MENERAPKAN PERILAKU KONSERVASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Salam Konservasi….

Pada postingan sebelumnya, saya selalu membahas hal yang berkaitan dengan konservasi. Begitupun dengan postingan kali ini yang juga akan membahas tentang konservasi, lebih tepatnya yaitu perilaku konservasi. Mungkin muncul pertanyaan di benak saudara semua mengenai perilaku konservasi. Maka dari itu saya akan membahas sedikit mengenai perilaku konservasi.

Perilaku konservasi merupakan tindakan atau kegiatan dalam upaya pelestarian lingkungan alam. Dalam artian tindakan nyata yang dilakukan untuk melestarikan alam. Perilaku konservasi sangat penting untuk kita terapkan dalam rangka menjaga kelestarian alam. Karena kseperti yang suadara ketahui bahwa kondisi alam ini dalam keadaan kritis. Banyak tindakan yang dapat kita lakukan sebagai wujud dari perilaku konservasi, baik dilakukan secara individu, kelompok, organisasi atau bahkan instansi. Mulai dari hal sederhana sampai yang membutuhkan banyak usaha. Sebagai contoh tindakan sederhana yang dapat dilakukan secara individu sebagai wujud perilaku konservasi adalah membuang sampah pada tempatnya. Meskipun membuang sampah dianggap sebagai hal sepele, namun apabila semua orang membuang sampah secara sembarangan maka akan menimbulkan dampak negatif sampai terjadinya bencana alam seperti banjir. Maka dari itu, mulailah bangun kesadaran dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya.

Kemudian contoh lain dari perilaku konservasi yaitu penanaman pohon di lahan yang tandus dan rawan bencana banjir dan tanah longsor. Selain itu, penanaman pohon juga dapat dilakukan ketika ada penebangan terhadap pohon yang usianya tua dan diganti dengan menanam bibit baru. Setiap menebang 1 pohon, minimal harus ada 2 bibit pohon yang kita tanam. Hal itu ditujukan agar keseimbangan alam tetap terjaga. Sebenarnya masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam upaya mewujudkan perilaku konservasi. Namun kiranya walau hanya 2 perilaku konservasi yang saya jelasakan namun itu akan benar-benar bermanfaat dan dapat kita rasakan dampak positifnya apabila benar-benar dilakukan.

Contoh perilaku konservasi di atas dapat dilakukan oleh siapapun dan di wilayah manapun, baik secara individu maupun secara bersama. Maka dari itu, mulailah kita tingkatkan kesadaran pada diri kita masing-masing untuk menerapkan perilaku konservasi di dalam kehidupan kita, agar alam yang kita tinggali bersama dapat terjaga kelestariannya.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: