• Monday, May 25th, 2020

Apa Perbedaaan Kontrol Mutu, Jaminan Mutu, dan Mutu Terpadu?
Oleh Agung Kuswantoro

Anda pernah mendengar istilah quality control, quality assurance, dan total quality? Saya yakin pernah mendengarnya. Lalu, apakah Anda tahu arti dari istilah tersebut? Tahu artinya? Quality control itu kontrol mutu, quality assurance itu jaminan mutu. Dan total quality itu mutu terpadu.

Apa makna dari ketiga istilah tersebut? Kontrol mutu itu maksudnya deteksi dan eleminasi/penggantian komponen atau produk yang tidak sesuai dengan standar. Ini adalah proses produksi yang mencari/melacak dan menolak item-item/bagian-bagian yang cacat. Pelakunya, biasanya disebut dengan pemeriksa. Pekerjaannya disebut pemeriksaan. Ada pula yang menyebutnya inspeksi. Tujuan inspeksi/pemeriksaan itu memeriksa standar. Standar telah dipenuhi atau belum.

Jaminan mutu lebih menekankan pada pencegahan produksi. Tujuan jaminan mutu adalah menjamin bahwa proses produksi menghasilkan produk yang memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Meminjam istilah Crosby, yaitu zero defects/produk, tanpa cacat itu tujuan dari jaminan mutu.

Sedangkan TQM/Total Quality Management itu pengembangan dari jaminan mutu. TQM bisa dikatakan usaha untuk menciptakan sebuah kultur mutu yang mendorong semua stafnya untuk memuaskan para pelanggan.

TQM ada kaitannya dengan kepuasan pelanggan. Pernahkah mendengar istilah pelanggan adalah raja? Nah, istilah tersebut adalah “produk” dari konsep mutu terpadu.

Dari penjelasan di atas, perhatikanlah benda yang ada di sekitar Anda, misal, bolpoin. Benda yang disebut bolpoin itu, apakah ada unsur kontrol mutu, jaminan mutu, dan mutu terpadu?

Jawablah pertanyaan tersebut, sebagai bukti Anda paham dimana sebuah bolpoin itu ada kontrol mutu, jaminan mutu, dan mutu terpadu. Karena, jika bolpoin itu tidak mengandung ketiga unsur tersebut, maka bolpoin tersebut, pastinya tidak ada hingga saat ini. Artinya, bolpoin itu mengandung suatu mutu. Lalu, dimana letak kontrol mutu, jaminan mutu, dan mutu terpadunya? []

Semarang, 22 Mei 2020
Ditulis di Rumah, jam 00.00 – 00.30 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply