Muara Ilmu

The way to get started is to quit talking and begin doing

ULASAN AKHIR 10 BLOG SEJAWAT

Blog No. 1

1. Nama pemilik blog : frieda
2. Alamat blog/http : https://blog.unnes.ac.id/frieda03/
3. Kelebihan/Keunggulan : Materi SMA yang diposting lengkap, dapat membantu siswa-siswi menemukan informasi baru atau informasi tambahan untuk memperluas referensinya.
4. Kekurangan/kelemahan : Kategori terlalu banyak dengan postingan yang jumlahnya tidak merata,Pemotongan read more terlalu panjang, Tampilan blog biasa saja, tidak ada kreatifitas penulis untuk mendesain ulang display blog.
5. Saran dan Usulan Tambahan :
Dalam blog tersebut terlihat terlalu banyak kategori yang semestinya bisa dijadikan satu daripada banyak kategori tetapi jumlah postingan yang sedikit. Selain itu, ada beberapa artikel yang memang bisa dijadikan dalam satu kategori, tetapi dalam blog tersebut dibedakan kategorinya. Misalnya postingan silabus lebih baik dikategorikan ke dalam kategori “sosiologi SMA” atau “antropologi SMA” saja, tidak perlu dibuat kategori sendiri, kecuali jika memang nantinya akan ditambahkan silabus-silabus SMA mata pelajaran yang lain.

Blog No. 2

1. Nama Pemilik : Reza Adi Nasuha
2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/azzelins/
3. Keunggulan Blog : Tampilan blog menarik, warna dan background sesuai sehingga tetap indah dilihat. Font tidak standar sehingga menambah keindahan blog, warna font yang dipilih juga memiliki kontrasn yang sesuai dengan warna background. Blog juga sudah dilengkapi dengan profil pemilik blog.
4. Kelemahan Blog :
Dalam blog milik Reza masih terdapat kategori “uncategorized”, selain itu juga sepertinya ada beberapa postingan yang tidak menggunakan kategori yang tepat. Jadi kategori belum dimanfaatkan secara baik.Meskipun profil pemilik sudah lengkap, akan tetapi deskripsi tentag blog tersebut belum ada.
5 . Saran : Untuk menambah informasi mengenai blog lebih baik disertai deskripsi tentang apa blog tersebut, bisa ditambahkan di bagian profil pemilik blog. Lebih diperhatikan lagi pemanfaatan kategori, jadi ketika mengupload postingan diperhatikan benar-benar itu termasuk kategori yang mana. Kategori kewirausahaan sepertinya lebih baik dihapus atau bisa disatukan ke dalam kategori yang sejenis misalnya kuliah atau umum, kategori “uncategorized” juga bisa diganti umum atau dihapus.

Blog No. 3

1. Nama Pemilik : Daula mega s
2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/damesa/
3. Keunggulan Blog : Blog milik Novita sangat menarik dan bagus. Perpaduan warna juga sangat menambah kecantikan blog itu sendiri. Kelengkapan dari blog juga sudah terlihat. Postingan dalam blog semakin menarik karena disertai dengan gambar ilustrasi yang juga semakin memudahkan pembaca dalam memahami substansi postingan. Kreativitas pemilik blog sangat bagus dalam memanfaatkan fasilitas dari blog, salah satunya adalah logo site.
4. Kelemahan Blog : Meskipun blog sangat menarik akan tetapi masih ada sedikit kekurangan. Widget dalam blog milik Novita masih ada widget bawaan dan belum diubah. Daftar blog teman juga terlalu panjang.
5. Saran : Untuk menambah keindahan dan sebagai salah satu bentuk kreativitas lebih baik daftar blog teman dibuat scroll agar tidak menyita tempat. Widget juga perlu diedit sedikit.

Blog No. 4

1. Nama Pemilik Blog : imas ulufi
2. Alamat Blog : http : //blog.unnes.ac.id/imasulufi16/
3. Kelebihan blog : Untuk tampilan blog terlihat rapi dan bagus karena dengan ditambahkan gambar pada bagian depan membuat blog ini dilihat sangat menarik. Untuk kategori dan widget blog juga sudah lengkap sesuai ketentuan. Postingan artikel juga sudah banyak sehingga bisa menjadi referensi bagi pembaca apalagi dengan ditambahkan dengan gambar yang sesuai pada setiap artikel menginterpretasikan dari setiap isi blog.
4. Kekurangan Blog : font title dan judul blog yang di gunakan masih standar. Blog teman yang di ikut telalu memakan tempat
5. Saran dan masukan : untuk font title dan judul blog mungkin bisa di ganti sehingga bisa terlihat lebih baik. Kemudian Untuk blog teman yang diikuti mungkin bisa menggunakan scroll agar lebih ramping dan simple.

Blog No. 5

1. Nama Pemilik Blog : M. Zuhad Rifqi
2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/zuhadrifqi2/
3. Kelebihan / keunggulan : template dan background blognya warnanya kontras dan enak dilihat, lalu rapi. materinya cukup lengkap. kategori dibikin menubar di atas membuat lebih bagus dan menarik serta dilengkapi link jurnal jika ingin mengaksesnya tinggal diklik saja. lalu tiap postingan diberi gambar ilustrasi dari isi postingan tersebut sehingga menarik minat untuk membacanya
4. Kekurangan/kelemahan: mungkin yang agak mengganggu adalah gambar header blognya terlalu besar dibandingkan dengan ukuran font judul dan jargon blognya. lalu penataan widget belum rapi
5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan: perbaikannya mungkin ukuran gambar header blognya dikecilin lagi agar sesuai dengan ukuran judul dan jargon blognya. mungkin akan lebih bagus lagi jika penataan widget dirapiin dan dirutin yang penting ditaruh paling atas kebawah seperti hit counter, kategori, link teman dll dulu biar lebih enak dan rapi.

Blog No. 6

1. Nama Pemilik Blog : Firdaus Muara Triharto Sihombing
2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/firdaussihombing/
3. Kelebihan / keunggulan : materi lumayan lengkap dan dapat menambah wawasan
4. Kekurangan/kelemahan : yang pertama tampilannya kurang begitu menarik karena template yang digunakan biasa saja serta backgroundnya putih polos sehingga kelihatannya kurang enak dipandang. yang kedua belum ada kategori untuk postingannya. yang ketiga tampilan semua widget rancau dan tercopy, dimana pada sisi samping kanan tampilan widget tercopy 2kali dan yang bawah tercopy 1kali sehingga membuat rancu. yang ketiga belum ada link blog teman yang difollow
5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan: mungkin memperbaiki dari semua kekurangan yang saya sebutkan antara lain perbaikan tampilan blog supaya tidak putih polos, lalu membuat kategori sehingga postingan yang diposting jadi rapi dan tersesuai dengan kategorinya. yang ketiga pembenahan pada widget agar tidak tercopy dan lebih rapi lagi. yang keempat membuat juga link blog teman yang ditampilkan atau difollow.

Blog No. 7

1. Nama Pemilik Blog : Aris Muhtarom
2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/arismuhtarom/
3. Kelebihan / keunggulan : materi postingannya saya lihat juga sudah bagus dan lengkap yang dapat menambah wawasan. serta ada populer post yang berupa widget yang dapat mempercantik tampilan dan fitur blog
4. Kekurangan/kelemahan : tampilan blognya menurut saya kurang begitu enak dilihat karena template, background serta warna font di blog tersebut dominan putih dan biru.
5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan: yang pertama warna pada tampilan agar tidak dominan putih dan biru. yang kedua mungkin alangkah bagusnya jika setiap postingannya dikasih gambar ilustrasi agar lebih menarik untuk dibaca. lalu kalau bisa widgetnya ditata lebih rapi lagi

Blog No. 8

1. Nama Pemilik Blog : Arum yuni astuti
2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/arumyuni/
3. Kelebihan blog : Tampilan blog simple dan bagus, potingan artikel di blog juga sudah banyak dan bervariasi, dan untuk menu kategori, link teman, serta visitor juga sudah lengkap.
4. Kekurangan Blog: Untuk tampilan blog masih monoton seperti bawaan sumber template, belum ada kreatifitas si pemilik blog untuk mendesain blog ini, warna blog yang masih di dominasi dengan warna putih, font juga masih belum standar belum ada pembaruan, untuk widget blog terlalu banyak seperti pos-pos terbaru, komentar terakhir, arsip, kategori, meta, untuk link teman blog terlalu banyak sehingga blog terlihat penuh
5. Saran dan masukan : Untuk tampilan blog mungkin bisa di desain ulang agar terlihat lebih menarik, untuk warna blog mungkin bisa di tambah agar tidak warna putih saja, untuk font mungki bisa diganti agar tidak monoton seperti bawaan template, untuk widget pos-pos terbaru, komentar terakhir, arsip, kategori, meta cukup satu aja jangan doubel karena hanya membuat blog ini terlihat gemuk, sedangkan untuk link teman blog terlalu banyak mungkin bisa di akali dengan mengguakan scroll agar terlihat lebih simple dan ramping.

Blog No. 9

1. Nama Pemilik Blog : Ika Yuni Aryanti
2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/ikayuni/
3. Kelebihan Blog : tampilan blog sangat simple dengan judul artikel yang komunikatif dan sangat membantu pembaca
4. Kekurangan Blog : pada bagian judul blog masih terkesan sepi karena dari segi judulnya kurang menarik dan tidak dilengkapi dengan header yang sesuai untuk membantu menggambarkan isi blog. Pada bagian profil juga tidak dicantumkan deskripsi blognya. Pada bagian daftar teman yang diikuti penulisannya sangat memakan tempat karena tidak diberi scroll dan jaraknya terlalu banyak.
5. Saran dan Usulan Tambahan / Perbaikan : sebaiknya dilakukan perbaikan lagi pada tampilan judul blognya dan diberi header yang sesuai untuk menggambarkan isi blog agar lebih menarik. Pada bagian profil juga diberi gambaran umum mengenai isi blog untuk membantu pembaca memahami blog tersebut. Selain itu pemilik blog sebaiknya memperbaiki tampilan pada daftar nama teman yang diikuti dengan memberi scroll dan memperbaiki jarak antar nama teman agar tidak terlalu panjang dan memakan tempat.

Blog No. 10

1. Nama Pemilik Blog : Frieda Nur Hapsari
2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/frieda03/
3. Kelebihan / keunggulan : Tampilan simpel dan rapi, artikel yang di posting sudah bervariasi, terdapat gambar di setiap postingan sehingga terkesan lebih menarik, visitor, profil, identitas blog sudah baik serta link teman sudah memenuhi ketentuan.
4. Kekurangan/kelemahan : Font Judul masih standar, masih terdapat postingan/artikel yang masuk ke dalamuncategorized, tampilan slide bar dibagian kiri kurang begitu menarik, karena terdapat garis bawah di setiap tulisannya sehingga terkesam penuh.
5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Akan lebih baik nama blog “live love laugh” diganti dengan nama identitas isi blog, sehingga dalam sekali melihat sudah dapat di ketahui bahwa blog tersebut berisikan tentang apa dan font judul bisa dirubah agar lebih menarik. Kemudian uncategorized sebaiknya dihapus, dan materi yang ada masuk di semua kategori yang telah di buat. Serta lebih baik jika di tambahkan scroolpada link teman yang diikuti melihat link temannya sendiri sudah begitu banyak. Jadi tapat menambah ringkas penampilan.

posted by Agus Salim in SOSIOLOGI & ANTROPOLOGI and have No Comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment

Skip to toolbar