Saya dan Rumah Ilmu Digital #1

Frankfurt am MainDi beberapa forum Internasional, saya hadir untuk mempresentasikan hasil penelitan dan gagasan saya, dan juga menambah wawasan dan pengetahuan baru dengan mengikuti presentasi dari pakar atau peneliti lain.

Tidak hanya itu, seperti yang disarankan oleh supervisor saya, ini adalah kesempatan yang bagus bagi saya untuk berkenalan dengan pakar dan peneliti di seluruh dunia dan membuat jaringan. Ini akan sangat bermanfaat bagi saya setelah selesai studi dan kembali tempat kerja, tambahnya.

Saya ikuti pesan beliau, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan, disela-sela acara, saya berkenalan dengan beberapa pembicara dan peserta lain. Saya selalu memberikan sebuah kartu nama. Di satu sisi terulis status saya sebagai mahasiswa doktoral/ peneliti di Goethe-Universität Frankfurt, sementara di sisi lain tertulis status saya sebagai dosen di Universitas Negeri Semarang.

Simpel, tidak banyak informasi dalam kartu nama tersebut, hanya ada nama, status, alamat email dan alamat website universitas. Saya sampaikan, saya bisa dihubungi melalui email. Dan jika ingin mengetahui tentang saya, tentunya perlu juga mengenal rumah saya, Universitas negeri Semarang, kami menyebut ‘Rumah Ilmu’.

Disitu, ‘tamu’ bisa berjalan-jalan melihat2 isi rumah, aktifitas penghuni rumah dan juga tamu yang datang, karya-karyanya berupa artikel ilmiah, hasil-hasil penelitian, gagasan, produk2 yang bermanfaat untuk umum, seperti media pendidikan, sistem informasi, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa diakses melalui www.unnes.ac.id.

Dan navigator akan mengarahkan pada lokasi informasi yang dibutuhkan. Termasuk ketika seorang tamu ingin mengetahui informasi tentang saya, sebagai warga di rumah tersebut, maka blog.unnes.ac.id pun bisa menjadi lokasi yang lebih spesifik bagi penghuni rumah untuk menyambut tamu yang datang.

Tentunya, tamu tidak hanya datang dari wilayah domestik, tapi juga datang dari wilayah internasional. Teknologi terkini yang digunakan oleh Unnes untuk kemudahan akses dan komunikasi secara digital telah memudahkan kita untuk menjalin kerjasama, melakukan penelitian bersama, penulisan karya ilmiah bersama untuk menguatkan akslerasi inovasi antara warga Unnes dengan relasinya di luar Unnes, bahkan di luar negeri.

Dengan media digital ini jugalah, Unnes bisa dikenal secara internasional, dan optimis bahwa Unnes semakin bereputasi Internasional. Dan ini bisa kita mulai dari diri sendiri untuk Unnes kita tercinta dan bermanfaat bagi dunia.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Dosen dan Tendik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco