Mengenal KOMPUTER Jaringan

Posted by: Agung Gunawan in Uncategorized Add comments

Assalamualaikum wr.wb kawan kawan semua di hari jumat berkah ini saya akan berbagi ilmu atau artikel berkaitan dengan Komputer yaitu Jaringan komputer oke awalnya mari kita mengenal komputer

pertama tama kita mengenal komputer berdasarkan Ukuran/Kemampuan

  1. Mainframe computer

Komputer berukuran besar yang memiliki kemampuan besar. Bisa dioperasikan oleh banyak orang/user pada saat bersamaan. adalah komputer digunakan terutama oleh organisasi perusahaan dan pemerintah untuk aplikasi kritis, pengolahan data massal seperti sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan proses transaksi.

Istilah ini awalnya mengacu pada lemari besar yang disebut “frame utama” yang menampung central processing unit dan memori utama komputer awal.Kemudian, istilah ini digunakan untuk membedakan mesin komersial high-end dari unit kurang kuat. Sebagian besar arsitektur sistem komputer berskala besar didirikan pada tahun 1960,dan masih terus berkembang.

  1. Mini computer

Komputer berukuran sedang yang memiliki kemampuan besar. Bisa dioperasikan oleh banyak orang/user pada saat bersamaan. adalah kelas komputer yang lebih kecil yang berkembang di pertengahan 1960-an dan dijual untuk jauh lebih sedikit daripada mainframe dan mid-size komputer dari IBM dan pesaing langsung. Dalam sebuah survei 1970, New York Times menyarankan definisi konsensus dari komputer mini sebagai mesin biaya kurang dari 25.000 USD, dengan perangkat input-output seperti teleprinter dan setidaknya 4K kata memori, yang mampu menjalankan program di bahasa tingkat tinggi, seperti Fortran atau BASIC kelas terbentuk. kelompok yang berbeda dengan arsitektur perangkat lunak sendiri dan sistem operasi. Minis dirancang untuk kontrol, instrumentasi, interaksi manusia, dan beralih komunikasi yang berbeda dengan perhitungan dan pencatatan. Banyak yang dijual langsung ke Original Equipment Manufacturers (OEM) untuk aplikasi penggunaan akhir akhir. Selama masa dua dekade kelas komputer mini (1965-1985), hampir 100 perusahaan yang dibentuk dan hanya setengah lusin tetap.

  1. Personal computer (komputer perorangan)

Merupakan mikro komputer berukuran kecil berkemampuan terbatas, dan hanya dapat dioperasikan oleh satu orang. Sebuah komputer pribadi (PC) adalah sebuah komputer keperluan umum, yang ukurannya, kemampuan dan harga penjualan asli membuatnya berguna bagi individu, dan dimaksudkan untuk dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir tanpa campur tangan operator komputer. Ini kontras dengan batch processing atau time-sharing model yang memungkinkan lebih besar, lebih mahal komputer mini dan mainframe sistem yang akan digunakan oleh banyak orang, biasanya pada saat yang sama. Besar sistem pengolahan data membutuhkan staf penuh-waktu untuk beroperasi secara efisien.

Berdasarkan cara pengoperasian

  1. Stand alone PC

PC yang hanya dapat mengakses resources yang terdapat pada dirinya sendiri

  1. Networked PC

PC yang terhubung ke suatu jaringan, sehingga mengakses network/network shared resources dan dapat pula melakukan sharing agar bisa diakses oleh orang lain lansung dari komputernya masing-masing melalui jaringan.

Sebuah node diskless (atau diskless workstation) adalah workstation atau komputer pribadi tanpa disk drive, yang mempekerjakan boot jaringan untuk memuat sistem operasi dari server. (Komputer juga dapat dikatakan bertindak sebagai node diskless, jika disk yang tidak terpakai dan boot jaringan digunakan.)

Node diskless (atau komputer yang bertindak seperti itu) kadang-kadang dikenal sebagai jaringan komputer atau klien hybrid. Hybrid klien mungkin baik hanya berarti simpul diskless, atau dapat digunakan dalam arti yang lebih khusus berarti node diskless yang menjalankan beberapa, tapi tidak semua, aplikasi jarak jauh, seperti dalam arsitektur komputasi thin client.

MACAM-MACAM JARINGAN

  1. Berdasarkan jumlah/banyaknya komputer yang saling berhubungan
    1. Peer to peer

Dua komputer yang berhubungan lansung.

Peer-to-peer (P2P) komputasi atau jaringan adalah arsitektur aplikasi terdistribusi yang partisi tugas atau beban kerja antara rekan-rekan. Peer sama-sama istimewa, peserta equipotent dalam aplikasi. Mereka dikatakan membentuk jaringan peer-to-peer node.

Peers membuat sebagian dari sumber daya mereka, seperti kekuatan pemrosesan, penyimpanan disk atau bandwidth jaringan, langsung tersedia untuk peserta jaringan lain, tanpa memerlukan koordinasi pusat dengan server atau host yang stabil.Peer keduanya pemasok dan konsumen sumber daya, berbeda dengan model client-server tradisional di mana konsumsi dan pasokan sumber daya dibagi. Muncul sistem P2P kolaboratif akan melampaui era rekan-rekan melakukan hal yang sama sambil berbagi sumber daya, dan mencari beragam rekan-rekan yang bisa mendatangkan sumber daya yang unik dan kemampuan untuk komunitas virtual sehingga pemberdayaan untuk terlibat dalam tugas-tugas yang lebih besar di luar mereka yang dapat dicapai oleh rekan-rekan masing-masing, namun yang bermanfaat bagi semua rekan-rekan.

  1. LAN (Local area network)

Jaringan yang terdiri atas tiga atau lebih komputer, akan tetapi masih terbatas pada satu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan

Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam wilayah terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, atau gedung perkantoran, menggunakan media jaringan. Karakteristik yang menentukan LAN, berbeda dengan wide area jaringan (WAN), termasuk area yang lebih kecil geografis mereka, dan non-masuknya jaringan telekomunikasi leased.

 

ARCNET, Token Ring dan standar teknologi lainnya telah digunakan di masa lalu, tetapi Ethernet lebih dari twisted pair kabel, dan Wi-Fi adalah dua teknologi yang paling umum saat ini digunakan untuk membangun LAN.

  1. MAN (Metropolitan area network)

Jaringan komputer yang mencakup areal satu kota/kota metropolitan

MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari LAN, mulai dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi kecepatan data sedang hingga tinggi. MAN mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi, tetapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. Mereka akan sering memberikan sarana untuk jaringan antar jaringan lokal.

  1. WAN (Wide area network)

Jaringan komputer yang mencakup areal antar pulau. Pada jaringan ini, media komukasi datanya, menggunakan jasa telekomunikasi atau satelite.

Sebuah jaringan area luas (WAN) adalah jaringan yang mencakup area yang luas (yaitu, jaringan telekomunikasi apapun yang menghubungkan melintasi batas-batas metropolitan, regional, nasional maupun internasional) menggunakan jalur telekomunikasi yang disewa. Bisnis dan pemerintah entitas memanfaatkan WAN untuk relay data antara karyawan, klien, pembeli, dan pemasok dari berbagai lokasi geografis. Pada dasarnya, ini modus telekomunikasi memungkinkan bisnis untuk secara efektif melaksanakan fungsi sehari-hari yang terlepas dari lokasi. Internet dapat dianggap sebagai WAN juga, dan digunakan oleh bisnis, pemerintah, organisasi, dan individu untuk hampir semua tujuan

  1. Internet (Inter connected network)

Internet adalah sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk menghubungkan beberapa miliar perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan internasional dari jaringan yang terdiri dari jutaan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan packet switched jaringan pemerintah, dihubungkan oleh sebuah array yang luas dari elektronik, nirkabel, dan teknologi jaringan optik. Internet membawa berbagai pilihan sumber daya informasi dan layanan, seperti dokumen hypertext antar-link dan aplikasi dari World Wide Web (WWW), infrastruktur untuk mendukung email, dan peer-to-peer jaringan untuk berbagi file dan telepon.

  1. Berdasarkan sistem pemasangan kabel (topology jaringan)
    1. Point to point

Hubungan komputer ke komputer langsung melalui serial/paralel port.

Topologi yang paling sederhana dengan link permanen antara dua endpoint. Switched point-to-point topologi adalah model dasar dari telepon konvensional. Nilai dari jaringan point-to-point permanen komunikasi tanpa hambatan antara dua titik akhir. Nilai koneksi on-demand point-to-point sebanding dengan jumlah pasangan calon pelanggan dan telah dinyatakan sebagai Hukum Metcalfe.

  1. Bus

Hubungan dari satu komputer ke komputer dan dilanjut ke komputer berikutnya, dan seterusnya. Setiap komputer terhubung lansung ke dua komputer disebelahnya, kecuali komputer pertama dan terakhir, yang hanya terhubung ke satu komputer.

  1. Ring

Hubungan dari satu komputer ke komputer dan dilanjut ke komputer berikutnya, dan seterusnya. Setiap komputer terhubung lansung ke dua komputer disebelahnya, sehingga membentuk suatu lingkaran.

Sebuah topologi jaringan yang sudah diatur dalam mode melingkar di mana data perjalanan sekitar ring dalam satu arah dan setiap perangkat pada cincin bertindak sebagai repeater untuk menjaga sinyal yang kuat karena perjalanan. Setiap perangkat menggabungkan penerima untuk sinyal masuk dan pemancar untuk mengirim data ke perangkat berikutnya dalam ring. Jaringan tergantung pada kemampuan sinyal untuk melakukan perjalanan di sekitar ring. Bila perangkat mengirimkan data, harus melakukan perjalanan melalui masing-masing perangkat pada cincin sampai mencapai tujuan. Setiap simpul adalah link kritis [4] Dalam topologi ring, tidak ada yang hadir komputer server.; semua node bekerja sebagai server dan ulangi sinyal. Kerugian dari topologi ini adalah bahwa jika satu node berhenti bekerja, seluruh jaringan dipengaruhi atau berhenti bekerja.

 

  1. Star

Pada jaringan ini, setiap komputer terhubung lansung ke suatu alat yang disebut dengan Hub/Switch.

Dalam jaringan area lokal dengan topologi star, setiap host jaringan terhubung ke hub sentral dengan koneksi point-to-point. Dalam topologi bintang setiap simpul (workstation komputer atau perangkat lain) yang terhubung ke node yang disebut hub pusat atau switch. Switch adalah server dan peripheral klien. Jaringan tidak perlu harus menyerupai bintang harus diklasifikasikan sebagai jaringan bintang, tetapi semua node pada jaringan harus terhubung ke satu perangkat sentral. Semua lalu lintas yang melintasi jaringan melewati hub pusat. Hub bertindak sebagai repeater sinyal. Topologi star dianggap topologi termudah untuk merancang dan mengimplementasikan. Keuntungan dari topologi star adalah kesederhanaan menambahkan node tambahan. Kerugian utama dari topologi star adalah bahwa hub merupakan titik tunggal kegagalan

  1. Extended star

Merupakan gabungan dari dua atau lebih jaringan star.

Jenis topologi jaringan di mana jaringan yang didasarkan pada topologi bintang fisik memiliki satu atau lebih repeater antara node pusat (hub ‘dari bintang) dan perifer atau’ berbicara ‘node, repeater yang digunakan untuk memperpanjang jarak transmisi maksimum hubungan antara simpul pusat dan node perifer di luar itu point-to-point yang didukung oleh kekuatan pemancar dari node pusat atau di luar itu yang didukung oleh standar yang di atasnya lapisan fisik dari fisik jaringan bintang didasarkan.

Jika repeater dalam jaringan yang didasarkan pada topologi extended star fisik diganti dengan hub atau switch, maka topologi jaringan hibrida dibuat yang disebut sebagai topologi bintang hirarkis fisik, meskipun beberapa teks tidak membuat perbedaan antara dua topologi .

 

  1. Hiracical
  2. Mesh

Jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan point to point.

Sebuah jaringan yang terhubung sepenuhnya adalah jaringan komunikasi di mana setiap node terhubung satu sama lain. Dalam teori graf itu dikenal sebagai graf lengkap. Sebuah jaringan terhubung sepenuhnya tidak perlu menggunakan switching atau penyiaran. Namun, kelemahan utama adalah bahwa jumlah koneksi tumbuh kuadratik dengan jumlah node, sesuai rumus

c = \ frac {n (n-1)} {2}. \,

dan sehingga sangat tidak praktis untuk jaringan besar. Sebuah jaringan dua-simpul secara teknis jaringan sepenuhnya terhubung.

  1. Berdasarkan security system
    1. Workgroup

Jaringan komputer yang belum dilengkapi dengan security system, sehingga setiap shared resources pada suatu komputer dapat diakses oleh semua orang/user secara bebas. Pada jaringan ini, semua komputer di dalam jaringan berkedudukan sama, yaitu sebagai workstation.

Workgroup adalah istilah Microsoft untuk jaringan area peer-to-peer lokal. Komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft dalam workgroup yang sama dapat berbagi file, printer, atau koneksi Internet.Workgroup kontras dengan domain, di mana komputer mengandalkan otentikasi terpusat.

  1. Domain

Jaringan komputer yang sudah dilengkapi dengan security system, sehingga sharing resources pada suatu komputer dapat dilalakukan secara bervariasi/bertingkat. Pada jaringan ini, minimal harus ada satu komputer yang berfungsi sebagai server/domain controler. Server ini lah yang akan mengatur sharing resources dan melakukan proses autentikasi pada saat user hendak mengakses.

Sebuah domain Windows adalah bentuk jaringan komputer di mana semua akun pengguna, komputer, printer dan kepala keamanan lainnya, terdaftar dengan database pusat (disebut layanan direktori) terletak pada satu atau sekelompok komputer pusat yang dikenal sebagai pengontrol domain. Otentikasi terjadi pada pengontrol domain. Setiap orang yang menggunakan komputer dalam domain menerima account pengguna unik yang kemudian dapat diberikan akses ke sumber daya dalam domain. Dimulai dengan Windows 2000, Active Directory adalah komponen Windows yang bertugas menjaga bahwa database pusat. Konsep Windows domain ini berbeda dengan yang dari workgroup di mana setiap komputer memelihara database sendiri kepala keamanan.

 

  1. Berdasarkan jenis media yang digunakan
    1. Wired network

Jaringan yang menggunakan kabel sebagai media komunikasi datanya.

  1. Wireless netwok

Jaringan tanpa kabel, yang menggunakan teknology wifi sebagai media komunikasi datanya.

Sebuah jaringan nirkabel adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan koneksi data nirkabel untuk menghubungkan node jaringan.

Jaringan nirkabel adalah metode yang rumah, jaringan telekomunikasi dan perusahaan (bisnis) instalasi menghindari proses mahal dari kabel memperkenalkan ke dalam gedung, atau sebagai koneksi antara berbagai lokasi peralatan.telekomunikasi nirkabel jaringan umumnya dilaksanakan dan dikelola dengan menggunakan radio komunikasi. Implementasi ini terjadi pada tingkat fisik (lapisan) dari struktur jaringan model OSI.

Contoh jaringan nirkabel termasuk jaringan telepon seluler, jaringan lokal Wi-Fi dan jaringan microwave terestrial.

HARDWARE YANG DIBUTUHKAN

  1. Topology Bus/Ring
    1. NIC (Network interface card) dengan BNC port.

Sebuah network interface card (NIC, juga dikenal sebagai kartu antarmuka jaringan, adapter jaringan, LAN adapter, dan dengan istilah yang serupa) adalah komponen perangkat keras komputer yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer.

 

Kontroler antarmuka jaringan awal yang biasanya diterapkan pada kartu ekspansi yang terhubung ke bus komputer; biaya rendah dan ubiquity dari standar Ethernet berarti bahwa kebanyakan komputer baru memiliki antarmuka jaringan yang dibangun dalam motherboard.

  1. Kabel coaxial

Dalam komunikasi dan teknik elektronik, saluran transmisi adalah kabel khusus atau struktur lain yang dirancang untuk membawa arus bolak-balik frekuensi radio, yaitu, arus dengan frekuensi yang cukup tinggi bahwa sifat gelombang mereka harus diperhitungkan. Jalur transmisi yang digunakan untuk tujuan seperti menghubungkan radio pemancar dan penerima dengan antena mereka, mendistribusikan sinyal televisi kabel, trunklines routing panggilan telepon antara pusat switching, koneksi jaringan komputer, dan komputer kecepatan tinggi bus data.

 

  1. BNC connector

The BNC (Bayonet Neill Concelman-atau bayi N Connector) konektor adalah untuk menghubungkan / melepaskan konektor frekuensi radio cepat miniatur digunakan untuk kabel koaksial. Ini fitur dua lugs bayonet pada konektor perempuan; kawin sepenuhnya dicapai dengan seperempat pemutaran mata sambungan. Konektor BNC digunakan dengan kabel miniatur-to-miniatur koaksial di radio, televisi, dan peralatan elektronik frekuensi radio lainnya, instrumen tes, dan sinyal video. The BNC umumnya digunakan dengan jaringan komputer 10BASE2. Konektor BNC dibuat untuk mencocokkan impedansi karakteristik kabel baik di 50 ohm atau 75 ohm. Mereka biasanya diterapkan untuk frekuensi di bawah 4 GHz dan tegangan di bawah 500 volt.

Konektor Mirip menggunakan prinsip bayonet koneksi ada, dan sebuah konektor berulir juga tersedia. Amerika Serikat standar militer MIL-PRF-39012 Konektor berjudul, Coaxial, Frekuensi Radio, General Spesifikasi (sebelumnya MIL-C-39012) meliputi persyaratan umum dan tes untuk konektor frekuensi radio yang digunakan dengan kabel fleksibel dan jenis tertentu lainnya jalur transmisi koaksial di militer, kedirgantaraan, dan aplikasi spaceflight.

  1. BNC Tee connector
  2. BNC terminator
  3. Repeater (jika komputernya banyak, atau ada satu komputer yang berjarak sangat jauh)
  1. Star/Extended Star
    1. NIC dengan RJ45 port
    2. Kabel UTP

Twisted pair adalah jenis kabel di mana dua konduktor dari sirkuit tunggal memutar bersama-sama untuk tujuan membatalkan interferensi elektromagnetik (EMI) dari sumber eksternal; misalnya, radiasi elektromagnetik dari unshielded twisted pair (UTP) kabel, dan crosstalk antara pasangan tetangga. Hal ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell.

  1. RJ45 connector

Konektor Modular adalah nama yang diberikan untuk keluarga konektor listrik awalnya digunakan di kabel telepon dan sekarang digunakan untuk tujuan lainnya. Banyak aplikasi yang awalnya menggunakan bulkier, konektor lebih mahal sekarang bermigrasi ke konektor modular. Mungkin aplikasi yang paling terkenal dari konektor modular adalah untuk jack telepon dan jack Ethernet, yang keduanya hampir selalu konektor modular.

 

  1. Hub/Switch

Sebuah switch jaringan (kadang-kadang dikenal sebagai hub switching) adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat bersama-sama pada jaringan komputer, dengan menggunakan bentuk packet switching untuk meneruskan data ke perangkat tujuan. Sebuah switch jaringan dianggap lebih maju daripada hub karena switch hanya akan maju pesan ke satu atau beberapa perangkat yang harus menerima itu, daripada penyiaran pesan yang sama dari masing-masing port.

  1. Wireless network
    1. Wireless LAN card atau wireless adapter
    2. Access point

Dalam jaringan komputer, akses nirkabel Titik (AP) adalah perangkat yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan Wi-Fi, atau standar terkait. AP biasanya terhubung ke router (melalui jaringan kabel) sebagai perangkat mandiri, tetapi juga dapat menjadi komponen integral dari router itu sendiri.

SOFTWARE/PERANGKAT LUNAK YANG DIBUTUHKAN

  1. Driver NIC/LAN card
  1. Networking software
    1. Client software

Komponen networking software yang berfungsi untuk mengakses network resources, seperti network shared folder, network printer atau network shared printer.

Contoh: Client for microsoft network (client software untuk mengakses resources pada jaringan dengan platform microsoft)

    1. Service software

Komponen networking software yang berfungsi untuk melakukan sharing resources, seperti folder atau printer.

Contoh: File and printer sharing for microsoft network (yang memungkinkan kita untuk melakukan sharing folder atau printer pada jaringan dengan platform microsoft network.

    1. Protokol

Komponen networking software yang fungsi untuk mengatur ID number setiap komputer yang terhubung kedalam jaringan, yang sekaligus merupakan bahasa komunikasi antar komputer didalam jaringan.

Contoh:

  • Netbios (windows network)
  • NetbeUI (windows network)
  • IPX/SPX (Unix/Xenix, Novel netware, Linux)
  • internet protokol (TCP/IP)

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Lewat ke baris perkakas