Kebudayaan Sebagai Sistem Kognitif Dan Kebudayaan Sebagai Sistem Simbolik

Hallo teman-teman semua, kali ini saya akan membagikan materi mengenai Kebudayaan Sebagai Sistem Kognitif Dan Kebudayaan Sebagai Sistem Simbolik, materi ini merupakan tugas kuliah dari mata kuliah Teori-Teori Budaya, pada semester 4. Berikut materinya:

Budaya dipandang sebagai sistem pengetahuan, menurut Ward Goodenough:
Kebudayaan suatu masyarakat terdiri atas segala sesuatu yang harus diketahui atau dipercayai seseorang agar dia dapat berperilaku dalam cara yang dapat diterima oleh anggota-anggota masyarakat tersebut. Budaya bukanlah suatu fenomena material: dia tidak terdiri atas benda-benda, manusia, tingkah laku atau emosi-emosi. Budaya lebih merupakan organisasi dari hal-hal tersebut. Budaya adalah bentuk hal-hal yang ada dalam pikiran (mind) manusia, model-model yang dipunyai manusia untuk menerima, menghubungkan, dan kemudian menafsirkan fenomena material di atas. Kebudayaan terdiri atas pedoman-pedoman untuk menentukan apa, untuk menentukkan apa yang dapat menjadi, untuk menentukkan apa yang dirasakan seseorang tentang hal itu, untuk menentukkan bagaimana berbuat terhadap hal itu, dan untuk menentukkan bagaimana caranya menghadapi hal itu. (Keesing www.fisip.ui.ac.id).
Dalam sistem kognitif (ide/ gagasan/ pengetahuan/ pemikiran) yang mempedomani manusia dalam berperilaku (bertindak) dan menghasilkan karya tertentu.

Artinya perilaku (tindakan) dan material yang terlihat dan muncul dalam berbagai fenomena disekitar kita dalam kehidupan sehari-hari bukanlah budaya tetapi hasil budaya. Budaya bagi kaum kognitif lebih ditekankan pada sistem ide atau gagasan, karena itulah yang mengendalikan perilaku manusia didalam sistem sosialnya. Pandangan demikian dipengaruhi oleh aliran pemikiran fenomenologis yang memandang fenomena bukanlah kesatuan yang sesungguhnya, tetapi sesuatu yang sudah ada dalam persepsi dan kesadaran individu tentang sesuatu. Perilaku dan material sebenarnya dikendalikan oleh sistem kognitif (ide/ gagasan/ pengetahuan/ pemikiran). Kognitif akan membaca lingkungan yang dihadapi yang akhirnya akan menuntun manusia untuk berperilaku sesuai dengan apa yang dibaca oleh kognitif. Namun, fenomena yang ada di sekitar kita tidak selalu yang sebenarnya. Tetapi telah dibentuk dipersepsikan oleh kesadaran individu tentang sesuatu. Tidak selalu kognitif itu jujur, banyak kasus kognitif pun terkadang sering menipu. Misalnya: Kognitif bilang akan marah, tetapi batal ketika teman mengelus pundaknya. Kognitif bilang akan mengumpulkan PR, tetapi batal setelah PR tersebut dibahas dalam kelas. Dalam hal tersebut berarti prilaku dikendalikan oleh proses timbal balik antara kognitif dan lingkungan disekitarnya.
Kebudayaan sebagai pengetahuan, dilihat sebagai bahasa lalu muncul sebagai etnosains. Indonesia mempunyai banyak suku bangsa dengan beragam bahasa sehingga melahirkan kebudayaan yang berbeda-beda. bahasa lebih dulu lahir daripada kebudayaan, melalui bahasa manusia mengetahui budaya dari masyarakat lain. Bahasa hakekatnya adalah sistem perlambangan yang disusun secara semaunya sendiri. Material yang digunakan untuk membangun bahasa pada dasarnya adalah material yang sama dengan pembentuk kebudayaan yakni adanya relasi logis, oposisi, dan korelasi. Kajian kebudayaan menggunakan model kajian dalam linguistik yang disebut dengan struktural linguistik.
Adanya etnosains berawal dari pemikiran bahwa kebudayaan sebagai sistem kognitif (pemikiran/ pengetahuan/ gagasan). Dalam mengkaji kebudayaan perlu untuk melihat fenomena kebudayaan dari sudut pandang para pemilik kebudayaan yang diteliti, untuk mencapainya maka digunakan metode yang diterapkan dalam ilmu bahasa atau linguistik yaitu tentang fonologi. Fonologi mempelajari bagaimana bahasa itu dituliskan melalui dua cara yaitu fonetik dan fonemik. Fonetik yakni cara penulisan bunyi bahasa dengan memakai simbol-simbol peneliti sedangkan fonemik yakni cara penulisan bunyi bahasa menurut cara yang digunakan oleh penutur. Etnosains berarti pengetahuan yang dimiliki oleh suatu bangsa atau lebih tepat lagi suatu suku bangasa atau kelompok sosial tertentu. Penekanannya adalah pada sistem atau perangkat pengetahuan yang merupakan pengetahuan yang khas. Berusaha menemukan bagaimana masyarakat mengorganisasikan budaya mereka dalam pikiran kemudian menggunakan budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Budaya ada dalam pikiran manusia dan bentuknya adalah organisasi pikiran tentang fenomena material. Tugas etnografer adalah menggambarkan organisasi pikiran tersebut. Setiap masyarakat, suku bangsa atau kelompok sosial tertentu pada dasarnya membuat klasifikasi peneliti berusaha mengungkap struktur-struktur yang digunakan untuk mengklasifikasi lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Tujuan etnosains adalah melukiskan lingkungan sebagaimana dilihat oleh masyarakat yang diteliti. Asumsi dasarnya adalah bahwa lingkungan bersifat kultural, sebab lingkungan yang sama pada umumnya dapat dilihat dan dipahami secara berlainan oleh masyarakat yang berbeda latar belakang kebudayaannya. (www.kompasiana.com/wahyu_ setyaningsih/artikel:etnosains dan etnometodelogi).

Implikasi metode:
1. Penguasaan bahasa setempat
Dalam bahasa tersimpan nama-nama berbagai benda yang ada dalam lingkungan mereka. Melalui bahasa manusia menciptakan keteraturan dalam persepsinya atas lingkungan. Dari nama-nama ini kita dapat mengetahui patokan apa yang dipakai oleh suatu masyarakat untuk membuat klasifikasi, yang berarti juga kita dapat mengetahui pandangan hidup pendukung kebudayaan tersebut.
2. Mengajukan pertanyaan dengan menggunakan konsep-konsep yang dimiliki oleh warga masyarakat yang diteliti.
Implikasi fokus permasalahan:
1. Kebudayaan sebagai bentuk dari segala sesuatu yang dimiliki orang dalam pikiran.
Bentuk kajiannya adalah mengungkap gejala-gejala materi yang dianggap penting oleh warga masyarakat dan bagaimana masyarakat mengorganisir berbagai gejala tersebut dalam sistem pengetahuan mereka. Tujuannya mengungkap prinsip-prinsip untuk memahami lingkungan dan menjadi landasan tingkah laku mereka.
2. Memfokuskan pada kajian tentang rules atau aturan-aturan bahwa kebudayaan sebagai hal-hal yang harus diketahui seseorang agar dapat mewujudkan tingkah laku (bertindak) menurut cara yang dapat diterima oleh warga masyarakat di tempat keberadaannya. Mengkaji kategorisasi-kategorisasi sosial, artinya kategorisasi-kategorisasi yang dipakai dalam interaksi sosial.
3. Fokus pada kebudayaan sebagai alat atau sarana yang dipakai untuk perceiving-dealing with circumstances, yang berarti alat untuk menafsirkan berbagai macam gejala yang ditemui. Menyangkut tempat atau ruang, waktu, pelaku. Peneliti dengan fokus pertama akan memperhatikan percakapan tersebut dengan menanyakan lebih mendalam pada kategorisasi material. Sedangkan peneliti dalam fokus ketiga akan memperhatikan percakapan tersebut dengan mencari klasifikasi lebih mendalam, tidak hanya yang menyangkut obyek-obyek atau benda saja, namun juga kategorisasi mengenai cara-cara, tempat-tempat, kegiatan-kegiatan, pelaku-pelaku, tujuan-tujuan dan sebagainya. Relevansinya terhadap kajian sosial di Indonesia yakni memahami dari perspektif emik, baik itu miskin, bodoh, dan lain sebagainya.

Budaya dipandang sebagai sistem simbolik, menurut Schneider:
Budaya adalah satu sistem simbol dan makna. Budaya merangkum kategori-kategori atau unit-unit dan aturan-aturan tentang hubungan sosial dan perilaku. Menurut Schneider bahwa analisis tentang budaya sebagai sistem simbol dapat menguntungkan kalau dilakukan secara bebas diluar “bentuk-bentuk peristiwa yang aktual” yang dapat diamati oleh seseorang sebagai kejadian dan tingkah laku. (Keesing www.fisip.ui.ac.id).
Kebudayaan berasal dari simbol-simbol berupa pemaknaan bersama terhadap simbol-simbol (seperti teks). Hal demikian berarti budaya tidak berada dalam diri manusia, tetapi ada diantara manusia-manusia yang sedang melakukan interaksi dan hubungan dalam suatu kelompok sosial. Kebudayaan tidak berada dalam diri manusia, tetapi hanya ada diantara manusia-manusia anggota kelompok sosialnya. Budaya dalam hal ini, manusia selalu berusaha menciptakan dan menafsirkan simbol-simbol dalam pola interaksinya, budaya seperti sebuah teks yang memandu dan mempedomani kita dalam bertindak. Pemahaman budaya demikian, berasal dari pemikiran kaum simbolik yang memandang berbagai fenomena sosial haruslah dibaca dan dipahami (understanding) bukan hanya sekedar menjelaskan (explaining). Simbol-simbol yang tampil di hadapan seseorang yang kemudian ditafsir/ diinterpretasi/ dimaknai secara bersama sesuai dengan kognitif yang diwariskan oleh kelompok sosialnya, berarti bahwa simbol bisa dikatakan sebagai budaya apabila manusia-manusia yang melakukan interaksi memiliki pemaknaan yang sama terhadap simbol yang ditampilkan. Banyak simbol yang ada tidak selalu dimaknai secara sama, tetapi dipaksakan oleh pemilik simbol agar dimaknai sesuai dengan keinginannya, misalnya kantong kresek hitam tidak sama dengan kantong merek matahari, sehingga masyarakat lebih memilih pergi ke mall untuk berbelanja supaya mendapatkan kantong kresek yang bermerk untuk eksistensi dirinya agar dipandang keren oleh masyarakat lainnya sesuai dengan keinginan dirinya. Dengan demikian, berarti simbol-simbol yang ditampilkan hanyalah sebuah wacana yang dibuat pemilik kekuasaan lalu dicap sebagai sebuah kebenaran. Wacana masuk dalam pikiran kita dengan tidak disadari melalui pencitraan simbol-simbol yang secara terus menerus ditampilkan dalam kehidupan kita. Pencitraan ini membuat berbagai fenomena dianggap benar yang lebih sebagai pembenaran daripada sebagai kebenaran.
Kebudayaan sebagai sistem simbol yang bermakna, makna tidak terletak. di dalam kepala orang. Simbollah yang memungkinkan manusia menangkap hubungan dinamik antara dunia nilai dengan dunia pengetahuan. Kebudayaan pada intinya terdiri dari tiga hal utama yaitu sistem pengetahuan atau sistem kognitif, sistem nilai atau sistem evaluatif, dan sistem simbol yang memungkinkan pemaknaan atau interpretasi. Dengan demikian, melalui sistem makna sebagai perantara, sebuah simbol dapat menerjemahkan pengetahuan menjadi nilai, dan menerjemahkan nilai menjadi pengetahuan. Simbol dan makna dimiliki bersama oleh anggota masyarakat, terletak dalam relasi di antara mereka bukan di dalam diri mereka. Simbol dan makna bersifat umum (public), bukan pribadi (private). Mempelajari budaya berarti mempelajari aturan-aturan. Ketika mengamati penelitian harus melihat konteks supaya tidak salah dalam menafsirkan, salah satunya dengan cara mendeskripsikan dengan cara rinci, lengkap supaya menemukan konteks. Kajian hermeneutic pada dasarnya sampai makna, inti dari hermeneutic yakni setiap perilaku manusia perilaku simbolik ketika berhadapan dengan relasi sosial. Hermeneutic lebih bersifat tafsir (partikular), di dalam penafsiran tidak ada benar dan salah namun tidak dengan sembarangan dalam menafsir. Orang tidak sembarangan dalam menafsir harus ada data yang benar. Sebagai mekanisme kontrol untuk mengatur perilaku manusia, maka jadilah blueprint (cetak biru) atau panduan yang berada di luar dirinya (manusia). Misalnya: dalam berpakaian rapih karena ada suatu kebudayaan yang telah melekat pada masyarakat.
Kebudayaan tidak dilihat sebagai kompleks-kompleks, pola-pola dan tingkah laku yang konkret, misalnya adat istiadat, kebiasaan, tradisi, kumpulan kebiasaan seperti pada umumnya yang dilakukan sampai hari ini, melainkan seperangkat mekanisme kontrol, rencana, resep, aturan, instruksi, untuk mengatur tingkah laku manusia. Manusia adalah hewan yang bergantung mati-matian, pada mekanisme control di luar kulit yang bersifat ekstragenetis, prohram kultural untuk mengatur tingkah lakunya. (https://gdeandip.wordpress.com/ antropologi simbolik).
Semiotik yaitu ilmu tentang tanda (sign) sesuatu yang digunakan untuk proses berkomunikasi, kategori tanda menurut Peers diantaranya:
1. Indeks (Index)
yakni, ada hubungan gejala atau peristiwa. Misalnya: Kuliah sore lalu cuaca mendung, yang kita lakukan bergegas ingin pulang ke kos masing-masing.

2. Icon
Karena ada hubungan kemiripan. Misalnya: mengucapkan meong karena meong merupakan suara kucing (ada kemiripan suara), rambu lalu lintas, tanda-tanda seperti dilarang masuk, dilarang parkir. Tanda-tanda tersebut merupakan simbol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: