• Sunday, May 29th, 2022

Kesalahan Peserta UTBK
Oleh Agung Kuswantoro

Beberapa hari ini saya menemani panitia UTBK di gedung Kearsipan UNNES. Saya menemukan kesalahan yang dilakukan oleh peserta diantaranya: salah hari, salah sesi, salah tanggal ujian, memakai kaos, tidak mencetak kartu peserta/surat keterangan lulus, dan memakai sandal.

Kesalahan kecil berdampak kepanikan dan ketidaktenangan batin peserta. Mengapa? Karena, mereka akan mengurus atas kekurangan dari apa yang sudah disyaratkan. Biasanya ada yang menangis saat mengetahui kesalahannya. Misal: kesalahan tanggal yang sudah lewat, ia baru menyadari saat masuk ke ruangan. Saat keluar ruangan, ia menangis.

Kadang melihat peserta menangis dan mencari kekurangan persyaratan yang dialami peserta, saya melihatnya kasihan. Namun, perbuatan untuk melengkapi kekurangan berkas adalah proses menuju kebaikan. Tak apalah, menurut saya, karena kesuksesan harus diraih dengan sebuah usaha. Sukses untuk Anda ya? Semoga tidak terjadi di lain kehidupan berikutnya dalam kekurangan berkas. Amin. []

Semarang, 28 Mei 2022
Ditulis di Rumah jam 08.15 – 08.30 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply