• Monday, June 27th, 2022

Kajian Arbain (11) Proses Penciptaan Manusia

Oleh Agung Kuswantoro

 

Setelah belajar niat, rukun iman dan rukun islam, kemudian Imam Nawawi mengajarkan kita agar belajar proses penciptaan manusia. Mengapa belajar proses penciptaan manusia? Karena sebagai wujud “kritis” atas Allah sebagai Sang kholiq/pencipta.

 

Kata yang digunakan dalam judul di atas adalah proses. Penekanan dalam hadist ke-4 dalam kitab Arbain Nawawi juga, proses. Proses penciptaan manusia melalui (1) dikumpulkan penciptaan manusia berupa nutfah (air mani/sperma) di perut ibu selama 40 hari, (2) setetes darah (‘alaqah) selama 40 hari, (3) segumpal daging (mutghoh) selama 40 hari. Total hari penciptaan manusia berarti 40 hari dikalikan tiga tahap (nutfah, ‘alaqah, dan mutghah) adalah 120 hari atau 4 bulan).

 

Setelah itu Allah mengutus Malaikat untuk meniupkan ruh untuk menetapkan empat perkara (1) rejeki), (2) mati/ajal, (3) amal, dan (4) sengsara dan bahagia dari manusia tersebut. []

 

 

Bersambung.

 

Catatan: kajian singkat ini disampaikan di Masjid Ulul Albab/MUA usai solat subuh berjamaah.

 

Semarang, 23 Jni 2022

Ditulis di Rumah jam 05.20 – 05.30 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply