Dec 2 2016

Pengantar WLAN

WLAN-Sebuah jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan beberapa metode distribusi nirkabel (biasanya menyebar melalui spektrum  atau OFDM radio), dan biasanya menyediakan koneksi melalui jalur akses ke internet yang lebih luas. Hal ini memberikan pengguna mobilitas untuk bergerak dalam area cakupan lokal dan masih terhubung ke jaringan. WLAN paling modern didasarkan pada IEEE 802.11standar, dipasarkan dengan Wi-Fi nama merek.

 

WLAN pernah disebut rumput (untuk jaringan area lokal nirkabel) oleh Departemen Pertahanan.Wireless LAN telah menjadi populer di rumah karena kemudahan instalasi, dan kompleks komersial yang menawarkan akses nirkabel ke pelanggan mereka, sering secara gratis. New York City , misalnya, telah memulai program percontohan untuk menyediakan pekerja kota di semua lima borough kota dengan nirkabel akses internet. WLAN ini sering digunakan pada PC sebagai pengganti LAN yang harus membtuhkan kabel UTP.

 

Konsep Dasar dan Cara Kerja WLAN (WIRELESS LAN)Jaringan wireless adalah jaringan yang mengkoneksikan dua komputer atau lebih menggunakan sinyal radio, cocok untuk berbagi pakai file, printer, atau akses Internet.
Berbagi sumber file dan memindah-mindahkannya tanpa menggunakan kabel.

  1. Mudah untuk disetup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor atau dirumah.
  2. Produk dari produsen yang berbeda kadang-kadang tidak kompatibel.
  3. Harganya lebih mahal dibanding menggunakan teknologi ethernet kabel biasa.

Bila Anda ingin mengkoneksikan dua komputer atau lebih di lokasi yang sukar atau tidak mungkin untuk memasang kabel jaringan, sebuah jaringan wireless (tanpa kabel) mungkin cocok untuk diterapkan. Setiap PC pada jaringan wireless dilengkapi dengan sebuah radio tranceiver, atau biasanya disebut adapter atau kartu wireless LAN, yang akan mengirim dan menerima sinyal radio dari dan ke PC lain dalam jaringan. Anda akan mendapatkan banyak adapter dengan konfigurasi internal dan eksternal, baik untuk PC desktop maupun notebook.
Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Sinyal radio menjalar dari pengirim ke penerima melalui free space, pantulan, difraksi, Line of Sight dan Obstructed LOS. Ini berarti sinyal radio tiba di penerima melalui banyak jalur (Multipath), dimana tiap sinyal (pada jalur yang berbeda-beda) memiliki level kekuatan, delay dan fasa yang berbeda-beda. Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan, namun sekarang Wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point diluar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge.
Wireless LAN di desain sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa di optimalkan pada lingkungan yang berbeda. Dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.

Mirip dengan jaringan Ethernet kabel, sebuah wireless LAN mengirim data dalam bentuk paket. Setiap adapter memiliki nomor ID yang permanen dan unik yang berfungsi sebagai sebuah alamat, dan tiap paket selain berisi data juga menyertakan alamat penerima dan pengirim paket tersebut. Sama dengan sebuah adapter Ethernet, sebuah kartu wireless LAN akan memeriksa kondisi jaringan sebelum mengirim paket ke dalamnya. Bila jaringan dalam keadaan kosong, maka paket langsung dikirimkan. Bila kartu mendeteksi adanya data lain yang sedang menggunakan frekuensi radio, maka ia akan menunggu sesaat kemudian memeriksanya kembali.


Nov 22 2016

Internet

Perkembangan Internet

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.

Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

Perkembangan Internet memberikan pengaruh

Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini.

Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu

  1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
  2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
  3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
  4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai

sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

 

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

PENGERTIAN INTERNET

Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet.

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.

 

Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.

Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.


Nov 22 2016

Struktur Perangkat Lunak

Software adalah prangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan komputer, melaksanakan printah user dan mengelola hardware. adapun struktur dalam software ada 5 bagian :

1. sistem operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang  berfungsi untuk mengatur kinerja prangkat keras komputer  menterjamahkan printah pengguna sehingga data dapat diproses oleh komputer.

2. Utility program(program bantu)

program ini berfungsi untuk membantu dalam pengoperasian mesin antara lain membatu menyediakan/memepersiapkan media disk, memperbaiki file-file atau  disk yang rusak, membuat/menghapus proteksi pada sistem software, mengontrol kinerja komputer dd

3. language

program ini berfungsi untuk mengatur komunikasi antar komputer dangan peralatan lain, komputer vs komputer, komputervs manusia

4. Program paket

Program ini disebut program paket karena program yang siap pakai seperti word processor.microsoft office  dll

5. Program applikasi

adalah program-program yang menjadi tambahan dari program yang telah ada/yang paling penting, atau program untuk menambah fitur-fitur ferfom kpmpter, membuat aplikasi-aplikasi design dll


Nov 22 2016

Sistem Komunikasi Data dan Network

Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan. Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.

Pada dasarnya, komunikasi data merupakan proses mengirimkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. Untuk dapat mengirimkan data pada komputer harus ditambahkan alat khusus yang dikenal sebagai network interface (interface jaringan). Jenis interface jaringan ini bermacam-macam tergantung pada media fisik yang digunakan untuk mentransfer data tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada komputer, tujuan transfer data mungkin terdapat lebih dari satu aplikasi yang menunggu datangnya data. Data yang dikirim harus sampai ke aplikasi yang tepat,  pada komputer yang tepat tanpa kesalahan.

Untuk setiap masalah pada komunikasi data, diciptakan solusi khusus berupa aturan-aturan untuk menangani masalah tersebut. Untuk menangani semua masalah komunikasi data, keseluruhan aturan ini harus bekerja sama satu dengan lainnya. Sekumpulan aturan untuk mengatur proses pengiriman data ini disebut sebagai protokol komunikasi data. Protokol ini diimplementasikan dalam bentuk program komputer (software) yang terdapat pada komputer dan peralatan komunikasi data lainnya.

Tujuan Komunikasi Data :

  • Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah yang besar secara effisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari satu tempat ke tempat yang lain.
  • Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use)
  • Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol (baik sentralisasi maupun desentralisasi )
  • Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer
  •  Mengurangi waktu untuk pengolahan data.
  • Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan).
  • Mempercepat penyebarluasan informasi. 

1. Model Komunikasi Data

Komunikasi data berkaitan dengan pertukaran data diantara dua perangkat yang terhubuang secara langsung yang memungkinkan adanya pertukaran data antar kedua pihak. Gambar dibawah ini menggambarkan proses komunikasi data.
Pada gambar diatas terdapat elemen-elemen dalam kunci model tersebut :

  • Source (sumber) : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh telepon, Personal Computer (PC)
  • Transmitter (pengirim): Biasanya data yang dibangkitkan dari sister sumber tidak ditransmisikansecara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter cukup memindah dan menandai informasi dengan cara yang sama seperti sinyal-sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan.
  • Sistem transmisi : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission) atau jaringan  komplek (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan (destination).
  • Tujuan (destination) : menangkap data yang dihasilkan oleh receiver

2. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Suatu jaringan komunikasi merupakan sumber daya yang dapat dipakai secara bersamaan (shared) oleh sejumlah end user untuk berkomunikasi dengan user lain yang lokasinya berjauhan. Tidak semua user menggunakan jaringan pada waktu yang bersamaan, oleh karena itu merupakan suatu hal yang logis apabila sumber daya jaringanyang sangat penting ini dipakai bersama-sama. Penggunaan sumber daya secara bersamaan ini melahirkan konsep sentral.

Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik.

Ada 4 macam jenis jaringan, berikut diantaranya :

Local Area Network (LAN)

Metropolitan Area Network (MAN)

Wide Area Network (WAN)

Global Area Network (GAN)

 

3.Perangkat Keras Komunikasi Data

Peralatan yang digunakan untuk melakukan interaksi / komunikasi dibedakan atas (peralatan inter aksi), diantaranya yaitu :

  1. a) Data Communication Equipment– DCE, untuk menyalurkan informasi antar lokasi.
  2. b)Data Terminal Equipment– DTE, merupakan peralatan tempat informasi masuk dan keluar bagi pemakai maupun komputer.

Di dalam sistem komunikasi data ada sistem yang mengatur hubungan dengan peralatan komunikasi data. Peralatan ini disebut Data Communication Controller Unit – DCCU. Tugas dari DCCU antara lain :

  • Membentuk antar muka antara sistem input/output bus dan modem
  • Mengendalikan sinyal antarmuka modem dan konversi level sinyal agar sesuai dengan antarmuka
  • Mengubah data yang akan dikirimkan menjadi serial dan sebaliknya
  • Untuk peralatan sinkron terdapat buffer, dan kendali berita antara 2 stasiun dilakukan oleh DCCU
  •  Mengatur error recovery dengan mekanisme retry
  • Melakukan konversi sandi bilamana perlu
  • Melakukan sinkronisasi karakter baik dengan cara start/stop maupun dengan karakter SYN
  • Melakukan bit sinkronisasi untuk controller asinkron. Kadang kala controller sinkron juga dapat melakukannya dengan internal clock
  • Melakukan pengujian kesalahan (parity, longitudinal atau BCC)
  • Mengendalikan prosedur dengan melacak karakter transmission control.

Termasuk dalam klasifikasi DCCU antara lain I/O controller dan pengendali terminal. Terminal adalah lokasi dalam jaringan yang merupakan tempat informasi dapat masuk dan keluar. Dengan demikian sebuah komputer dapat digolongkan sebagai terminal, bila fungsinya memang demikian.
Beberapa macam terminal yang umum :

  • Key board – printer
  • Key board – video display

 

4. Manfaat Jaringan Komunikasi Data

Berikut merupakan beberapa manfaat dari jaringan komunikasi data, diantaranya adalah :

  1. Memungkinkan beberapa sistem komputer saling berbagi (sharing) sumber daya secara bersama. Sehingga bersifat ekonomis.
  2. Menambah manfaat komputer karena jaringan memperluas kegunaan dan daya guna sistem komputer yang saling dihubungkan dengan jaringan tersebut sehingga terminal dengan terminal dapat berkomunikasi, tukar menukar data, dan dapat menggantikan fungsi surat menyurat.
  3. Memungkinkan berbagai macam merk komputer saling berhubungan, dengan demikian pemakai tidak tergantung pada satu vendor/penjual.
  4. Memungkinkan pengembangan sistem komputer secara relatif lebih mudah dan menyebabkan sistem komputer menjadi lebih fleksibel.
  5. Pengolahan terdistribusi, sehingga dapat mencegah ketergantungan kepada pusat atau central processor atau tidak tergantung pada satu sistem komputer saja.
  6. Memungkinkan integrasi berbagai macam aplikasi yang dijalankan pada berbagai macam sistem komputer. Data yang dihasilkan oleh satu bagian dapat segera digunakan oleh departemen lain dan sebaliknya.

 


Oct 14 2016

Green Technology for Better Science and Engineering Applications in Future

Kriteria produk “Green Technology” antara lain :
• Meminimalkan degradasi lingkungan;
• Memiliki nol atau gas rumah kaca yang rendah (GHG) emisi;
• Aman untuk digunakan dan mempromosikan sehat dan membaik
• lingkungan untuk semua bentuk kehidupan;
• Menghemat penggunaan energi dan sumber daya alam; dan
• Mempromosikan penggunaan sumber daya terbarukan.
Dengan sektor Energi, Air, Penanganan limbah, Bangunan, Angkutan, Pabrik, ICT, Pertanian, Kehutanan
Tujuan Green Technology
• Keberlanjutan
• “Cradle untuk cradle” desain – sepenuhnya direklamasi atau digunakan kembali.
• Sumber reduction- mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi.
• Inovasi- mengembangkan alternatif teknologi
• Viabilitas – menciptakan pusat kegiatan ekonomi di seluruh teknologi dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan, mempercepat pelaksanaannya dan menciptakan karier baru yang benar-benar melindungi planet ini.
Penggunaaan teknologi komputer yg hijau adalah Lingkungan komputasi berkelanjutan termasuk merancang, manufaktur, menggunakan, dan membuang komputer, server, dan subsistem terkait (monitor, printer, perangkat penyimpanan, dan jaringan dan sistem komunikasi) secara efisien dan efektif dengan efek minimal atau tidak ada pada lingkungan.
Kita perlu Power System Automation karena
• Jaringan semakin besar dan kompleks
• Jenis pembangkit semakin bervariasi -> energi baru yg terbarukan
• Tegangan sistem transmisi semakin tinggi
• Implementasi elektronika daya semakik besar

  • Tuntutan:
    +Mutu
    + Keandalan
    + Ekonomi
    • Tuntutan kecepatan proses

Power System Automation adalah:
• Aksi pengendalian sistemtenaga secara otomatis baik lokal maupun remote melalui peralatan instrumentasi dan kontrol.
• Berkembang pesat karena tuntutan kualitas layanan dan didukung peralatan semakin murah namun kemampuan semakin tinggi.
Peran data science khususnya data mining Memeiliki 6 kemampuan antara lain :
1. Anomaly detection (Outlier/change/deviation detection)
2. Association rule learning (Dependency modelling)
3. Clustering
4. Classification
5. Regression / Prediction
6. Summarization
Otomasi Industri Sistem Tenaga Listrik antara lain:

    1. Sistem Pembangkitan (Generation)
      • Tujuan: menjaga sinkronisasi dan stabilitas kinerja (tegangan, frekuensi, harmonik dll) pembangkit listrik
      • Bila tidak dikendalikan, perubahan beban atau gangguan dapatmengganggu statibilitas tegangan dan frekuensi keluaran generator.
      • Sistem otomasimenjaga agar keluaran generator stabil meskipun ada dinamika di jaringan dan beban.
    2. Sistem Penyaluran (Transmission)
      • Biasanya menggunakan SCADA karena areanya yang luas
      • Otomasi pada gardu induk melalui:
      1. Penggunaan data dari IED (intelegent electronic device)
      2. Kontrol dan otomasi di lokal gardu induk
      3. Kontrol dan otomasi jarak jauh dari pusat sistemSCADA
      • Sudah banyak digunakan GITO (gardu induk tanpa operator) (full automatic)
    3. Sistem distribusi (Distribution)
      Istilah yang umum digunakan:
      Distribution Management System: terdapat ruang kontrol, menyediakan sebuah tampilan jaringan “seperti saat operasi” bagi operator.
      Distribution Automation System → subsistem dari DMS mencakup semua aspek realtime dari proses kontrol jaringan hilir.
    4. Beban/Konsumen

 

      Otomasi pada beban / konsumen antara lain :

 

      • Penghematan konsumsi energi

 

      • Demand management →load peak shift

 

      • Smart appliances,Building, Home

 


Oct 14 2016

Big Data Trends

  1. Big Data Culture

 

Manusia memproduksi beragam data yang jumlah dan ukurannya sangat besar

  • Astronomi
  • Bisnis
  • Kedokteran
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Cuaca
  • Financial

Dengan berjalannya waktu data yang diproduksi semakin besar dan akan terus membesar

 

Makna dan Nilai Data

  • Data adalah entitas yang tidak memiliki arti, meskipun kemungkinan memiliki nilai
  • Data is the new oil. Data is just like crude. It’s valuable, but if unrefined it cannot really be used (Clive Humby)
  • We are drowning in data, but starving for knowledge! (John Naisbett, Megatrends, 1988)

 

  1. Big Data Mining

 

  • Data harus kita olah menjadi pengetahuan supaya bisa bermanfaat bagi manusia
  • Dengan pengetahuan
    tersebut, manusia dapat:

    • Melakukan estimasi dan prediksi
      apa yang terjadi di depan
    • Melakukan analisis tentang
      asosiasi, korelasi dan
      pengelompokan antar data dan atribut
    • Membantu pengambilan keputusan dan
      pembuatan kebijakan

 

Evolution of science

  • Before 1600: Empirical science
  • 1600-1950s: Theoretical science
    • Each discipline has grown a theoretical component
    • Theoretical models motivate experiments and generalize understanding
  • 1950s-1990s: Computational science
    • Most disciplines have grown a third, computational branch (e.g. empirical, theoretical, and computational ecology, or physics, or linguistics.)
    • Computational science traditionally meant simulation. It grew out of our inability to find closed-form solutions for complex mathematical models
  • 1990-now: Data science
    • The flood of data from new scientific instruments and simulations
    • The ability to economically store and manage petabytes of data online
    • The Internet makes all these archives universally accessible
    • Data mining is a major new challenge!

Jim Gray and Alex Szalay, The World Wide Telescope:
An Archetype for Online Science, Comm. ACM, 45(11): 50-54, Nov. 2002

 

  1. Big Data Methods and Technologies
  • Estimasi : Estimasi (perkiraan) adalah sebuah proses pengulangan
  • Prediksi : hasil dari kegiatan memprediksi atau meramal atau memperkirakan.
  • Klasifikasi : penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan;
  • Klastering : Metode penganalisaan data, yang sering dimasukkan sebagai salah satu metode Data Mining, yang tujuannya adalah untuk mengelompokkan data dengan karakteristik yang sama ke suatu ‘wilayah’ yang sama dan data dengan karakteristik yang berbeda ke ‘wilayah’ yang lain.
  • Asosiasi : Asosiasi atau perkumpulan adalah suatu kehidupan bersama antar individu dalam suatu ikatan

 

  1. Big Data Use Cases

 

  • Private and Commercial Sector :
  • Pemasaran: rekomendasi produk, analisis keranjang pasar, penargetan produk, retensi pelanggan
  • Keuangan: dukungan investasi, manajemen portofolio, peramalan harga
  • Keamanan: deteksi penipuan, kontrol akses, deteksi intrusi, deteksi virus
  • Web dan Internet: mesin pencari cerdas, pemasaran web

 

Public and Government Sector :

  • Keuangan: tingkat peramalan tukar, analisis sentimen
  • Perpajakan: pemantauan adaptif, deteksi penipuan
  • Kedokteran dan Healt Care: hipotesis penemuan, prediksi penyakit dan klasifikasi, diagnosis medis
  • Pendidikan: Alokasi mahasiswa, peramalan sumber daya
  • Analisis kompensasi pekerja: Asuransi
  • Keamanan: bom, deteksi gunung es
  • Transportasi: simulasi dan analisis, estimasi beban
  • Hukum: analisis paten hukum, hukum dan aturan analisis
  • Politik: prediksi pemilu

 

 

 

  1. Big Data Research

Mengapa Melakukan Publikasi Ilmiah?

Statistik Jumlah Publikasi menurut (ScimagoJR.Com) Indonesia masih berada jauh dibawah Singapura bahkan Malaysia dari tahun ketahun.

 

Rangking Publikasi Ilmiah menurut (ScimagoJR.Com) Indonesia berada pada urutan ke 61 dunia. Dengan total papers 20.166 dokumen.

 

Mengapa Indonesia Sedikit Publikasi?

  • Budaya Indonesia adalah lisan dan bukan tulisan
  • Budaya akademik di Indonesia baru mulai untuk mengajar, dan bukan untuk meneliti
  • Rendahnya minat penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian
  • Kurangnya penghargaan dan insentif dari universitas
  • Kurang mengerti bagaimana cara menulis paper untuk jurnal dan prosedur pengirimannya
  • Tidak memahami metodologi penelitian dengan baik

 

Apa Yang Dikejar di Penelitian?

Research is a considered activity, which aims to make an original contribution to knowledge (Dawson, 2009)

  • Original Contribution: Kontribusi Orisinil
  • To Knowlegde: Untuk Pengetahuan

 


Oct 3 2016

Sistem Komputer

Sistem Komputer merupakan hal mutlak yang harus ada dalam sebuah perangkat komputer. Dalam sistem tersebut dikendalikan oleh beberapa perangkat yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja secara sinergis antara satu perangkat dengan perangkat yang lain sehingga menciptakan sebuah kinerja komputer yang baik dan optimal. Beberapa hal terkait pengertian sistem komputer sekaligus rincian komponen-komponen yang ada dalam sistem tersebut dapat Anda simak di ulasan berikut ini.

Sistem komputer adalah sistem yang bekerja secara fungsional dalam sebuah kinerja komputer. Beberapa perangkat terdapat dalam sebuah sistem komputer yang dibutuhkan untuk mendukung satu sama lain. Perangkat-perangkat dalam sistem komputer tersebut antara lain: set instruksi (instruction set), perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan pengguna (brainware) komputer. Masing-masing perangkat memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, dalam pengoperasianya perangkat-perangkat tadi bekerja secara bersamaan dengan saling mendukung. Oleh sebab itu, komputer diartikan bukan saja sebuah alat, melainkan sebuah sistem yang terdiri atas beberapa perangkat pendukung.

Logikanya, apabila perangkat keras (hardware) bekerja tanpa perangkat lunak (software) ataupun penggunanya sendiri (brainware) maka kinerja dari perangkat keras tadi tidak berarti apa-apa. Pun, komputer juga tidak akan berfungsi apabila tidak diaktifkan oleh manusia sebagai pemegang peran brainware, bukan? Nah, dari contoh-contoh tadi dapat diambil sebuah intisari yang tertulis: Dalam sebuah komputer memang terdapat sistem yang mengharuskan seluruh perangkat sebagaimana penulis sebutkan tadi di awal bekerja secara sinergis antara satu dengan yang lain.

Sampai di sini, apakah Anda sudah paham tentang apa yang dimaksud dengan sistem komputer? Jika sudah, yuk mari kita simak ulasan berikutnya yang penulis sajikan untuk Anda dengan bahasan komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah sistem komputer.

Komponen-komponen dalam sistem komputer terbagi dalam tiga (3) aspek, yaitu:

Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras atau dalam bahasa asing disebut hardware ini memiliki arti sebagai perangkat dalam sebuah komputer yang wujudnya terlihat dan berbentuk fisik. Beberapa contoh perangkat keras antara lain: prosesor, motherboard, power supply, harddisk dan masih banyak lagi. Dalam perangkat keras sendiri masih dibagi menjadi empat (4) golongan, yaitu perangkat pemroses, perangkat input, perangkat output, dan perangkat penyimpanan data.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak yang memiliki istilah asing software ini merupakan perangkat yang bekerja dalam konteks pemrograman. Dalam artian, perangkat lunak ini tidak berbentuk fisik seperti hardware. Perangkat lunak hanyalah sebuah program tak terlihat dalam sebuah komputer. Contoh komponen dari perangkat lunak adalah sistem operasi, aplikasi dan bahasa.

Pengguna (User)

Untuk istilah ini, penulis rasa Anda sudah paham. User, adalah Pengguna yang mengoperasikan komputer yang memiliki andil dalam sebuah sistem komputer. Mengapa demikian? Sebab, apabila komputer tidak dioperasikan sama sekali oleh manusia, sama saja tidak berfungsi bukan?


Oct 3 2016

Software

Software
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
1. Mengidentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
1. Sistem Operasi (Operating System),
2. Program Aplikasi (Application Programs),
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
4. Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain.

2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
• Winzip
• Antivirus


Sep 18 2016

Hardware

Hardware
Hardware / “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input divice
2. Output device
3.Process device
4. Backing Storage
1. Input Device
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
• Keyboard
• Mouse
• Touchpad / Trackball
• Light Pen
• Joy Stick dan Games Paddle
• Scanner
2. Output Device
An output device adalah segalat alat yang menerima data dari computer yang biasanya ditayangkan, projeksikan, atau dihasilkan
• Monitor
• Proyektor
• Speaker
• Headphone
• Printer
• Plotter
3. Proccesing Device
Proccesing device adalah segala benda pada computer yang mengolah data dan bertanggung jawab dalam mengatur data yang tersimpan & yang akan tersimpan
• Mikroprosesor (Processor)
• Power Supply
• RAM(RandomAccessMemory)
• VGA
4. Storage Device
Storage Device adalah segala benda yang dapat menyimpan data computer dalam bentuk file
• HDD
• SSD
• Floppy Disk
• FlashDisk
• CD-Rom
• SD-Card

 


Sep 18 2016

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi (TI) adalah
– istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi .
– hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga informasi lebih cepat, lebih luas, lebih lama penyimpanannya.
Perlunya Teknologi Informasi:
• Untuk Meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen
• Mempunyai Pengaruh besar ekonomi internasional (globalisasi)
• Perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat.
• Tekanan akibat dari persaingan bisnis
Tujuan Teknologi Informasi:
• Untuk memecahkan masalah
• Untuk membuka kreativitas
• Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan
Fungsi Teknologi Informasi:
• Menangkap (Capture)
• Mengolah (Processing)
• Menghasilkan (Generating)
• Menyimpan (Storage)
• Mencari kembali (Retrival)
• Men-Transmisi (Transmission)
Keuntungan Teknologi Informasi:
• Speed (Kecepatan)
• Consistency (Konsistensi)
• Precision (Ketepatan)
• Reliability (Kehandalan)
Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
• Bidang Akuntansi
• Bidang Finance
• Bidang Marketing
• Bidang Produksi / Manajemen Produksi
• Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia