangat berbeda dengan keadaan ketika mereka masih menjadi siswa. Banyak juga yang antipati lantaran mendengar stigma-stigma bahwa berorganisasi itu hanyaa kan menghambat studi. Tambah juga pesan orang tua untuk cepat menyelesaikan studi. Banyak juga yang menunda untuk langsung terjun berorganisasi dengan alasan bahwa mereka masih mencari tahu dan menyesuaikan diri dengan kehidupankampus, dan banyak alasan lainnya. Padahal hakikatnya dengan semakin cepat berproses di organisasi maka akan cepat pula proses pematangan diri mereka. Danakan lebih terukur dan terencana dengan baik kegiatan perkuliahan mereka, karena mereka akan lebih cepat mengenal dunia kampus melalui rekan-rekan diorganisasi.

Secara umum, di satu sisi kakak setuju bahwa karir organisasi diperguruan tinggi sebaiknya dimulai sejak semester 3. Karir yang kakak maksud disini adalah proses mereka untuk mengisi struktur di organisasi. Tetapi untuk karir secara umum, alangkah lebih baik untuk mengikuti proses berorganisasi sejak semester awal perkuliahan. Beberapa organisasi pada umumnya memiliki jenjang perkaderan dan masa pengenalan anggota, ada istilahnya anggota muda;yakni mahasiswa baru yang direkrut menjadi anggota organisasi tetapi belum mendapatkan tempat di struktur kepengurusan di organisasi. Melalui langkah seperti ini, ada banyak manfaat positif bagi seorang mahasiswa baru untuk menentukan apakah benar-benar akan aktif berorganisasi ataupun tidak karena mereka akan mulai intens bersentuhan dan berkenalan dengan aktivitas-aktivitas keorganisasian.

 

8. Organisasi yang bergerak di bidang apa yang menjadi fokus perhatian kakak?

Bagi kakak pribadi, kakak tertarik untuk mendalami organisasi yang menyentuh aspek kepemimpinan,  pergerakan mahasiswa dan kajian Islam. Selainkakak juga tertarik untuk mendalami organisasi-organisasi profesi ataupun organisasi yang berfokus pada kreativitas, bakat dan minat. Kakak tertarik dengan organisasi terkait kewirausahaan dan bisnis, kakak juga tertarik dengan organisasi yang care mengenai alam, dan juga organisasi yang fokus pada penulisan.

 

9. Bagaimanapendapat kakak tentang organisasi yang berorientasi dakwah, misalnya EKSIS FE UNNES?

Dalam pandangan kakak, organisasi yang berorientasi dakwah itu sangat bagus. Organisasi seperti ini sangat memberikan manfaat dalam mengembangkan nilai-nilai Islam. Menjadi wadah pembelajaran dan jembatan pengetahuan bagiumat agar lebih mengenal ajaran Islam dan memberikan pelajaran serta gerakan amaliyah agar umat (anggotanya) senantiasa ingat dan taat pada ajaran Islam. Berbicara mengenai organisasi dakwah tentu adalah skop yang besar, ada organisasi aliran keagamaan, ada organisasi dakwah dalam bentuk partai politikdsb. Tertalu lebar dan akan terlalu banyak pandangan jika kita bahas itu. Spesifiknya saja yaitu organisasi dakwah  dalam kalangan mahasiswa. Organisasi dakwah dalam kalangan mahasiswa lebih akrab kita kenal dengan “organisasi rohis”, seperti halnya FS Nuri. Kalau berfikir objektif, seyogiyanya kita akan sangat mendukung dansangat apresiatif terhadap keberadaan organisasi seperti ini. Kita perhatikan bahwa porsi untuk pendidikan keagamaan sangat kecil dalam kurikulum pendidikan nasional kita, kita banyak disuguhi dengan pendidikan umum yang kalau secara garis besar memang dapat membawa anak-anak didik pada keberhasilan, namun kurikulum seperti itu gagal “memanusiakan manusia seutuhnya”. Ditambah lagi dalam pengajarannya materi ajarsangat jarang dikaitkan dengan nilai-nilai kegamaan. Padahal dalam Islam sebagai agama paripurna menyatakan bahwa ilmu itu adalah bersumber dari Tuhan yang Maha Esa, sementara kurikulum pendidikan saat ini terkesan mengembangakankeilmuan dengan dasar pengembangan sendiri dan meniadakan keberadaan Tuhandibalik sebuah ilmu. Terlebih lagi ada dikotomi antara ilmu agama dengan ilmuumum. Sudah barang tentu ini menjadi masalah yang sedemikian kompleks.Problematika umat sekarang ini sudah semakin kearah ketidakwarasan. Pendidikanmembentuk manusia yang seakan hidup tidak ber-Tuhan. Padahal dalam Islam, ada keseimbangan yang perlu dijaga antara kehidupan dunia dan kehidupa akhirat dalam artian beragama dan ber-Tuhan. Pendidikan sekarang ini hanya membentuk manusia manusia yang cerdas akal dan fikiran, namun gersang secara spiritual. Islam memberikan makna yang lengkap dalam kehidupan. Oleh karena itu, demikianlah arti pentingnya keberadaan organisasi dakwah, untuk menjadi jembatan keilmuan spiritualitas yang akan membentuk manusia-manusia Islami seutuhnya. Namun dibalik itu semua juga ada problematika di kalangan organisasi dakwah yang juga penting untuk disoroti. Kakak pribadi menilai beberapa organisasi dakwah terkesan sangat ekslusif, padahal nilai-nilai dakwah yang diajarkan itu sangat inklusif. Ada juga stigma-stigma negatif lainnya mengenaiorganisasi dakwah di kalangan mahasiswa, terutama jika organisasi dakwah tersebut berafiliasi dengan organisasi-organisasi dan proses perpolitikan.  Sebenarnya jika dikaji lebih dalam tidak ada sekat antara dakwah dan perpolitikan, karena memang ajaran dakwah itu universal. Konsep yang harus dipahami adalah dakwah harus lah menyeru kepada kebaikan, kepada perbuatan baik yang dilakukan.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan

Manajemen Kepemimpinan #1

Posted by: Maskur Ali in Pengetahuan No Comments »

Pemimpin dimasanya.

Jangan lupakan yang kedua/wakil: Drs. Moh Hatta, HOS Cokro Aminoto.

Menurut Tead, kepemimpinan adalah kegiatan/seni memepengaruhi orang lain agar mau bekerja sama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.

Sedangkan menurut Young, Kepemimpinan adalah bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain.

Pemimpin itu:

1. Memiliki pribadi karakter kuat.

2. Memiliki tujuan jelas

3. Memiliki pengaruh besar

4. Memiliki orientasi untuk kebaikan orang lain

Tipe-tipe pemimpin:

1. Tipe Otoriter (Authoritarian)

• Sebagai diktator

• Menggerakkan dan memaksa

• Menunjuk dan memberi perintah

• Menyampaikan intruksi

• Tidak ada rapat / musyawarah

• Timbul oposisi

• Sifat apatis

2. Tipe Laizess Faire:

• Membiarkan bawahan

• Kontrol dan koreksi tidak ada

• Tanpa petunjuk dan saran

• Tanggung jawab simpang siur

3. Tipe demokrasi:

• Bukan diktator, ditengah-tengah

• Simulasi anggota produktif

• Terbuka atas saran/kritik/pendapat/ide

• Kekeluargaan dan persatuan

• Mengembangkan kapasitas diri pribadi sebagai pemimpin

” Jika kalian ingi  menjadi Pemimpin Besar menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator ”

” Gunakanlah 5 menit setiap malam buat membulatkan pikiran ”

By : Aan Iksananto (Gubernur BEM FE UNNES 2014) at PKMMTD FE 2015

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan

Sugeng Rawuh ing Blog kulo…

Posted by: Maskur Ali in Pribadi 1 Comment »

 

Ketua BEM UI '15 #PKMMTD_FE

Assalamu’alaikum.wr.wb

Perkenalkan nama saya Ali Maskur dari jurusan Akuntansi akt 2015. Ini adalah blog baru saya. Semoga bermanfaat 🙂

Jangan lupa kunjungi juga:

www.maskura.blogspot.com

www.a5skuer.blogspot.com

www.a5skurr.blogspot.com

www.a5skur.blogspot.com

www.imanmurtaqi.blogspot.com

Email: [email protected]

Alamat: Brengkol RT 02 RW 03, Pituruh, Purworejo

HP : 087837951217

Sekian. Wassalamu’alaikum.wr.wb

Lewat ke baris perkakas