• Wednesday, April 25th, 2018

Nisfu Syaban

Oleh Agung Kuswantoro

 

Nisfu Syaban, Insya Allah akan jatuh pada hari Senin malam/malam Selasa (30/4/2018). Berdasarkan sumber yang saya peroleh bahwa perayaan malam Nisfu Syaban itu, bukan berdasarkan pada suatu hadis. Hingga saat ini, saya belum menemukan sebuah hadis yang mengkaji tentang Nisfu Syaban.

 

Nisfu Syaban merupakan sebuah Ijazah dari Habib Ali bin Ahmad bin Tholib Al-Athos Pekalongan, dimana pada malam 15 Syaban, kita dianjurkan untuk Sholat dua rokaat dengan rokaat pertama, setelah membaca surat Alfatihah, kemudian membaca surat Alkafirun. Pada rokaat kedua, setelah membaca surat Alfatihah, kemudian membaca surat Al-Ikhlas. Lalu, dianjurkan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Adapun tujuan pembacaan masing-masing surat Yasin itu, yaitu

  1. Pembacaan surat Yasin pertama dimaksudkan untuk diberi umur panjang agar tetap beribadah kepada Allah.
  2. Pembacaan surat Yasin kedua dimaksudkan untuk mendapatkan rizki yang halal dan berkah.
  3. Pembacaan surat Yasin ketiga dimaksudkan untuk ketetapan Iman dalam hidup.

Setelah membaca Yasin tiga kali, kemudian membaca doa Nisfu Syaban. Adapaun doanya, sebagaimana yang ada dalam buku-buku surat Yasin bagian akhir. Semoga kita bisa menjalankannya. Amin.

 

Semarang, 25 April 2018

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply