• Sunday, November 19th, 2017

Sarana Menuju Ke Surga (1)

Oleh Agung Kuswantoro

 

Hadist yang ke-29 dari Kitab Arbain Nawawi ini, menurut saya panjang sehingga, saya membaginya ke dalam beberapa bagian. Ini bagian yang pertama.

 

Ada sahabat Mu’adz datang datang ke Nabi Muhammad SAW. Ia bertanya “Perbuatan apa yang dapat memasukkan saya (Mua’adz) masuk ke surga dan menjauhi api neraka”? Nabi Muhammad SAW menjawab pertanyaan itu dengan kalimat, luar biasa dan mudah menjawabnya bagi orang yang diberi petunjuk  oleh-Nya”.

 

Apa itu jawaban Nabi Muhammad SAW? Ini, jawabannya. Pertama, beribadah secara total kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya. Menyekutukan ini menjadi point tersendiri, terlebih saat sekarang, orang banyak “terlena” terhadap Allah. Kedua, menegakkan sholat. Sholat ini adalah amalan harian. Harus dijaga. Benar kata Rasul, bahwa sebenarnya perbuatan ini mudah, namun belum tentu orang melakukannya dengan totalitas.

 

Ketiga, menunaikan zakat. Penting bagi kita bahwa zakat itu bisa melebur dosa. Keempat, berpusa di bulan Ramadhan. Ini adalah amalan tahunan. Fenomena ini, menjadi tantangan bagi anaka muda, kerana ternyata melakukan puasa di bulan Ramadhan, bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa orang yang tidak puasa. Terakhir, kelima adalah naik haji. Amalan ini adalah amalan seumur hidup. Mengapa demikian? Jika orang bersangkutan “mampu”. “Mampu” disini dimaknai, mampu secara fisik dan materi (keuangan).

 

Lima resep amalan menuju surga ini. Belum selesai kita bahas. Besok kita lanjut lagi. Bersambung

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply