Contoh RPP Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 Identitas

  1. Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Magelang
  2. Mata Pelajaran : Sosiologi
  3. Kelas/Program/Semester : X (sepuluh) / Ilmu-ilmu Sosial (IIS) / 2 (dua)
  4. Alokasi Waktu : 3 X 45 menit
  5. Materi Pokok : Metode Penelitian Sosial

  1. Kompetensi Inti

KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif, dan pro-aktif ) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3    : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
No Kompetensi Dasar Indikator pencapaian kompetensi
1 1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain . 1.1.1 Menghargai perbedaan satu sama lain sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan YME.
2 2.1  Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar. 2.1.1   Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, serta mampu mengenal orang baru.

 

3 3.1 Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala social. 3.1.1 Menentukan topik penelitian.

3.2.2 Merumuskan masalah dan tujuan penelitian.

3.3.3 Menentukan sample penelitian untuk melakukan penelitian sederhana dilapangan.

4 4.1 Menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual. 4.1.1 Menyusun rancangan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan.

 

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik diharapkan mampu menghayati nilai-nilai keagamaan yang dianutnya dan mnghormati agama lain.
  3. Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, serta mampu mengenal orang baru.
  4. Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat menentukan topik penelitian sosial dengan tepat.
  5. Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat merumuskan masalah dan tujuan penelitian sosial minimal tiga.
  6. Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat menentukan sampel penelitian untuk melakukan penelitian sederhana di lapangan.
  7. Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat menyusun rancangan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan dengan baik

 

  1. Materi Ajar
  2. Menentukan topik penelitian
  3. Merumuskan masalah dan tujuan penelitian
  4. Menentukan sampel

 

  1. Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
  • Metode : Praktik, ceramah, diskusi, dan penugasan
  • Pendekatan : Problem Base Learning

 

  1. Alat, dan Sumber Pembelajaran
  • Alat : Laptop, LCD, proyektor, papan tulis, spidol
  • Sumber : Buku Sosiologi Kelas X Kurikulum 2013 dan referensi lain yang relevan

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi waktu
Pendahuluan Orientasi :

Guru memberikan gambar mengenai fenomena sosial yang dapat diteliti

Apersepsi

Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompetensi, kompetensi dasar, serta indikator yang harus di capai dalam proses pembelajaran

Motivasi

Guru memberikan gambaran manfaat metode penelitian sosial

Pemberian Acuan

–      Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari, yaitu mengenai metode penelitian sosial.

–      Acuan berupa penjelasan materi pokok jenis-jenis dan uraian materi pelajaran secara garis besar.

–      Pembagian kelompok belajar.

–      Penjelasan mekanisme pelak­sana­an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).

10 menit
Inti Orientasi peserta didik kepada masalah

–      Guru menjelaskan materi metode penelitian sosial

–      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang dipilih dengan melakukan penelitian sosial sederhana.

Mengorganisasikan peserta didik

–      Guru membagi kelompok pada peserta didik yang terdiri dari 3 orang untuk melakukan penelitian sosial sederhana yang ada di lingkungan sekolah.

–      Guru membantu dan mengarahkan peserta didik dalam melakukan penelitian sosial sederhana di lingkungan sekolah.

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan penelitian sosial yang telah diamati, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah mengenai penelitian sosial yang telah diambil.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai dengan hasil penelitian sosial yang diamati oleh setiap kelompok seperti membuat laporan sederhana dan mempresentasikan hasil penelitian sosial yang diamati sesuai dengan kelompok.

 

Menganalisa dan mengevaluasi proses

Guru menambahkan dan mengevaluasi hasil belajar tentang materi metode penelitian sosial secara singkat.

105 menit
Penutup –           Guru memberikan soal evaluasi.

–           Guru memberi tugas merapikan laporan hasil penelitian yang telah diamati sebelumnya.

–           Guru menyampaikan materi minggu depan dan meminta siswa untuk mempelajarinya.

15    menit

 

  1. Penilaian
  2. Penilaian sikap
  • Observasi
  • Penilaian diri
  1. Penilaian kognitif
    • Tes
    • Non Tes
  2. Penilaian Keterampilan
  • Penilaian Kinerja

 

 

 

 

 

 

Magelang, 24 Mei 2015

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Sosiologi

Kepala SMA N 2 Magelang

 

 

 

Drs.M. Arief Fauzan B., M.pd.,Si.                          Muhammad Agus Massholeh

NIP. 196201311985031008                                       NIM. 3401413129

About Muhammad Agus Massholeh

Sosiologi & Antropologi Unnes 2013 | FB: Muhammad Agus M | Twitter/IG: @agusgmxm |Menjadi Diri Diri Sendiri dengan Selalu Belajar Dari Orang lain.
This entry was posted in Sosiologi. Bookmark the permalink.

One Response to Contoh RPP Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013

  1. Terimakasih atas info postingnya

Leave a Reply to Lenni Novia Lestari Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: