• Wednesday, November 11th, 2020

Bermodal “Manusia”
Oleh Agung Kuswantoro

Ada yang menarik materi yang disampaikan mengenai MSDM dibidang kependidikan. Paradigma yang ditawarkan oleh Dr. Kardoyo, M.Pd adalah Human Capital (HC). Biasanya modal itu berupa tanah, uang, skill, dan manusia. Penekanan dalam kajian ini adalah manusia.

Manusia adalah modal utama. Modal yang sangat penting dalam suatu organisasi. Dalam suatu organisasi ada keunggulan “kompetitif” yang diunggulkan. Lembaga/organisasi pasti mengelolanya. Dalam lembaga, ada sumberdaya yang berwujud ada tidak berwujud. SDM adalah salah satu bentuk sumber daya organisasi yang berwujud.

Penyebaran sumberdaya HC dalam lembaga ada tiga yaitu keunggulan kompetitif, biaya, dan layanan. Ketiga sumberdaya ini harus diperhatikan oleh tiap organisasi/lembaga. Jangan sampai hanya mengunggulkan pada satu komponen saja.

Peranan manajemen dan kepemimpinan itu sangat penting dalam HC. Anda pernah mendengar istilah TRD dalam merk Toyota? Jika pernah, tahukah singkatan dari TRD yang melekat pada produk Toyota itu? Ya, betul TRD singkatan dari Toyota Research and Development. Artinya, Toyota memiliki pengembangan dalam produknya. Berarti, ada tim/orang yang bertugas untuk menginovasi suatu produk.

TRD inilah salah satu bentuk contoh HC. Manusia sebagai modal dalam mengembangkan organisasinya. Jadi, modal tidak harus uang banyak dan tanah luas lagi. Tetapi, modal berupa manusia yang pandai dan terampil itu sangat penting – terlebih – pada masa revolusi industri 4.0, dimana peran IT sangat dominan. IT hanya manusia yang bisa “mengotak-atik”. Bukan, IT “mengotak-atik” manusia. []

Semarang, 9 November 2020
Ditulis Di Rumah jam 21.20 – 21.40 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply