Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

Pertemuan 1

Dosen Pengampu Bapak Agung Kuswantoro

Senin, 18 Maret 2017

Media Pembelajaran adalah sesuatu yang dibuat untuk memudahkan seorang guru atau pengajar untuk menjelaskan materi kepada peserta didik sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Sedangkan media pembelajaran administrasi perkantoran adalah alat yang digunakan untuk memudahkan peserta didik untuk memahami materi tentang administrasi perkantoran. Menurut  Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan hampir semua mata pelajaran menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan dalam pembelajaran seperti sains, matematika, geografi dan lain sebagainya. Namun, untuk mata pelajaran administrasi perkantoran masih sangat sedikit media yang digunakan. Saat ini yang digunakan untuk pembelajaran yaitu Ms. Power Point dan Prezi. Ini adalah tugas kita sebagai anak administrasi perkantoran untuk membuat media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik agar mudah dalam memahami materi tentang administrasi perkantoran.

Banyak sekali istilah-istilah yang terdapat dalam dunia pendidikan administrasi perkantoran diantaranya yaitu SPM dan EPM. Apa itu SPM dan EPM ?

EPM merupakan singkatan dari Entakan Per Menit yang artinya adalah berapa hentakan yang seharusmya terjadi dalam waktu satu menit dalam mengetik. EPM sendiri dihitung per huruf sehingga apabila ingin mengetik kalimat “Administrasi Perkantoran” maka dihitung 26 hentakan cara menghitung nya adalah dengan menghitung per huruf dan untuk huruf kapital berarti dihitung 2 kali hentakan ditambah dengan spasi yang terdapat dalam kalimat tersebut. Sedangkan, SKM merupakan singkatan dari Suku Kata Per Menit yaitu kemampuan dalam menulis yang dihitung dalam waktu satu menit. Misalnya menulis stenografi kalimat “Administrasi Perkantoran” maka dihitung 9 suku kata yaitu denga menghitung jumlah suku kata dalam kalimat tersebut. Misalnya diberi waktu 20 detik untuk menulis ke dalam stenografi kalimat tersebut. Kemudain untuk 20 selanjutnya dilanjutkan kalimat berikutnya.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar