MathCityMap: menjelajahi matematika di sekitar kota

Hamburg – The MathCityMap-Project adalah sebuah proyek math trail yang didukung oleh pemanfaatan mobile technology. Math trail adalah jejak untuk mengeksplorasi matematika. Dengan memanfaatkan teknologi GPS, aplikasi berbasis peta didesain untuk mendukung program math trail melalui proyek ini. MathCityMap dikembangkan oleh The MATIS I Team dari Institute of Mathematics and Computer Science Education, Goethe-University Frankfurt, Jerman.

Proyek ini mencakup perancangan desain program yang disesuaikan dengan kondisi lokal, pembuatan aplikasi mobile phone yang mendukung fitur GPS, teachers’ professional development, tasks design, implementasi program, dan evaluasinya. Sebagai bagian dari upaya popularisasi matematika, tujuan dari proyek ini adalah untuk memyebarkan matematika kepada masyarakat umum (khususnya siswa), dan mengubah sikap mereka terhadap matematika, terutama mengubah motivasi siswa dalam keterlibatannya dalam (pembelajaran) matematika.

Beberapa publikasi ilmiah juga telah dihasilkan melalui project ini. Salah satunya adalah Makalah yang dipresentasikan dalam Kongres Internasional Pendidikan Matematika ke 13 (ICMI-13) di Hamburg (Jerman), sebuah forum empat tahunan yang digelar oleh komisi tertinggi di bidang pendidikan matematika dunia, yaitu International Commission on Mathematics Instruction (ICMI). Ini adalah bagian kecil dari publikasi hasil proyek ini yang difokuskan khusus pada bagian implementasi di lapangan. Untuk selengkapnya, makalah dapat diunduh disini dan file presentasi dapat diunduh disini. Secara resmi publikasi makalah dari konferensi ini akan diterbitkan oleh Springer.

 

Sumber: http://mathcitymap.eu/id/mathcitymap-menjelajahi-matematika-di-sekitar-kota/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco