Konservasi Moral

Bila dari kemarin saya selalu membahas konservasi alam, kali ini saya akan membahas mengenai konservasi moral. Kenapa saya membahas konservasi moral, salah satu alasannya yaitu karena moral merupakan hal vital yang dimiliki setiap individu. Dalam artian tanpa adanya moral maka manusia tidak akan dapat menjalankan hidup dengan baik. Sebelum terlalu jauh membahas konservasi moral, ada baiknya kita membahas mengenai pengertian dari konservasi moral itu sendiri.

Konservasi moral memiliki makna bahwa upaya untuk melindungi, memelihara, dan memberdayakan secara bijak moralitas yang berbasiskan nilai dan budaya luhur bangsa untuk menjadi pedoman dalam kehidupan. Konservasi moral juga berarti bahwa upaya perbaikan ataupun pelestarian akhlak yang dimiliki manusia. Hal itu kaena erat kaitannya antara moral dan akhlak, jadi masuk akal bila konservasi moral adalah perbaikan akhlak. Ketika manusia memiliki moralitas yang baik maka dapat dipastikan ia memiliki akhlak yang baik, begitu pula dengan tingkah lakunya dalam menjalani kehidupan.

Konservasi moral bertujuan untuk memulihkan atau mengembalikan nilai-nilai luhur yang dimiliki rakyat indonesia, yang saat ini mengalami penurunan khususnya dikalangan generasi muda. Jika hal itu terus berlanjut maka akan membahayakan kondisi bangsa indonesia yang masa depannya bergantung pada generasi mudanya. Jika moral generasi mudanya hancur maka dapat dipastikan masa depan bangsanya akan hancur. Maka dari itu perlulah kiranya ada perbaikan moral khususnya dikalangan generasi mudanya agar dapat membangun masa depan bangsa.

Konservasi moral juga memiliki kaitan dengan konservasi alam, karena ketika memiliki moral yang baik maka dia akan memiliki perilaku yang baik. Perilaku yang baik disini yaitu kaitannya hubungan dengan alam, dalam aetian seseorang yang memiliki moralitas yang baik akan memiliki kepedulian terhadap alam. Karena sangat tidak memungkinkan apabila seseorang memiliki moral yang baik tidak memiliki kepedulian terhadap alam atau lingkungan.

Maka dari itu mari bersama lakukan konservasi moral dan konservasi alam secara bersamaan. Jika kedu hal tersebut dapat dilakukan maka kehidupan umat manusia di bumi akan berjalan dengan baik.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: