• Saturday, March 24th, 2018

Pemimpin Zaman Now Harus Memberi Teladan

Oleh Agung Kuswantoro

 

Saat ini, banyak orang menjadi pemimpin. Buktinya apa? Saat Pilkada, orang berbondong-bondong mengajukan menjadi Cagub, Cawagup, Calon Bupati, Calon Wakil Bupati, Calon Walikota, dan Calon Wakil Walikota. Kelihatannya, mudah sekali dan peminatnya tinggi untuk menjadi pemimpin.

 

Lalu, sebenarnya, apa yang harus dipersiapkan pemimpin pada saat ini? Menurut saya, yang sering orang (termasuk pemimpin) itu teladan. Pemimpin yang memberikan teladan itu masih minim. Terlebih, di zaman Now, banyak orang yang ingin mau menjadi pemimpin. Tetapi, cek pribadinya. Apakah sudah termasuk pribadi yang patut diteladani?

 

Rentan saat ini, media sosial menjadi “senjata” seseorang untuk menjatuhkan antar pemimpin satu dengan yang lain.  Jika ia melakukan itu, maka ia tidak patut menjadi teladan. Teladan menjadi sesuatu yang penting bagi calon pemimpin dan pemimpin saat ini. Karena, kita “miskin” teladan dari pemimpin.

 

Saya selalu bersandar kepada Nabi Muhammad SAW sebagai teladan terbaik/uswatun khazanah untuk level manusia. Terlebih pemimpin/calon pemimpin. Ia harus mencontoh kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. menurut saya, meneladani atas perilaku Nabi Muhammad SAW sebagai umat Islam itu wajib.

 

Itulah, teladan yang harus dimiliki oleh pemimpin/calon pemimpin Zaman Now. Sebagai umat Islam wajib meneladani Nabi Muhammad SAW. Mari kita jaga perilaku kita, karena kita adalah pemimpin.

 

Semarang, 22 Maret 2018

 

 

Agung Kuswantoro, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan penulis buku, HP 08179599354

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco