Belajar Membuat Bom Asap

smokebombpict

Bom asap sederhana yang bisa menghasilkan asap abu-abu pekat dengan pijaran api berwarna ungu bisa dibuat dengan hanya menggunakan dua bahan: gula pasir putih dan kalium nitrat. Mencampurkan dua bahan sederhana ini akan menghasilkan bom yang terbakar pelan dan tahan lama.

Langkah-langkah

  1. Langkah pertama dalam membuat bom asap Anda adalah untuk mengumpulkan semua perlengkapan Anda.
    a. Tuangkan rasio sekitar 5:3 nitrat kalium dan gula ke dalam panci Anda.
    b. Anda tidak harus persis dengan pengukuran, tapi pastikan bahwa Anda memiliki kalium nitrat lebih. Hal ini membantu membuat bom asap Anda terbakar dengan cepat ketika produk akhir dilakukan.
  2. Selanjutnya, kita terapkan beberapa panas suhu rendah ke dalam panci dan aduk campuran dengan spatula. Terus mengaduk Kalium Nitrat Anda dan campuran gula sampai Anda mendapatkan tekstur warna cokelat atau karamel. Terus aduk sampai campuran menjadi cair.
  3. Setelah Anda mendapatkan cairan coklat untuk bom asap Anda, tuangkan isinya ke dalam aluminium foil. Tidak peduli seberapa besar itu, tapi harus cukup. Biarkan campuran Anda dan diamkan selama beberapa menit dan bungkus menjadi sebuah bola yang rapih dan rapat. 

Sekarang, Anda telah membuat buatan sendiri bom asap! Sebelum menyalakannya, pastikan untuk pergi ke luar ke lokasi yang terbuka. Bom asap akan terbakar, tergantung pada Anda kalium nitrat terhadap gula. Warna bom asap Anda harus menjadi noda ungu.

Terkadang kita sangat sulit untuk mendapatkan bahan kalium nitrat di pasaran, tetapi kita dapat membuatnya dari bahan-bahan kimia yang dapat dibeli di toko kimia. Inilah bahan yang Anda perlukan :
1. 40 g amonium nitrat
2. 37 g kalium klorida
3. 100 ml air

Cara membuatnya :
Larutan air amonium nitrat dan kalium klorida direaksikan untuk pertukaran ion dan membentuk kalium nitrat dan amonium klorida. Amonium klorida jauh lebih mudah larut dalam air daripada kalium nitrat, sehingga Anda akan mendapatkan kristal kalium nitrat, yang dapat dipisahkan dari larutan amonium klorida.

NH4NO3 + KCl → KNO3 + NH4Cl

1. Larutkan 40 g amonium nitrat ke dalam 100 ml air.
2. Saring larutan melalui alat penyaring untuk menghapus materi yang tidak larut.
3. Panaskan larutan dengan 37 g kalium klorida untuk melarutkan garam.
4. Saring larutan dan masukkan dalam freezer untuk mendinginkan kalium nitrat.
5. Tuangkan amonium klorida, sisakan kristal kalium nitrat.
6. Setelah kristal kalium nitrat kering, Anda dapat menggunakannya untuk membuat bom asap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: