WhatsApp Web : Cara Agar Tetap Terhubung Tanpa Barcode

Ketahui dulu pro dan kontra WA Web sebelum menggunakannya. Pasti ada kerugian di balik keuntungan praktisnya. Lihat itu!

wa-web

WhatsApp adalah salah satu aplikasi obrolan paling populer di dunia. Aplikasi ini tersedia untuk Android, iPhone untuk pengguna desktop. Versi desktopnya sendiri terdiri dari aplikasi yang perlu diinstal dan WA Web.

Ada beberapa alasan mengapa pengguna lebih memilih WhatsApp Web daripada menginstal aplikasi. Di sisi lain, menggunakan versi web juga memiliki kekurangannya sendiri. Beberapa orang bermasalah dengan itu sementara yang lain mengabaikannya.

Keuntungan dari WhatsApp Web

1. Lebih nyaman saat mengirim file

Keunggulan pertama terkait dengan kepraktisan penggunaannya. Saat Anda terhubung ke versi web, akan lebih mudah untuk berbagi file penting. Pengguna hanya perlu menarik dan melepas file yang perlu dikirim melalui PC atau laptop mereka.

Hal semacam ini sangat nyaman dan memotong waktu. Bayangkan seorang pengguna ingin mengirim file dalam jumlah besar. Pengguna harus mencarinya dan melakukan seleksi terlebih dahulu kemudian mengirimkannya melalui aplikasi WA.

Versi web memungkinkan pengguna untuk memilih langsung dengan mouse atau jika semua orang dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + A. Kemudian cukup seret dan jatuhkan file ke tab web WhatsApp dan masukkan. Pastikan Anda memiliki koneksi yang cukup untuk segera mengirim file.

2. Meningkatkan produktivitas

Sebagian besar karyawan di Indonesia masih mengandalkan WhatsApp sebagai aplikasi chat utama untuk berkomunikasi meski sedang bekerja. Saat Anda terhubung ke Internet, Anda tidak perlu memeriksa ponsel Anda lagi.

Apalagi jika penggunanya adalah orang yang sangat produktif dan sering berkomunikasi melalui WA. Pengguna dapat membalas pesan atau mengirim file lebih cepat dan meningkatkan produktivitas kerja. Di sisi lain, ini juga menghemat waktu dan dapat digunakan untuk melakukan tugas lain.

3. Tidak perlu menginstal aplikasi tambahan

Seperti yang diketahui banyak orang, WhatsApp juga tersedia sebagai versi desktop, tetapi Anda harus mengunduh dan menginstalnya. Kelebihan dari website WA ini adalah pengguna tidak perlu khawatir dengan penginstalannya, cukup mengunjungi website resminya saja.

Hanya dengan memindai barcode, pengguna dapat membuat koneksi antara WA di ponsel dan internet. Banyak orang menyukai kenyamanan ini karena membantu meningkatkan produktivitas. Selain itu, tidak perlu menyiapkan ruang kosong untuk pemasangan.

4. Bisa log off dari jarak jauh

Manfaat selanjutnya adalah versi web ini dapat dikontrol secara manual. Ini mempengaruhi keluar atau keluar dari versi web. Saat menghubungkan ke versi web, pengguna diminta untuk memindai kode batang. Setelah pendaftaran berhasil, itu akan dicatat di ponsel.

Dengan data yang terekam ini, pengguna dapat keluar dari jarak jauh. Ini sangat penting agar orang tidak menyalahgunakan akun WA. Keluar dari situs web WhatsApp menggunakan ponsel sangatlah mudah:

• Buka aplikasi WA pada ponsel yang telah terhubung sebelumnya.
• Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu web WhatsApp.
• Halaman baru akan terbuka yang menampilkan riwayat login web WhatsApp yang tidak terpakai.
• Sekarang klik saja pada menu Logout di bagian bawah dan konfirmasikan dengan Yes / OK.

5. Cocok untuk mengirim pesan panjang

Versi web WhatsApp sangat cocok untuk mengirim pesan panjang. Bayangkan seorang pengguna ingin menjelaskan sesuatu secara detail tetapi mengetik di ponsel. Tentunya ini membutuhkan waktu yang lama dan kesalahan pengetikan bisa saja terjadi. Ada alternatif lain yang bisa dijelaskan dengan panggilan suara, tapi terkadang saya masih kurang paham.

Saat terhubung ke versi web, pengguna dapat mengetik lebih cepat dan meminimalkan kesalahan pengetikan. Apalagi jika ingin melihat teks yang Anda masukkan, ini juga lebih mudah dan terlihat lebih lebar. Saat mengetik di ponsel, Anda harus menggulir secara perlahan.

 

Kekurangan WA Web

1. Kedua perangkat harus online

Salah satu syarat agar keduanya dapat terkoneksi adalah keduanya harus online atau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika ponsel Anda tidak memiliki jaringan, pesan Anda tidak akan disinkronkan dengan benar. Kondisi ini juga berlaku sebaliknya.

Jadi pastikan WA sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil di ponsel atau di internet. Ada beberapa kasus ketika keduanya memiliki jaringan yang stabil, tetapi sering kali tersambung kembali secara otomatis. Solusi untuk masalah ini adalah:

• Keluar dulu.
• Bersihkan data browser atau cache.
• Lakukan pembersihan cache di telepon.
• Hubungkan kembali WA seluler ke web.

2. Panggilan video / audio tidak didukung

Versi seluler WA sudah mendukung panggilan video atau audio. Namun kedua fungsi tersebut tidak mendukung versi webnya, walaupun laptop atau PC sudah memiliki webcam. Artinya, ketika panggilan telepon atau video masuk, itu harus dijawab menggunakan telepon seluler.

Beberapa orang tidak keberatan karena menampilkan kedua fitur ini di versi web dapat memengaruhi kinerja. Di sisi lain, beberapa orang benar-benar merasa terbantu jika kedua fitur ini ditampilkan dalam versi web.

3. Pengaturan web tidak dapat diubah

Kekurangan WA Web selanjutnya adalah pengaturan pengunduhan media tidak bisa disesuaikan. Artinya, media umum seperti gambar dan video biasanya diunduh secara otomatis. Namun, beberapa file media lain seperti video dan gambar tidak dapat diubah.

4. Hanya dapat digunakan pada 1 tab browser

Pada dasarnya, situs web WhatsApp hanya dapat masuk ke tab browser. Saat pengguna log in ke browser atau tab baru, WA secara otomatis akan keluar dari tab sebelumnya. Namun, sebelum itu, Anda akan melihat opsi apakah akan membuka WA di tab baru atau di tab sebelumnya.

Jika Anda menggunakan tab sebelumnya, tab baru tidak akan menampilkan halaman WhatsApp. Sebaliknya, tab lama akan tertutup secara otomatis jika Anda ingin membukanya di tab baru. Hal seperti itu biasa terjadi pada pengguna yang menggunakan WA untuk penjualan.

5. Konsumsi baterai tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumsi daya untuk WhatsApp sangat tinggi, apalagi saat koneksi di ponsel menggunakan data dan versi web dibuka dengan laptop. Kedua perangkat ini, yang harus selalu online, mengkonsumsi lebih banyak listrik.

Namun, kondisi ini tidak berlaku saat pengguna menghubungkannya ke komputer. Hanya saja menguras baterai ponsel cukup boros. Salah satu solusinya adalah mengganti konektivitas ponsel Anda dengan WiFi dan meminimalkan penggunaan data.

6. Tidak semua browser mendukungnya

Terakhir, dan mungkin tidak diketahui banyak orang, versi web ini belum mendukung semua browser. Artinya hanya browser tertentu yang dapat mengaksesnya. Selama ini browser yang bisa diakses adalah Opera, Mozilla, Chrome hingga Safari.

Jika pengguna menggunakan browser selain yang disebutkan sebelumnya, mereka tidak akan dapat mengakses web WhatsApp ini. Browser yang digunakan juga minimal ada satu versi baru atau minimal lima versi dibawah versi terbaru agar stabil.

Mengetahui pro dan kontra WA Web pada akhirnya tidak mengurangi pengguna. Di sisi lain, masih banyak orang yang mengandalkan aplikasi WA dan versi web ini untuk membantu banyak pekerjaan. Yang utama adalah mereka yang menggunakan WA untuk keperluan bisnis.

 

Referensi :

  1. wa web
  2. wa web
  3. GB WhatsApp Pro
  4. kinemaster
  5. wa mod
  6. fmwhatsapp
  7. Cara Setting Print Kertas Ukuran F4
  8. GB WhatsApp
  9. https://www.rentalmobillampung.co.id/
  10. psiphon pro

Comments are closed.


Skip to toolbar