Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #2

Sebelum membahas mengenai tema pada pembahasan kali ini, saya sedikit mereview pada postingan saya sebelumnya yang sedikit berkaitan dengan pokok bahasan kali ini. Pada postingan saya sebelumnya disebutkan bahwa manfaat dari adanya konservasi lingkungan antara lain adalah manfaat yang bersifat edukatif dan sebagai wahana pengembangan pengetahuan alam yang didukung dengan terapan teknologi yang berwawasan lingkungan. Kedua manfaat tersebut membuktikan bahwa ada kaitannya antara konservasi dengan ilmu pengetahuan ataupun pendidikan.
Membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi, dapat kita artikan dalam berbagai pengertian tergantung pandangan pada diri kita masing-masing. Namun saya akan sedikit memberi gambaran berdasarkan apa yang saya pahami. Membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi mengandung makna bahwa Universitas Negeri Semarang yang notabenya dijuluki sebagai universitas berwawasan konservasi berusaha menjadi tempat yang ideal untuk mahasiswa dalam menuntut ilmu untuk mewujudkan nilai-nilai konservasi dari Universitas Negeri Semarang itu sendiri. Tetapi bukan berarti hanya dari pihak universitas yang berusaha untuk membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi, juga harus ada partisipasi dari mahasiswa dalam membangun Universitas Negeri Semarang menjadi rumah ilmu yang ideal untuk merealisasikan tujuan menjadi universitas konservasi bereputasi.
Dalam rangka membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi, banyak hal yang dapat dilakukan atau bahkan sudah dilakukan oleh Universitas Negeri Semarang itu sendiri. Membangun rumah ilmu disini berarti bahwa Universitas Negeri Semarang sebagai kampus yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembagkan ilmu di bidang jurusannya masing-masing dan mengembangkan ilmu di bidang konservasi. Semakin baik kampus dalam memfasilitasi mahasiswa dalam proses perkuliahan, akan semakin baik pula hasil yang diberikan mahasiswa untuk Universitas Negeri Semarang dalam rangka pengembangan kampus sebagai universitas konservasi. Maka dari itu perlu adanya kerjasama yang baik antara mahasiswa dan pihak universitas untuk mewujudkan tercapainya Universitas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi bereputasi. Karena kurang sempurna jika Universitas Negeri Semarang yang dijuluki sebagai universitas berwawasan konservasi tetapi dalam kegiatan perkuliahan tidak menerapkan nilai konservasi tersebut.
Mungkin sudah beberapa dari hal tersebut sudah dilakukan oleh Universitas Negeri Semarang, namun belum begitu dirasakan dampaknya dalam membangun rumah ilmu untuk mewujudkan universitas konservasi bereputasi. Maka dari itu perlu adanya peningkatan upaya untuk mewujudkan hal tersebut agar Universitas Negeri Semarang semakin kokoh sebagai satu-satunya kampus yang berwawasan konservasi di indonesia.
Jalan – jalan ke pasar baru
Jangan lupa membeli topi dan dasi
Mari bangun unnes menjadi rumah ilmu
Agar menjadi Universitas Konservasi bereputasi

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: