• Monday, July 04th, 2022

Kajian Arbain Nawawi (14&15): Ibu orang mukmin dan bid’ah

 

Kajian Arbain Nawawi (14): Siapakah Ibu Orang Mukmin?
Oleh Agung Kuswantoro

Ada istilahnya Bapak Pembangunan adalah Soeharto. Tokoh emansipasi wanita adalah RA Kartini, dan Bapak Tionghoa adalah Gus Dur. Lalu, siapakah ibu orang mukmin? Jawabnya: Aisyah.

Dalam hadist ke-5 Arbain Nawawi disebutkan “Diriwayatkan dari Ummul mukminin Ummu Aisyah Radhiallahu ‘anhu. Aisyah adalah istri Nabi Muhammad saw yang sangat pandai, sehingga beberapa riwayat bersumber dari Aisyah.”

Ciri khas hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah berisi “keintiman” atau kedekatan. Bisa jadi, hal-hal yang pribadi, ada hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah. Wa’allahu ‘alam. []

Semarang, 29 Juni 2022
Ditulis di Kantor UPT Kearsipan UNNES jam 09.40 – 09.47 Wib.

Kajian Arbain Nawawi (15): Bid’ah
Oleh Agung Kuswantoro

Hadist ke-5 dari Kitab Arbain Nawawi berbicara tentang bid’ah. Berikut hadistnya: “Barang siapa mengada-ada dalam urusan (agama) Kami ini yang bukan berasal darinya maka dia tertolak”. (HR Bukhari Muslim) dalam riwayat Muslim disebutkan “Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan agama kami maka dia tertolak”.

Khusus kajian ini, saya tidak begitu terlalu mendetailkan, karena kajian dilakukan di tempat umum. Saya hanya memberi contoh dengan jamaah, misal saja: menutup aurat dimana dalam solat subuh ini, ada yang memakai sarung, celana jeans, celana kain, dan jubah. Apakah hal ini bid’ah? Tanya saya kepada jamaah.

Lalu, saya menyampaikan bahwa pada intinya adalah penghormatan diantara pendapat yang berbeda. Yang tidak baik adalah orang yang belum solat subuh pada pagi ini, namun masih membicarakan masalah sarung, celana jeans, dan jubah. Padahal yang bersangkutan masih tidur atau belum solat berjamaah di Masjid. Mari hormati setiap pendapat dari orang yang memiliki sumber valid. Wa ‘allahu ‘alam. []

Semarang, 29 Juni 2022
Ditulis di UP Kearsipan UNNES jam 10.43 – 10.45 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply