Materi Antropologi SMA/MA Kelas XII Mengenai “Globalisasi”

Hallo teman-teman semua, kali ini saya akan membagikan materi mengenai Globalisasi, berikut sedikit materi yang dapat saya sampaikan..

Di zaman sekarang ini, globalisasi bukanlah istilah yang asing lagi bagi kita, hal tersebut dibuktikan dengan adanya makanan, pakaian dan gaya hidup kita sudah terpengaruh oleh peradaban global. Ada beberapa pengertian dari globalisasi menurut para ahli diantaranya yakni:

  1. Menurut Selo Soemardjan, berpendapat bahwa Globalisasi adalah terbentuknya organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.
  2. Menurut Emanuel Richter, berpendapat bahwa globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan yang menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  3. Menurut Princenton N Lyman, berpendapat bahwa globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

Dampak positif globalisasi dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah :

1.Perubahan Tata Nilai dan Sikap

Adanya globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap     masyarakat yang semua irasional menjadi rasional

2.Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

3.Tingkat Kehidupan yang lebih Baik

Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak negatif pengaruh globalisasi dalam kehidupan Bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1.Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.

2.Sikap Individualistik

Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkanorang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.

3.Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

4.Kesenjangan Sosial

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus globalisasimaka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Dengan adanya globalisasi perlu adanya pengawasan dan pemahaman orangtua kepada anak-anaknya. Etika seharusnya diajarkan sejak dini oleh orang tuanya. Anak biasanya menirukan kegiatan orang tuanya, maka dari itu orang tua seharusnya melakukan kegiatan yang mampu memberikan arti etika baik.

Oleh karena itu, agar kita tidak terjerumus ke dalam pengaruh negatif globalisasi kita harus mengikuti langkah – langkah seperti berikut:

  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya.
  3. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya.
  4. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa
  5. Perlunya perhatian para orang tua dalam memantau pergaulan dan cara hidup anaknya.

Untuk lebih memperdalam materi, saya akan membagikan contoh kasus mengenai materi globalisasi kalian dapat melihatnya dengan cara klik link di bawah ini:

https://news.detik.com/berita/d-3382764/kapolri-globalisasi-membawa-dampak-jumlah-kejahatan

Selanjutnya saya akan memberikan soal mengenai materi globalisasi, berikut soal yang akan kalian jawab:

1.Apa yang dimaksud dengan globalisasi

2.Jelaskan mengapa dengan adanya perubahan politik dunia dapat mempercepat globalisasi?

3.Bagaimana cara menyikapi budaya asing yang masuk ke Indonesia?

4.Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menangkal nilai-nilai yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia?

Daftar pustaka:

  1. Nurhaidah dan M. Insya Musa. 2015. Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. dalam Jurnal Pesona Dasar, Vol. 3 No. 3
  2. 2009. Antropologi Kelas XII. Jakarta: PT Cempaka Putih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: