Wisata Alam Konservasi

kunci

Wisata alam merupakan salah satu sarana rekreasi yang sangat menarik dikalangan pecinta alam, begitu pun untuk kalangan umum. Wisata alam merupakan sarana untuk merefresh pikiran dengan biaya yang terjangkau. Banyak wisata alam yang bisa kita temui di indonesia, mulai dari pantai, pegunugan, laut yang indah dan lain sebagainya. Kita tinggal memilih suasana apa yang kita inginkan untuk berekreasi.Namun kali ini saya akan membahas mengenai wisata alam konservasi di daerah asal saya yaitu di kecamatan kecil di kabupaten Cilacap. Tepatnya yaitu di desa Penyarang Kecamatan Sidareja. Di daerah asal saya terdapat banyak wisata alam yang menarik seperti air terjun. Tidak hanya terbatas pada air terjun, di daerah tersebut tedapat banyak tempat yang cocok untuk menikmati sunset karena wilayahnya yang terletak pada daerah pegunungan.

Kenapa saya sebut daerah saya sebagai tempat wisata alam konservasi??? Mungkin ada dari sekian pembaca yang bisa menebaknya. Namun lebih baik saya jelaskan kenapa daerah saya disebut sebagai wisata alam konservasi. Alasan kenapa saya menyebut daerah saya sebagai tempat wisata alam konservasi, yaitu karena di tempat wisata tersebut terdapat upaya-upaya pelestarian lingkungan. Sebagai contoh yaitu adanya prinsip menebang satu pohon harus mengganti 2 bibit pohon di wilayah sekitar air terjun, hal itu ditujukan agar kondisi tanah di sekitar sungai/air terjun tetap baik dan air di sungai tersebut tetap terjaga.

Selain itu, di wilayah hutan di tempat saya juga banyak yang cocok digunakan untuk menikmati indahnya sunset, apalagi untuk kalangan muda-mudi yang gemar untuk berfoto atau selfie. Di wilayah hutan tersebut sangat dijaga kelestariannya, meskipun wilayah tersebut sering di jamah oleh wisatawan lokal namun tempatnya tetap bersih dan terbebas dari sampah yang berserakan karena selalu disediakan tempat sampah. Itu merupakan salah satu upaya dari warga sekitar yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Mungkin sekian yang dapat saya explore mengenai tempat wisata di daerah saya, alangkah lebih baik bila mengunjungi sendiri ke tempat wisata di daerah saya agar bisa lebih mengenal dan bisa menikmati keindahan alam.

penyarang

Cintai daerah sendiri.

Kembangkan potensi yang ada agar dapat di maksimalkan.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: