• Monday, November 05th, 2018

Latihan Baca Albarzanji

Oleh: Agung Kuswantoro

 

Iman kepada Rosul adalah kewajiban bagi Mukallaf (baligh dan berakal). Namun, bagaimana cara mengimani kepada Rosul? Cara, kami (saya dan santri) mengimaninya dengan belajar membaca Albarzanji.

 

Latihan membaca Albarzanji ini dimulai sejak dini (anak-anak). Mengajak mereka (santri), karena mereka harus mengetahui “biografi” Nabi Muhammad SAW sejak mereka kecil. Sehingga, kehidupan Nabi Muhammad SAW menjadi teladannya.

 

Yang datang untuk belajar latihan baca Albarzanji untuk pertemuan awal yaitu Mas Raihan dan Wawan. Saya menyampaikan materi Yarobbi solli ‘ala muhammad, ya robbi solli alaihi wasallim. Mas Raihan yang membaca sholawat itu hingga selesai (Yarobbi Nakhtimbi bil musyafa’, yarobbi sholli alaihi wasallim). Sedangkan mas Wawan membaca Yarobbi solli ‘ala muhammad, ya robbi solli ‘alaihi wa sallim. Jadi, selama sholawat ini saling bergantian. Saya sendiri, menuntun dan mendampingi mereka saat membaca.

 

Pastinya, latihan membaca Albarzanji ini diperuntukkan bagi orang yang sudah bisa membaca Alqur’an, jika masih jilid/qiroaty awal, maka belum saya perkenankan membaca Albarzanji.

 

Harapan, dari belajar membaca Albarzanji ini adalah agar mereka mengetahui Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi terakhir dan “pemimpin” para Rosul. Selain itu, mereka dapat belajar sejarah dari Nabi Muhammad SAW lahir hingga wafat. Dengan cara ini, mereka dapat lebih mencintai Nabinya. Waallahu’alam.

 

Semarang, 4 November 2018

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply