BEASISWA YANG TAK SEHARUSNYA

Beasiswa merupakan bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa dengan beberapa syarat dan ketentuan. Beasiswa dapat berupa beasiswa prestasi atau beasiswa kurang mampu. Dalam hal ini saya akan sedikit membahas mengenai beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa kurang mampu, lebih tepatnya yaitu BIDIKMISI. Bidikmisi merupakan beasiswa atau bantuan kepada mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang akademik tetapi kurang mampu dalam bidang ekonomi. Bidikmisi sangat membantu kepada mereka (termasuk saya) yang kondisi ekonominya termasuk dalam golongan bawah. Dengan adanya bidikmisi, semua anak yang memiliki kemampuan di bidang akademik tetapi tidak pada hal ekonomi dapat merasakan indahnya bangku perkuliahan. Namun yang sangat disayangkan adalah ketika bidikmisi jatuh pada orang yang tidak tepat. Dalam artian bidikmisi yang diberikan tidak pada orang yang benar – benar layak menerima.
Ketidaktepatan penerima bidikmisi merupakan masalah yang mungkin sudah lama menjamur di dunia perkuliahan. Banyak mahasiswa yang sebenarnya memiliki kemampuan yang cukup dalam bidang ekonomi namun tetap mendapatkan bidikmisi. Hal itu menjadi pertanyaan besar dari berbagai pihak termasuk saya. Apa yang menjadi dasar mereka menerima bidikmisi sedangkan mereka sebenarnya termasuk dalam golongan orang – orang mampu. Penampilan menarik, pakaian nyentrik, kendaraan bagus, smartphone canggih, apakah itu yang menjadi pertimbangan bagi mereka yang menerima bidikmisi. Sedangkan disisi lain, masih banyak anak yang memang benar – benar tidak mampu dan benar – benar membutuhkan bidikmisi untuk melanjutkan pendidikan.
Sebagai mahasiswa penerima bidikmisi seharusnya kita sadar dan tau diri bahwa kita itu orang tidak mampu dalam hal ekonomi. Jadi untuk apalah kiranya kita bergaya. Jika memang kita mampu berikan bidikmisi yang kita terima kepada mereka yang benar – benar membutuhkan. Jika memang kita tidak mampu, tak usahlah kiranya kita bergaya layaknya orang mampu. Kita diberi amanat, diberi kepercayaan menimba ilmu untuk masa depan bangsa bukan untuk bergaya menunjukan jati diri kita. Alangkah lebih baik bilamana kita lebih menonjolkan prestasi, bukan sibuk mencari reputasi.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

One thought on “BEASISWA YANG TAK SEHARUSNYA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: