• Sunday, July 31st, 2022

Kajian Arbain Nawawi (29): Melakukan Sesuatu yang Bermanfaat

Oleh Agung Kuswantoro

 

Dalam kitab Majalis Saniyah terkait hadis ke-12 disebutkan bahwa sebaiknya manusia menyibukkan dirinya hanya dengan hal-hal yang berguna seperti membaca al-Qur’an, istighfar, berzikir dan perbuatan baik lainnya. Karena setan senang apabila seseorang menyia-nyiakan umur tanpa faedah/perbuatan yang bermanfaat, sebab setan mengetahui bahwa umur itu merupakan “permata yang berharga” setiap nafas dari seseorang yang tak ternilai harganya. Sebaliknya, jika manusia menggunakan umurnya untuk berbuat taat maka ia akan selamat dan beruntung.

 

Telah diriwayatkan bahwa: setiap satu tasbih itu sama dengan sedekah; orang yang membaca surah al-Ikhlas sepuluh kali akan dibangunkan baginya “istana” di Surga; dan orang yang membaca subhanallahi wal hamdulillahi dan seterusnya, maka akan ditanamkan pepohonan baginya didalam surga.

 

Dalam hadis Ibnu Umar disebutkan, Jangan banyak bicara dan selain dari zikrullah, supaya hatimu tidak menjadi keras. Sebab hati yang paling jauh dari Allah adalah hati yang keras. Wallahu ‘alam.

 

Semarang, 31 Juli 2022

Ditulis di Rumah jam 06.00-06.20 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply