• Thursday, November 05th, 2015

Biografi Koentjaraningrat (Bapak Antropologi Indonesia)

T_koentjaraningrat

    Putra dari pasangan suami istri R.M.Brotokoesomo (seorang pamong praja di lingkungan paku alam) dan R.A.Pratisi Tirtotenojo ini lahir di Sleman pada 15 Juni 1923 dan meninggal dunia pada 23 Maret 1999 di Jakarta ini adalah orang yang kita kenal sebagai Bapak Antropologi Indonesia.

    Pria yang biasa disiplin dan mandiri sejak kecil ini tertarik pada antropologi sejak menjadi asisten Prof.G.J.Held, seorang Guru Besar Universitas Indonesia yang mengadakan penelitian lapangan di Sumbawa.

    Pria yang sering disapa Pak Koen ini menyelesaikan study Sarjana di Jurusan Sastra Bahasa Indonesia Universitas Indonesia, meraih gelar M.A bidang Antropologi dari Yale Univesity A.S tahun 1956, dan Doktor Antropologi dari Univesitas Indonesia tahun 1958.

    Ilmuan yang mahir berbahasa Belanda dan Inggris ini merintis berdirinya sebelas jurusan Antropologi di berbagai Universitas di Indonesia. Selain itu, ia juga tekun menulis. Bahkan beberapa karya tulisnya menjadi rujukan bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia. Ia telah menghasilkan ratusan buku dan artikel termasuk tentang Perkembangan Antropologi di Indonesia sejak tahun 1957 hingga 1999. Ia mengajarkan bahwa pentingnya mengenal masyarakat dan budaya bangsa sendiri.

   Berbagai penghargaan telah ia terima atas pengabdiannya dalam pengembangan ilmu Antropologi, diantaranya adalah Penghargaan Ilmiah Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Utrecht pada 1976, dan Fukuoka Asian Cultural Price pada tahun 1955. Selain itu Beliau juga mendapat Penghargaan Satya Lencana Dwidja Sistha dari Menhankam Republik Indonesia pada tahun 1968 dan 1981.

 

Category: Antropologi SMA
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply