• Tuesday, November 14th, 2017

Berpegang Teguh pada Sunahku

Oleh Agung Kuswantoro

 

Mantap saja dengan sunah Nabi Muhammad SAW. Ikuti saja sunah-sunah Nabi Muhammad SAW yang ada di hadis. Ikuti dan pahami hadis Nabi Muhammad SAW, dengan sendirinya, kita akan kagum akan akhlaknya.

 

Itulah pesan yang saya dapatkan selama ini  bersama jamaah setelah mengaji hadis Arbain Nawawi. Jangan pelajari, hal-hal yang tidak penting dan tidak ada dasarnya. Jika itu hadist, sangat jelas sumbernya. Setelah tahu, saatnya melakukan.

 

Itu maknanya, pelajari ilmunya dulu, baru tindakannya. Jangan dibalik, tindakannya dulu, baru ilmunya. “Ikat” ajaran Nabi Muhammad SAW dengan berpegang teguh pada ajaran-ajarannya, lalu “genggam” dengan sekuat-kuatnya, melalui kajian dan aplikasi dalam tindakan keseharian. Ajak teman, saudara, keluarga, dan masyarakat untuk mengaji hadis. Hal ini sebagaimana hadis ke-28 dari kitab Arbain Nawawi yaitu “Hendaklah kalian berpegang teguh terhadap ajaranku dan khulafaurrasyidin yang mendapatkan petunjuk, gigitlah (genggamlah dengan kuat) dengan geraham.

 

Sangat jelas dari hadis tersebut, bahwa kita dianjurkan untuk (1) mengikuti perintah ajaran Nabi Muhammad SAW, (2) Tidak melakukan perbuatan yang mengada-ada, (3) mengkaji ilmu-ilmu hadis yang didalamnya membahas perilaku-perilaku Nabi Muhammad SAW. Itulah pesan yang saya tangkap dalam hadist ke-28 dari Kitab Arbain nawawi. Waallahu ‘alam.

 

 

Yogyakarta, 11 November 2017

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply