• Tuesday, May 15th, 2018

Peresensi            : Agung Kuswantoro

Judul                   : Kumpulan 101 Kultum tentang Islam: Akidah, Akhlak, Fiqih, Tasawuf, dan Kehidupan Setelah Kematian

ISBN                    : 978 – 602 – 7720 – 44 – 2

Hal                       : xii + 636 halaman

Penulis                : M. Quraish Shihab

 

Kultum : Singkat dan Padat

Oleh Agung Kuswantoro

 

Buku ini adalah kumpulan kultum yang dilakukan oleh M. Quraish Shihab di media televisi (TV). Orang awam pasti mengenalnya, hampir setiap tahun ia muncul di TV untuk menyampaikan kultum saat akan buka puasa. Namun, belum tentu kita memahami maksudnya.

 

Buku ini sangat membantu bagi orang yang ingin mengetahui tentang Islam, terutama dari segi akidah, akhlak, fiqih, tassawuf, dan kehidupan setelah kematian.

 

Penulis, seorang guru besar dan pakar tafsir Alqur’an memiliki gaya penyampaian yang khas. Santun, materi mengena, dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Mungkin, kita belum bisa “menangkap” pesannya, karena faktor bahasa.

 

Ada orang mengatakan kajian yang dibawakan olehnya tidak berlaku untuk orang awam. Menurut saya, ada benarnya. Tetapi, kurang tepat pula. Cobalah baca buku ini. Materinya ringan. Tiap judul hanya 3-4 halaman saja, lalu disertai dengan dalil di Alqur’an dan Hadist. Kemudian, ada pembahasan dan contohnya. Dan, ada sebuah halaman penguat berupa motivasi dari tiap judul tersebut.

 

Kelebihan buku ini adalah tuntas dalam menjelaskan suatu masalah yang ada di setiap judul. Sama sekali tidak menyinggung orang dalam pembahasannya. Bahasanya sederhana dan santun. Isi buku ini, lebih banyak membahas bab puasa. Menurut saya wajar, karena kultum tersebut disampaikan di bulan Ramadhan. Mari, kita harus tepat mencari sosok guru yang menjadi panutan hidup kita. Jika kita salah guru, maka salah pula pikiran dan tindakan kita. Sosok M. Quraish Shihab, menurut saya tepat menjadi guru kehidupan kita. Semoga, beliau sehat selalu agar kita bisa terus belajar darinya melalui buku dan kultum, kajian tafsir, dan makalah-makalahnya.

 

Semarang, 12 Mei 2018

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco