Tantangan Hidup

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

hai teman semua,sudah lama saya tidak mempoting di blog ini maklum karena kesibukan UAS dan juga kesibukan didalam organisasi jadi tidak bisa posting.

Dalam postingan saya kali ini saya akan sedikit memberikan motivasi ke teman-teman semua berdasarkan pengalaman dan tentu nasihat seseorang.Jadi sebelumnya terima kasih untuk fina teman saya yang sudah memberikan motivasi nya dan iini sangat membantu saya

Jadi sebagai seorang manusia yang tentunya bersosialisasi dengan orang lain dan juga memfokuskan diri terhadap tujuan hidup,kita sering di hadapkan dengan tantangan,tantangan yang bisa mudah bahkan sulit untuk kita hadapi,tapi pengalaman ku ini mungkin adalah tantangan yang sulit untuk kita hadapi karena tantangan ini datang dalam bentuk kesempatan,tantangan yang bisa jadi menggoyahkan apa yang akan jadi tujuan awal kita,yap tantangan itu datang dalam bentuk kesempatan,kesempatan yang menarik yang bisa saja menggoyahkan apa yang jdi tujuan awal kita,nah jadi sebagai manusia seharusnya kita bisa fokus untuk apa yang kita tuju bolehlah kita ambil kesempatan tersebut jikalau kesempatan itu kita rasa akan mengantarkan kita lebih cepat ke tujuan akhir tentu dengan cara yang benar,tapi janganlah kau ambil jika kesempatan itu justru menjaukan mu dari tujuan awal mu.Manusia tidak harus sama dalam menjalankan hidup nya perbedaan itulah yang membuat hidup kita berwarna karena itu buatlah tujuan akhir yang benar-benar akhir bukan tujuan semu yang seperti hanya tempat peristirahatan sementara,walau memang pada hakikatnya manusia tidak akan pernah puas tapi bukan hal yang tidak mungkin manusia dapat menentukan tujuan akhir nya,jadi mulailah buat tujuan akhirmu dan fokuslah dengan jalannya,tidak harus lurus tampa ada masalah karena masalah adalah ujian yang akan mengantarkan kita ketingkat yang lebih tinggi sebagai manusia.

Disusun oleh

Nama :Agung Gunawan

NIM :5401415057

Jurusan/Prodi :PKK /Pend.Tata Boga

A.Pengertian Kapang dan Khamir

            Kapang (mould/filamentous fungi) merupakan mikroorganisme anggota Kingdom Fungi yang membentuk hifa. Kapang bukan merupakan kelompok taksonomi yang resmi, sehingga anggota-anggota dari kapang tersebar ke dalam filum Glomeromycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.Jumlah spesies fungi yang telah teridentifikasi hingga tahun 1994 mencapai 70.000 spesies, dengan perkiraan penambahan 600 spesies setiap tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 10.000 spesies merupakan kapang. Sebagian besar spesies fungi terdapat di daerah tropis disebabkan karena kondisi iklim daerah torpis yang hangat dan lembab yang mendukung pertumbuhannya. Habitat kapang sangat beragam, namun pada umumnya kapang dapat tumbuh pada substrat yang mengandung sumber karbon organik.

Kapang melakukan reproduksi dan penyebaran menggunakan spora. Spora kapang terdiri dari dua jenis, yaitu spora seksual dan spora aseksual. Spora aseksual dihasilkan lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan spora seksual. Spora aseksual memiliki ukuran yang kecil (diameter 1-10 μm) dan ringan, sehingga penyebarannya umumnya secara pasif menggunakan aliran udara. Apabila spora tersebut terhirup oleh manusia dalam jumlah tertentu akan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Khamir (yeast) merupakan jasad renik (mikroorganisme) yang pertama yang digunakan manusia dalam industri pangan. Orang-orang Mesir zaman dahulu telah menggunakan yeast dan proses fermentasi dalam memproduksi minuman beralkohol dan membuat roti pada lebih dari 5000 tahun yang lalu.

Setelah ditemukannya mikroskop Louis Pasteur pada akhir tahun 1860 menyimpulkan bahwa yeast merupakan mikroba hidup yang bertindak sebagai agen dalam proses fermentasi dan digunakan sejak zaman dahulu untuk menaikan adonan roti. Tidak lama setelah penemuan tersebut, dilakukan upaya untuk mengisolasi yeast secara murni.

Kapang dan Khamir

 

 

Penampilan fungi atau cendawan tidak asing lagi bagi kita semua. Kita telah melihat pertumbuhan warna biru dan hijau pada buah jeruk dan keju, pertumbuhan warna putih seperti bulu pada roti dan selai basi, jamur di lapangan dan hutan.kesemua ini merupakan tubuh berbagai cendawan. Jadi cendawan mempunyai berbagai macam penampilan, tergantung pada spesiesnya. Telaah mengenai cendawan disebut mikologi. Cendawan terdiri dari kapang dan khamir. Kapang bersifat filamentus, sedangkan khamir biasanya uniselular. Fase khamir timbul bilamana organisme itu hidup sebagai parasit atau patogen dalam jaringan, sedangkan bentuk kapang bila organisme itu merupakan saprofit dalam tanah atau dalam medium laboratorium.

  1. KAPANG (MOULD)

Kapang (mould/filamentous fungi) merupakan mikroorganisme anggota Kingdom Fungi yang membentuk hifa. Kapang bukan merupakan kelompok taksonomi yang resmi, sehingga anggota-anggota dari kapang tersebar ke dalam filum Glomeromycota, Ascomycota, dan Basidiomycota.

Jumlah spesies fungi yang telah teridentifikasi hingga tahun 1994 mencapai 70.000 spesies, dengan perkiraan penambahan 600 spesies setiap tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 10.000 spesies merupakan kapang. Sebagian besar spesies fungi terdapat di daerah tropis disebabkan karena kondisi iklim daerah torpis yang hangat dan lembab yang mendukung pertumbuhannya. Habitat kapang sangat beragam, namun pada umumnya kapang dapat tumbuh pada substrat yang mengandung sumber karbon organik.

Kapang melakukan reproduksi dan penyebaran menggunakan spora. Spora kapang terdiri dari dua jenis, yaitu spora seksual dan spora aseksual. Spora aseksual dihasilkan lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan spora seksual. Spora aseksual memiliki ukuran yang kecil (diameter 1-10 μm) dan ringan, sehingga penyebarannya umumnya secara pasif menggunakan aliran udara. Apabila spora tersebut terhirup oleh manusia dalam jumlah tertentu akan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang diakibatkan spora kapang terutama akan menyerang saluran pernapasan. Asma, alergi rinitis, dan sinusitis merupakan gangguan kesehatan yang paling umum dijumpai sebagai hasil kerja sistem imun tubuh yang menyerang spora yang terhirup. Penyakit lain adalah infeksi kapang pada saluran pernapasan atau disebut mikosis. Salah satu penyakit mikosis yang umum adalah Aspergillosis, yaitu tumbuhnya kapang dari genus Aspergillus pada saluran pernapasan.Selain genus Aspergillus, beberapa spesies dari genus Curvularia dan Penicillium juga dapat menginfeksi saluran pernapasan dan menunjukkan gejala mirip seperti Aspergillosis.

Morfologi kapang

            Tubuh atau talus suatu kapang pada dasarnya terdiri dari dua bagian : miselium dan spora (sel resisten.istirahat atau doormen). Miselium merupakan kumpulan beberapa filamen yang dinamakan hifa. Setiap hifa lebarnya 5 samapi 10 mm, dibandingkan dengan sel bakteri yang biasanya berdiameter 1mm. Di sepanjang setiap hifa terdapat sitoplasma bersama. Ada tiga macam morfologi hifa :

  1. Aseptat atau senosit. Hifa seperti ini tidak mempunyai dinding sekat atau septum.
  2. Septat dengan sel-sel uninukleat. Sekatb membagi hifa menjadi ruang-ruang atau sel-sel berisi nukleus tunggal. Pada setiap septum terdapat pori di tengah-tengah yang memungkinkan perpindahan nucleus dan sitoplasma dari satu ruang ke ruang yang lain. Sungguhpun setiap ruang suatu hifa yang bersekat tidak terbatasi oleh suatu membran sebagaimana pada sel, setiap ruang itu biasanya dinamakan sel.
  3. Septat dengan sel-sel multinukleat. Septum membagi hifa menjadi sel-sel dengan lebih dari satu nucleus dalam setiap ruang.

Miselium dapat vegetatif (somatik) atau reproduktif. Beberapa hifa dari miselium

somatik menembus kedalam medium untuk mendapat zat makanan. Miselium reproduksi bertanggung jawab untuk pembentukan spora dan biasanya tumbuh meluas ke udara dari medium. Miselium suatu kapang dapat merupakan jaringan yang terjalin lepas atau dapat merupakan struktur padat yang terorganisir seperti pada jamur.

 

Kelompok kapang

Kapang lendir

Kapang lendir merupakan sekumpulan mikroorganisme yang heterogen. Kapang lendir memiliki ciri-ciri hewan dan tumbuhan. Fase vegetatif atau somatic yang aseluler dan merayap jelas mempunyai struktur dan fisiologi seperti hewan, sedangkan struktur reproduktifnya seperti tumbuhan, yaitu menghasilkan spora yang terbungkus dinding yang nyata. Gabungan fase seperti hewan dan seperti tumbuhandalam satu daur hidup merupakan cirri pembeda kapang lendir.

Ada 4 tipe kapang lendir yang berbeda dalam struktur dan fisiologi serta masing-masing mempunyai daur hidup yang khas. Keempat macam itu adalah kapang lendir sejati (Myxomycetes), kapang lendir endoparasit (Plasmodiophoromycetes), kapang lendir jarring (Labyrinthulales), dan kapang lendir seluler (Acraciales).

Kapang lendir sejati

Ciri pembeda dalam kelompok ini adalah fase somatiknya yang disebut Plasmodium, yaitu masa protoplasma yang telanjang dan multinukleat. Ukuran dan warnanya sangat beragam dan berubah-ubah bentuknya sewaktu merayap di atas permukaan substrat tempat hidupnya. Organisme ini memakan bakteri yang dicernanya, spora-spora cendawan lain, serta bahan organic kecil dalam bentuk partikel-partikel yang terdapat di dalam tanah, daun-daun mati, ataupun kayu gelondongan yang ditumbuhinya.

Dalam keadaan lingkungan yang menguntungkan, plasmodium bergerak-gerak seperti ameba, mengambil makanan dan ukurannya juga bertambah. Apabila keadaan menjadi tidak cocok untuk pertumbuhan, organisme itu dapat menjadi tidak aktif. Kemudian jasad renik itu berubah sifatnya menjadi tingkat dorman yang dinamakan sklerotium yang tebal lagi keras. Begitu keadaan untuk tumbuh memungkinkan, struktur itu kembali menjadi plasmodium.

Kapang lendir endoparasitik

Organisme ini mempunyai plasmodium multinukleat lagi bugil yang berkembang didalam jaringan hidup tanaman inangnya. Infeksi terjadi bilamana zoospora menembus anak akar tanaman inangnya dan segera menjadi miksameba ( organism ameboid yang telanjang), yang tumbuh menjadi plasmodium. Bertambahnya ukuran plasmodium itu mengakibatkan akar-akar tanaman inang membengkak, oleh karena itu nama penyakitnya disebut akar bengkak. Selagi infeksi tersebut berlangsung, spora-spora pun terbentuk, dan menghuni sel-sel tanaman inang sampai sel-sel mati dan menjadi busuk. Kemudian spora-spora dibebaskan dan siap untuk menginfeksi bibit-bibit tanaman baru. Akar-akar tanaman inangnya antara lain kentang dan kubis, dapat mengakibatkan tanaman rusak dan kerdil serta diakhiri dengan kematian inang sebelum waktunya.

Kapang lendir jarring

              Jasad renik ini disebut demikian karena pada permukaan tempat tumbuhnya terdapat jarring halus yang berasal dari lendir yang dikeluarkannya. Sel-selnya sebagian besar berbentuk lonjong atau seperti gelendong. Jasad renik ini paling umum dijumpai pada ingkungan marin, disini mereka hidup sebgai parasit atau saprofit pada algae laut.

Kapang lendir seluler

Organism ini hidup bebas dan ameboid, plasmodiumnya tidak multi nukleat. Daur hidupnya menarik. Mereka ada dimana-mana dalam tanah untuk mendapatkan bakteri yang menjadi makanannya.

Kerusakan yang disebabkan oleh kapang

Kapang mempunyai kisaran pH pertumbuhan yang luas, yaitu 1.5-11. Kebusukan makanan kaleng yang disebabkan oleh kapang sangat jarang terjadi, tetapi mungkin saja terjadi. Kebanyakan kapang tidak tahan panas sehingga adanya kapang pada makanan kaleng disebabkan oleh kurangnya pemanasan (under process) atau karena terjadi kontaminasi setelah proses. Kapang memerlukan oksigen untuk tumbuh sehingga pertumbuhan pada kaleng hanya mungkin terjadi apabila kaleng bocor.

Kapang lebih tahan asam, sehingga kapang sering membusukkan makanan asam, seperti buah-buahan asam dan minuman asam. Kapang seperti Bysochamys fulva, Talaromyces flavus, Neosartorya fischeri dan lain-lain telah diketahui sebagai penyebab kebusukan minuman sari buah kaleng dan produk-produk yang mengandung buah. Spora kapang-kapang ini ternyata mampu bertahan pada pemanasan yang digunakan untuk mengawetkan produk tersebut. Spora kapang ini tahan terhadap pemanasan selama 1 menit pada 920C dalam kondisi asam atau pada makanan yang diasamkan.Akan tetapi untuk mencapai konsistensi yang seperti ini, kapang tersebut memerlukan waktu untuk membentuk spora, sehingga sanitasi sehari-hari terhadap peralatan sangat penting untuk mencegah pertumbuhan kapang ini dan pembentukan sporanya. Pada umumnya kapang yang tumbuh pada makanan yang diolah dengan panas tidak menyebabkan penyakit pada manusia.

B.Kualitas air yang baik

Kualitas air adalah suatu ukuran kondisi air dilihat dari karakteristik fisik, kimiawi, dan biologisnya. Kualitas air juga menunjukkan ukuran kondisi air relatif terhadap kebutuhan biota air dan manusia.Kualitas air seringkali menjadi ukuran standar terhadap kondisi kesehatan ekosistem air dan kesehatan manusia terhadap air minum.

Berbagai lembaga negara di dunia bersandar kepada data ilmiah dan keputusan politik dalam menentukan standar kualitas air yang diizinkan untuk keperluan tertentu. Kondisi air bervariasi seiring waktu tergantung pada kondisi lingkungan setempat. Air terikat erat dengan kondisi ekologi setempat sehingga kualitas air termasuk suatu subjek yang sangat kompleks dalam ilmu lingkungan. Aktivitas industri seperti manufaktur, pertambangan, konstruksi, dan transportasi merupakan penyebab utama pencemaran air, juga limpasan permukaan dari pertanian dan perkotaan.

Kadar mineral terlarut di dalam air dapat mempengaruhi jenis pemanfaatan air oleh industri. Misal keberadaan ion kalsium dan magnesium dapat mengganggu fungsi sabun ketika air digunakan sebagai pembersih dan mampu membentuk deposit karbonat.Proses penanganan air dengan kondisi seperti ini dilakukan dengan menukar ion tersebut dengan natrium, dan senyawa magnesium dan kalsium akan mengendap.

Sebaliknya, air dengan kadar kalsium dan magnesium tinggi lebih baik digunakan bagi manusia dibandingkan air dengan kadar natrium dikarenakan kemungkinan timbulnya masalah kesehatan akibat konsumsi natrium tinggi.

C.Hubungan Kapang,Khamir dengan Air

Jadi kapang dan khamir adalah mikroorganisme yang hidap dan berkembang dalam air semakin bagus kualitas airnya maka akan semakin sedikit kapang dan khamirnya.

D.Manfaat Kapang,Khamir terhadap Pangan

Manfaat kapang dalam produksi pangan

         Rhizopus Oligospora dan Rhizopus Oryzae digunakan untuk membuat tempe dengan bahan dasar kedelai dan Oncom hitam dengan bahan dasar ampas tahu.

         Neurospora sitophia digunakan untuk membuat Oncom merah dengan bahan dasar bungkil kacang tanah.

         Aspergillus Oryzae unuk membuat kecap dan tauco dengan bahan dasar kedelai.

         Penicililium roqueforti untuk membuat keju biru dengan bahan dasar susu.

         P. camemberti untuk membuat keju camembert dengan bahan dasar susu.

Penggunaan Khamir (Yeast) Dalam Makanan

Khamir (yeast) merupakan jasad renik (mikroorganisme) yang pertama yang digunakan manusia dalam industri pangan. Orang-orang Mesir zaman dahulu telah menggunakan yeast dan proses fermentasi dalam memproduksi minuman beralkohol dan membuat roti pada lebih dari 5000 tahun yang lalu.

Setelah ditemukannya mikroskop Louis Pasteur pada akhir tahun 1860 menyimpulkan bahwa yeast merupakan mikroba hidup yang bertindak sebagai agen dalam proses fermentasi dan digunakan sejak zaman dahulu untuk menaikan adonan roti. Tidak lama setelah penemuan tersebut, dilakukan upaya untuk mengisolasi yeast secara murni. Dengan kemampuan ini mulailah dilakukan produksi yeast secara komersial untuk keperluan pembuatan roti. Jenis yang dikembangkan adalah Saccharomyces cerevisiae yang disebut dengan Baker’s yeasts.

Sejak saat itu, perusahan roti, minuman dan para ahli mulai berupaya untuk memproduksi strain murni yeast yang tepat untuk keperluan industri yang disesuaikan dengan rasa dan keperluan kualitas serta karateristik lainnya. Sedangkan di Indonesia yang dikenal dengan ragi untuk tape sebenarnya ada yang tidak murni dari jenis yeast saja akan tetapi dicampur dengan jenis bakteri dimana disesuaikan dengan kebutuhan produk yang akan dihasilkannya.

Morfologi Khamir

Yeast adalah salah satu mikroorganisme yang termasuk dalam golongan fungi yang dibedakan bentuknya dari mould (kapang) karena berbentuk uniseluler. Reproduksi vegetatif pada khamir terutama dengan cara pertunasan. Sebagai sel tunggal yeast tumbuh dan berkembang biak lebih cepat dibanding dengan mould yang tumbuh dengan pembentukan filamen. Yeast sangat mudah dibedakan dengan mikroorganisme yang lain misalnya dengan bakteri, yeast mempunyai ukuran sel yang lebih besar dan morfologi yang berbeda. Sedangkan dengan protozoa, yeast mempunyai dinding sel yang lebih kuat serta tidak melakukan fotosintesis bila dibandingkan dengan ganggang atau algae.Dibandingkan dengan kapang dalam pemecahan bahan komponen kimia yeast lebih efektif memecahnya dan lebih luas permukaan serta volume hasilnya lebih banyak.

Yeast dapat dibedakan atas dua kelompok berdasarkan sifat metabolismenya yaitu bersifat fermentatif dan oksidatif. Jenis fermentatif dapat melakukan fermentasi alkohol yaitu memecah gula (glukosa) menjadi alkohol dan gas contohnya pada produk roti.

Sedangkan oksidatif (respirasi) maka akan menghasilkan CO2 dan H2O. Keduanya bagi yeast adalah dipergunakan untuk energi walaupun energi yang dihasilkan melalui respirasi lebih tinggi dari yang melalui fermentasi.

Dibandingkan dengan bakteri, yeast dapat tumbuh dalam larutan yang pekat misalnya larutan gula atau garam lebih juga menyukai suasana asam dan lebih bersifat menyukai adanya oksigen. Yeast juga tidak mati oleh adanya antibiotik dan beberapa yeast mempunyai sifat antimikroba sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mould.

Adanya sifat-sifat yang tahan pada lingkungan yang stress (garam, asam dan gula) maka dalam persaingannya dengan mikroba lain yeast lebih bisa hidup normal.

Kerusakan yang disebabkan oleh khamir

Khamir mempunyai kisaran pH pertumbuhan 1.5-8.5.Namun kebanyakan khamir lebih cocok tumbuh pada kondisi asam, yaitu pada pH 4-4.5, sehingga kerusakan oleh khamir lebih mungkin terjadi pada produk-produk asam. Suhu lingkungan yang optimum untuk pertumbuhan khamir adalah 25-30oC dan suhu maksimum 35-47oC.Beberapa khamir dapat tumbuh pada suhu 0oC atau lebih rendah.Khamir tumbuh baik pada kondisi aerobik, tetapi khamir fermentatif dapat tumbuh secara anaerobik meskipun lambat.

Khamir hanya sedikit resisten terhadap pemanasan, dimana kebanyakan khamir dapat terbunuh pada suhu 60oC.Jika makanan kaleng busuk karena pertumbuhan khamir, maka dapat diduga pemanasan makanan tersebut tidak cukup atau kaleng telah bocor.Pada umumnya kebusukan karena khamir disertai dengan pembentukan alkohol dan gas CO2 yang menyebabkan kaleng menjadi kembung.Khamir dapat membusukkan buah kaleng, jam dan jelly serta dapat menggembungkan kaleng karena produksi CO2.Seperti halnya kapang, khamir yang tumbuh pada makanan yang diolah dengan pemanasan tidak menyebabkan penyakit pada manusia.

Tari Konservasi

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

Nama      :Agung Gunawan

NIM        :5401415057

Prodi       :Pend.Tata Boga

Jurusan  :PKK

Fakultas  :Teknik

Rombel   :49

http://https://youtu.be/zM_ugD45lB4

Snapshot 3 (25-12-2015 13-54) Snapshot 2 (25-12-2015 13-50) Snapshot 1 (25-12-2015 13-47)

Video ini diikutkansertakan dalam festival parikan, tari dan senam konservasi di Universitas Negeri Semarang, pada berita lp3.unnes.ac.id

Salam penutup untuk lomba blog

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

Assalamualaikum wr.wb apa kabarnya ni teman-teman semua oh ya ni udah hari terakhir untuk posting lomba blog UNNES,udah sekitar seminggu saya menemani dengan postingan yang mungkin kurang jelas juga,tapi semoga itu sekiranya dapat bermanfaat,mungkin ini postingan terakhir yang saya tulis untuk kpmpetisi blog semoga mendapatkan hasil yang baik.oke sekian dari saya wassalamualaikum wr.wb

Forum Bosaris Nasional 2015

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

Assalamualaikum Kawan- kawan semua apa kabarnya malam hari ini?baik saja bukan hehehe,nah pada malam ini saya akan membahas sedikit tentang forum Bosaris nasional 2015 di UNY.

Oke mungkin kalian masih asing kan bosaris itu apa jadi bosaris itu ada sebuah forum kebersamaan antara jurusan PKK dri seluruh indonesia,bosaris sendiri merupakan singkatan dari Boga,Busana,Rias ya tiga prodi utama dari jurusan PKK.Bosaris ini sendiri di tahun 2015 mengadakan forum untuk membahas kongres tahun dan bagaimana organisasi ini akan berjalan nantinya.Bosarin ini awalnya dibentuk pada tahun 2011 dengan ditandai dengan berkumpulnya dan penandatanganan piagam malang.

Nah hasil dari forum pada tahun ini adalah memutuskan konres nasional tahun depan akan bertempat di Bandung dengan tuanrumah nya adalah Univ Pendidikan Indonesia (UPI).

Mungkin hanya segitu saya info yang dapat sayaberikan,terimakasih wassalamualaikum

Luhurnya budaya konfirmasi

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

LURUHNYA BUDAYA KONFIRMASI

Oleh Galih Kurniawan

 

(Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi 2012,

 

Ketua Umum LDK UKDM UPI 2015)

 

“Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah seruan Allah dan Rasul-Nya, apabila dia menyeru kepadamu sesuatu yang memberi kehidupan kepadamu. Dan ketahuilah sesungguh-Nya Allah membatasi antara manusia manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepadaNyalah kamu akan dikumpulkan. Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang dzalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaannya.”

 

(QS Al-Anfal : 24-25)

 

 

 

Kita sering mendengar istilah “Siap 86!”, apalagi setelah istilah ini menjadi salah satu program di stasiun televisi. “86!” adalah bahasa isyarat yang sering digunakan dalam komunikasi militer atau petugas keamanan. Maksudnya adalah pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan/ sender dapat diterima, dimengerti, dan dipahami oleh penerima pesan. Selain itu, istilah itu merupakan respon bahwa pesan (instruksi) yang diberikan siap dilaksanakan.

 

Sejujurnya saya kagum dengan komunikasi di militer tersebut. Bagi saya, kegiatan itu memiliki arti lain dalam kehidupan. Orang-orang militer dilatih siap, disiplin, responsif, tenang, dapat mengkondisikan, dan lain-lain. Demikian juga konfirmasi memiliki urgensi dalam dakwah. Adapun kali ini penulis akan membahas konfirmasi dalam lembaga dakwah kampus (LDK). Tulisan bukan tidak bermaksud menggurui, penulispun harus terus-menerus melakukan instropeksi.

 

Konfirmasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pembenaran, penegasan, pengesahan. Konfirmasi yang saya maksud dalam tulisan ini adalah kegiatan merespon pesan, panggilan, atau seruan dalam LDK. Dalam melakukan konfirmasi bahasa yang dilakukan dapat berbeda. Akan tetapi dalam artikel ini saya tidak akan membahas tentang bahasa yang baik dalam merespon pesan, namun lebih kepada menyoroti kegiatan konfirmasi saja. Konfirmasi ini merupakan bagian dari pembahasan ruhul istijabah (bersegera menyambut seruan). Namun kiranya hal kecil ini dapat meningkatkan ruhul istijabah Aktivis Dakwah Kampus (ADK).

 

“Seruan kepada pengurus LDK untuk syuro pada hari Selasa, 2 Juni 2015 pukul 16.00 WIB di Selasar Akhwat lantai 3 Masjid. Pembahasan mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Harap hadir mengingat pentingnya syuro ini. Konfirmasi ke 0896xxxxx. Jazakumullah khairon katsiro”.

 

Demikian gambaran undangan syuro di LDK. Pesan tersebut biasanya dikirim oleh masul atau penanggungjawab dari sebuah kegiatan atau peran tertentu. Dalam pesan tersebut disertakan konfirmasi dengan maksud orang yang diundang membalas, merespon, menyambut, dan mengkomunikasikan perihal kehadiran dalam agenda tersebut.

 

Namun seringkali ADK merasakan bahwa konfirmasi tersebut berat dilakukan. Hal ini mungkin karena menganggap agenda tersebut tidak penting, tidak menyenangkan, terlupakan karena sibuk mengerjakan agenda lain, atau alasan semacamnya. Hal tersebut menyebabkan ADK tidak menyegerakan konfirmasi bahkan tidak konfirmasi sama sekali. Padahal, sebenarnya konfirmasi tidak memerlukan waktu lama, mungkin hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

 

“Yang penting, kan, saya hadir. Tidak perlu konfirmasi”. Demikian pula salah satu pernyataan mengapa sebagian ADK tidak segera konfirmasi atau bahkan tidak konfirmasi sama sekali.

 

Dikarenakan karena tidak ada yang konfirmasi, seringkali sebuah acara tidak jadi terlaksana. Padahal panitia sudah menyiapkan kegiatan dengan matang. Panitia beranggapan karena tidak ada yang konfirmasi maka acara tidak layak untuk dilaksanakan. Namun tidak jarang juga, panitia menjadi bersemangat karena banyak peserta yang konfirmasi. Untuk hal teknis, konfirmasi berfungsi untuk penyesuaian kegiatan misalkan besar ruangan, jumlah kursi, jumlah konsumsi, dan lain-lain. Sehingga dalam hal ini konfirmasi penting untuk kepastian sebuah agenda.

 

Banyak yang menganggap bahwa kehilangan budaya konfirmasi tidak akan berdampak pada dakwah secara umum. “Kerikil-kerikil kecil” sebuah kelalaian akan menggunung menjadi kelalaian besar. Jika kehilangan budaya konfirmasi terakumulasi dengan kesalahan yang lain maka menjadi representasi LDK yang menyertakan nilai islam. Pada akhirnya Islam akan mendapat citra negatif akibat kelemahan dan kekebalan ADK dalam menangkal kebiasaan buruk.

 

Komunikasi -termasuk konfirmasi- penting dalam LDK. Penulis mencoba merinci urgensi dan manfaat dari konfirmasi antara lain sebagai berikut :

 

Belajar peka terhadap kebutuhan dan kepentingan orang lain

Bisa jadi hal yang menurut kita kecil namun berarti besar bagi orang lain. Oleh karena itu kita tidak boleh melalaikan hal kecil tersebut. pengirim pesan membutuhkan konfirmasi dengan berbagai alasan seperti mengetahui kabar dan kondisi, mempersiapkan suatu agenda, dll. Dengan konfirmasi kita belajar peka terhadap kebutuhan dan kepentingan orang lain tersebut.

 

Belajar menghargai usaha orang lain

Pengirim pesan telah berusaha agar pesan tersebut dapat terkirim kepada penerima pesan. Jika kita urutkan, mungkin pengirim pesan memerlukan usaha berupa input nomor handphone, menuliskan pesan yang sesuai, mengirimkan pesan secara bertahap, membeli pulsa, dan lain-lain. Biasanya sender bukan pengangguran juga, dia diamanahi di berbagai tempat. Oleh karenanya usaha untuk mengirim pesan kepada penerima pesan semakin besar.

 

Mungkin saja penerima pesan berpikir apa susahnya sender mengirimkan satu pesan kepadanya. Namun patut difahami bahwa bisa jadi pesan yang dikirim ke penerima pesan berjumlah puluhan bahkan ratusan. Lagipula, jika kita berpikir apa susahnya sender mengirim pesan kepada kita, lalu apa susahnya kita mengirimkan pesan konfirmasi kepadanya?

 

Belajar mengasah kemauan menjalin relasi

Konfirmasi adalah kegiatan belajar menjali relasi dengan orang lain. Komunikasi melalui media, hakikatnya adalah sama seperti komunikasi di dunia nyata. Apabila komunikator mengirim pesan namun diacuhkan oleh komunikan maka akan muncul ketidaknyamanan bagi komunikator. Demikian pula komunikasi melalui media, bila komunikasi pengirim pesan diacuhkan oleh penerma pesan bisa jadi muncul ketidaknyamanan bagi penerima pesan.

 

Patut kita ingat bahwa kehidupan kita tidak hanya hari ini saja, namun juga dikemudian hari. Konfirmasi (membuat orang lain nyaman) adalah tuntunan dan investasi bagi seorang mukmin. Hal ini karena Allah menyuruh hambanya untuk membangun hubungan yang baik dengan manusia lain (habluminannas). Selain itu hal ini karena kita membutuhkan orang lain dan begitupula di masa depan. Maksud saya, jangan sampai kita merusak hubungan dengan orang lain karena suatu saat nanti bisa jadi kita yang membutuhkan orang lain.

 

Belajar membangun kesolidan dan kesukesan organisasi

Konfirmasi sebagai bagian dari komunikasi organisasi menggambarkan kesolidan sebuah organisasi. Organisasi sebagai kumpulan orang dalam mencapai suatu tujuan, tidak akan lepas dari komunikasi. Komunikasi tersebut dapat berupa pemimpin kepada anggota, anggota kepada pemimpin, atau sesama anggota. Sebuah organisasi yang baik, memiliki pola komunikasi yang baik baik. Kesuksesan sebuah komunikasi diukur dari sejauh mana anggota komunikasi saling mengerti dan memahami.

 

Belajar mengikis malas, egois, pelit, tinggi hati, dan alineasi

Ada kalanya keengganan melakukan konfirmasi karena aktivis dakwah memiliki kebiasaan malas. Kemalasan ini yang mengakibatkan aktivis dakwah tidak ingin membalas pesan walaupun dengan sebuah pesan singkat. Hal ini sangat berbahaya bagi dakwah. Oleh karena itu, kemalasan itu harus dikikis.

 

Demikian pula dengan egois, tinggi hati, bahkan alineasi. Maksudnya penerima pesan tak ingin mengkonfirmasi karena sender dianggap rendah oleh penerima pesan. Hal ini berakibat penerima pesan tidak merespon dengan semangat. Hal ini mirip dengan sifat tinggi hati aktivis dakwah yang merasa bahwa mengirimkan pesan konfirmasi dapat menurunkan izzahnya.

 

Adapula aktivis dakwah yang mengalineasi diri sehingga tidak mau konfirmasi. aktivis dakwah seperti ini justru menganggap dirinya “sebutir pasir di pantai Pangandaran”, merasa kecil, tidak memiliki kontribusi, dan lain-lain. Padahal selagi muslim bertakwa kepada Allah, dialah yang mulia di sisi Allah. Wallahu’alam.  Belajar indibath/ disiplin/ ruhul istijabah (bersegera menyambut seruan kebaikan)

 

Islam mengajarkan umatnya untuk berdisiplin setiap saat. Hal ini salah satunya dapat tercermin dari shalat. Seorang muslim harus disiplin melakukan shalat di awal waktu. Hal ini menjadi gambaran bahwa kegiatan lainpun seperti itu, termasuk konfirmasi. Kebiasaan konfirmasi akan membantu kita untuk disiplin.

 

Belajar menghargai waktu orang lain

Coba pikirkan dan bayangkan, perlu berapa lama untuk menghubungi puluhan bahkan ratusan orang. waktu orang lain digunakan untuk mengurusi penerima pesan. Maka alangkah lebih baiknya jika kita menghargai pengorbanan waktu yang diberikan oleh pengirim pesan.

 

Belajar tadhiyah, komitmen, dan kontribusi untuk dakwah

Lebih daripada itu, aktivitas yang dikerjakan oleh aktivis dakwah bukan aktivitas main-main. Ada amanah di pundak aktivis untuk menegakkan kalimat Allah di muka bumi. Jika dibandingkan dengan perjuangan mujahid di berbagai tempat, aktivitas konfirmasi tidak ada apa-apanya.

 

 

 

Cukup sekian artikel mengenai konfirmasi. Intinya, yuk merespon seruan kebaikan dengan niat karena Allah SWT. Kita tidak tahu di bagian mana Allah akan ridha kepada kita, bisa jadi dari konfirmasi yang kila lakukan. Aamiin. Terimakasih

Sumber :line/ forum rohis DKI

Untukmu para aktivis dakwah

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

Mungkin Kita Sudah Lelah….

 

Sudah lelahkah wahai kawan atas perjuangan ini..?

mungkin jadwal dakwah yang padat itu membuatmu lemah?

 

Atau tak pernah punya waktu istirahat di akhir pekan yang kau gusarkan, karena harus terus

BERGERAK berdakwah?

 

Atau pusingnya fikiranmu mempersiapkan acara2 dakwah yang membuatmu ingin terpejam?

 

Atau panasnya aspal jalanan saat kau melakukan aksi yang ingin membuatmu “rehat sejenak”?

 

Atau sulitnya mencari orang yang ingin kau ajak HIJRAH ini yang kau risaukan?

 

Atau karena seringnya kehidupan sekitar kita meminta infak2mu yang membuatmu ingin menjauh?

 

Dakwah kita hari ini hanya sebatas ‘itu’ saja kawan.

bukan ingin melemahkan tapi izinkan saya mengajakmu merenung sejenak….

 

Tahukah engkau wahai kawan, siapa Umar bin Abdul Azis??

Tubuhnya hancur dalam rangka 2

tahun masa memimpinnya…

2 tahun kawan, cuma 2 tahun memimpin tubuhnya yang perkasa bisa rontok, kemudian sakit lalu syahid… Sulit membayangkan sekeras apa sang khalifah bekerja…tapi salah satu pencapainya adalah;

saat itu umat kebingungan siapa yang harus diberi zakat…

tak ada lagi orang miskin yang layak diberi infaq…

 

Memang seperti itu dakwah. Dakwah adalah cinta.

Dan cinta akan meminta semuanya dari dirimu.

Sampai pikiranmu.

Sampai perhatianmu.

Berjalan, duduk, dan tidurmu.

 

Tapi Syekh Musthafa Masyhur mengatakan

“Jalan dakwah ini adalah jalan yang panjang tapi adalah jalan yang paling aman untuk mencapai ridho-Nya.”

 

Ya kawan, jalan ini yang akan menuntun kita kepada ridho-Nya…

saat Allah ridho..

maka apalagi yang kita risaukan?

Saat Allah ridho…semuanya akan jauh lebih indah…karena surga akan mudah kita rasa…,  in syaa Allah.

 

Rasulullah begitu berat dakwahnya..

harus bertentangan dengan banyak kabilah dari keluarga besarnya..

 

Mush’ab bin Umair harus rela meninggalkan ibunya…

 

Suhaib harus rela meninggalkan seluruh yang dia kumpulkan di Mekkah untuk hijrah…

 

Asma’ binti Abu Bakar rela menaiki tebing yang terjal dalam kondisi hamil untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya dan Rasulullah

 

Hanzholah segera menyambut seruan jihad saat bermalam pertama dengan istrinya,

 

Ka’ab bin Malik menolak dengan tegas suaka Raja Ghassan saat ia dikucilkan…

 

Bilal, Ammar, keluarga Yasir… mereka kenyang dengan siksaan dari para kafir,

 

Abu Dzar habis dipukuli karena meneriakkan kalimat tauhid di pasar,

 

Ali mampu berlari 400 KM guna berhijrah di gurun hanya sendirian,

 

Utsman rela menginfakkan 3000 unta penuh makanan untuk perang Tabuk,

 

Abu Bakar hanya meninggalkan Allah dan Rasul-Nya untuk keluarganya…

 

Umar nekat berhijrah secara terang terangan,

 

Huzaifah berani mengambil tantangan untuk menjadi intel di kandang musuh,

 

Thalhah siap menjadi pagar hidup Rasul di Uhud, hingga 70 tombak mengenai tubuhnya,

 

Al Khansa’ merelakan anak2nya yang masih muda untuk berjihad,

 

Nusaibah yang walaupun dia wanita tapi tak takut turun ke medan perang,

 

Khadijah sang cintanya rasul siap memberikan seluruh harta dan jiwanya untuk islam, siap menenangkan sang suami di kala susah.. benar2 model istri shalihah

 

Atau mari kita bicara tentang : 📌Musa…mulutnya gagap tapi dakwahnya tak pernah pudar…

ummatnya seburuk-buruknya ummat, tapi proses menyeru tak pernah berhenti…

 

📌Nuh, 950 tahun menyeru hanya mendapat pengikut beberapa orang saja..bahkan

anaknya tak mengimaninya…

 

📌Ibrahim yang dibakar Namrud,

 

📌Syu’aib yang menderita sakit berkepanjangan tapi tetap

menyeru…

 

📌 Yunus, berdakwah selama 33th, hanya 2 org yg menyambut seruannya

 

📌 Yahya alayhis salam, yg dibunuh dg cara disembelih oleh kaumnya

 

📌 Zakaria juga digergaji tubuhnya….

 

📌Ismail yang rela disembelih ayahnya karena ini perintah Allah…

 

Deretan sejarah di atas adalah SEBAIK-BAIKnya guru dalam kehidupan kita…

 

Sekarang beranikah kita masih menyombongkan diri bersama jalan dakwah yang kita lakukan saat

ini,

mengatakan lelah padahal BELUM BANYAK MELAKUKAN APA APA …bahkan terkadang… kita datang menyeru dengan keterpaksaan, berat hati kita, TERKADANG MENOLAK AMANAH (untuk menjadi TELADAN)

 

Wallahu a’lam

Sumber: line/forum rohis DKI

Training Peningkatan Spritual

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

Assalamualaikum wr.wb Malam kawan-kawan semua….

Kali ini saya akan menceritakan sebuah pengalaman saya dalam acara kece punya anak Bidikmisi yaitu Training peningkatan Spritual Bidikmisi 2015 yang bekerja sama dengan UKKI,acara ini di selenggarakan tanggal 27-28 November 2015 di Masjid Ulul Albab(MUA)Univ Negeri Semarang.Sebuah acara untuk meningkatkan pengetahuan dan ahlak peserta bidikmisi melalui serangkaian acara.Nah pada acara itu ngapain aja sih?Kegiatan dimulai dengan melakukan salat isya berjamaah lalu di isi dengan materi bagaimana menjadi pemuda islam yang sukses,walaupun sudah termasuk malam tapi karena pemateri yang asik kita semua khususnya saya tidak mengantuk dan antusias terhadap acara tersebut,setelah itu kami beristirahat.Acara dilanjtkan kembali pukul 3.00 kami dibangunkan oleh panitia untuk melakukan salat tahajud dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran dan Subuh berjamaah.Setelah kami melakukan salat subuh dilanjutkan dengan materi terakhir yang disampaikan oleh Bapak Dekan baru Fakultas Teknik yaitu Bapak Nur Kudus ya walau banyak peserta yang mengantuk tetapi masih banyak mahasiswa yang dengan serius mendengarkan materi yang disampaikan.Acara pun berakhir sekitar pukul 05.30 dan Mahasiswa bidikmisipun dapat kembali ke kos masing-masing dngan insyallah membawa ilmu yang bermanfaat.

mungkin sebatas itu yang bisa saya ceritakan terima kasih telah membaca ostingan ku …

CINTA

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

Assalamuaalaikum wr.wb

Selamat malam minggu kawan-kawan ku walaupun sendiri jangan bersedih ya tetap semangat hehehe.Oh ya karena malam ini malam minggu saya akan membahas persoalan CINTA,ets tapi jangan negatif dulu CINTA yang akan saya bahas ini adalah cinta yang insyallah akan menghantarkan kita ke kebahagiaan akhir zaman yaitu surga nya  Allah SWT.

Cinta adalah satu kata berjuta makna yang mungkin setiap darikita memiliki definisi yang berbeda-beda,ada yang berkata bahwa cinta itu persoalan hati,ada juga yang berkata cinta itu adalah suatu hal manusiawi,dan banyak lagi lainya.Namun cinta yang hakiki adalah cinta terhadap Allah SWT dan segala ciptannya,cinta yang senantiasa membuat hidup kita bisa lebih berarti dan tidak ada kata sia-sia dalam melakukannya.Cinta yang ta perlu diubar namun sangat mendalam,cinta yang selalu dapat membuat semangat dalam melakukan setiap aktivitas dalam hidup ini,cinta yang tulus tampa ada alasan yang tersembunyi dibelakangnya.Ya itulah cinta terhadap agama,suatu rasa cinta terhadap agama yang senantiasa membuat kita selalu teringat hal-hal akhirat tidak hanya duniawi saja,cinta yang selalu membuat kita tenang dan nyaman walau keadaan sedang sulit,cinta yang nantinya dapat memberikan kita sosusi dari setiap masalah yang ada di dunia ini.Ya Cinta agama Allah cinta yang sejati,cinta yang menghantarkan kita terhadap kebahagiaan akhirat aminn…

oh ya mungkin hanya segitu postingan kali ini maaf kalau tidak jelas ya kawan hehehe…..,terimakasih

Jajanan Pasar

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized No Comments »

OKE Assalamualaikum wr.wb kawan kawan semua lanjut untuk materi atau postingan kali ini adalah tentang jajanan pasar jadi

Jajan pasar adalah nama lain dari kue-kue (biasanya kue basah) tradisional yang awalnya banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Belakangan, jajan pasar banyak juga dijual di mall-mall dengan booth khusus.

Saat ini, ditengah serbuan kuliner yang semakin modern, pesona kuliner jajan pasar tak pernah terpinggirkan. Rasa yang ‘original’ membuat jajanan ini tak pernah ditinggalkan orang-orang. Indonesia yang kaya akan warisan kulinernya bahkan memiliki ribuan lebih jenis kue-kue tradisionalnya.

Selain dijajakan di pasar tradisional/modern/bazzar, jajan pasar juga kerap kali kita temui di acara-acara pesta pernikahan, entah yang dilaksanakan di rumah, gedung atau hotel. Biasanya disebut dengan kue tampah karena disusun dengan rapi di atas tampah. Keunikan bentuk dan rasa yang khas untuk jajanan pasar membuat siapa saja suka untuk mengkonsumsinya.

Daya tahan dari jajanan pasar biasanya tidak berlangsung lama karena aslinya jarang yang memakai pengawet. Kebanyakan menggunakan santan kelapa untuk menambah cita rasa gurih. Pembuatan kue-kue ini juga rata-rata memakai bahan-bahan dan cara yang tradisional. Bahan baku utama seperti tepung beras, ketan, singkong, ubi dan kelapa adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat kue-kue tradisional.

Saya beri contoh satu yah, untuk pembuatan kue serabi. Salah satu bahan pembuatan serabi yaitu santan, dimasaknya pun di atas arang atau kayu bakar. Untuk kue tradisional, memang berbeda hasilnya ketika kita memasaknya menggunakan kayu bakar dibandingkan dengan kompor gas biasa. Perbedaan yang paling menyolok dari aromanya.

Sosis solo, lemper, bugis, semar mendem, arem-arem, kue cincin, cucur, lapis pepe, putri noong, kue jongkong, combro, talam, getuk lindri, lepet, wingko, clorot, dadar gulung, putu, apem, bika ambon, kue lumpur, ongol-ongol, pastel, putu mayang, kelepon, cenil, kue mangkok dan clorot adalah contoh-contoh jajanan pasar.

Jenis-jenis jajanan pasar

Dadar Gulung
Ada yang menyebut kalau Kue Dadar Gulung merupakan panganan khas Malaysia (Bahasa Melayu: Kuih Ketayap; Dialek Sabah: Kuih Lenggang). Dadar Gulung bisa digolongkan sebagai pancake yang diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula Jawa cair. Persis, isi dari Dadar Gulung (yang disebut unti) sama dengan isi dari Kue Bugis. Kulit dadar gulung bisa berwarna hijau karena diberi pewarna daun suji. Sekarang isi dari kue Dadar Gulung sudah bervariasi, ada yang mengisi dengan pisang, ada juga yang mengisi dengan nangka, atau bahkan keju. Kulitnya juga lebih bervariasi, aku pernah menemui Dadar Gulung yang berwarna pink, hoho.

Cucur
Kue Cucur merupakan makanan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan tepung beras, ada juga yang mencampur dengan gula Jawa sehingga warnanya menjadi kecoklatan. Kue cucur ini kalau dalam adat Betawi merupakan makanan wajib yang harus dihidangkan dalam acara adat. Kue cucur berbentuk lucu, seperti ufo, kkk, konon untuk membentuk seperti ini dibutuhkan keahlian khusus, katanya susah untuk bisa membuat bentuk kue cucur yang “sempurna”. Rasanya manis, kenyal, gurih, empuk di tengah dan renyah di pinggir.

Lemper
lemper, kue yang sering keluar saat khajatan kk. Lemper terbuat dari ketan yang biasanya diisi dengan daging ayam atau abon dan dibungkus dengan daun pisang. Dulu katanya karena harga daging mahal, mulanya lemper berisi daging kelapa muda yang dimasak layaknya serundeng. Nah, seiring perkembangan zaman, maka isinya pun diganti, ada yang daging ayam cincang, abon sapi, bahkan tuna cincang. Lemper yang terbuat dari ketan memiliki arti filosofis sebagai simbol persaudaraan. Hal ini didasari dari sifat ketan yang lengket (mencerminkan persaudaraan antar individu yang saling menyatu). Dalam acara khajatan, adanya lemper menunjukkan harapan akan datangnya rejeki. Lagi-lagi karena sifat ketan yang lengket, orang yang memiliki hajatan berharap akan datangnya rejeki yang akan menempel selama menggelar acara tersebut. Di daerah Wonokromo, Bantul, lemper hadir dalam upacara adat Rebo Pungkasan, setiap bulan Jawa Suro, di mana uniknya, menghadirkan lemper dengan ukuran raksasa 2 x 2,5 meter. Ada beberapa variasi lemper yang sudah dikenal banyak orang, yaitu semar mendem dan arem-arem.

Kue lapis
Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.
Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

Pastel
Pastel merupakan makanan yang tidak asing buat sebagian besar penduduk Indonesia,bahkan di Luar Negeri juga ada loh pastel.
Ada beberapa jenis pastel,pastel kering,pastel basah,pastel tutup.Isinya pun beraneka ragam,tergantung selera dari si pembuatnya.
Risoles
hampir mirip dengan kroket,hanya ini memiliki kulit pembungkus,isinya hampir sama dengan kroket.

KUE LUMPUR

Kue ini bertekstur lembutnya dengan aroma pandan dan vanili yang menjadi kelebihan utama kudapan ini sehingga banyak digemari. Konon, nama kue ini berasal dari teksturnya yang sangat lembut dan halus seperti lumpur.

sumber : berwirausaha.com

Lewat ke baris perkakas