Sejarah Singkat PKPT IPNU IPPNU UNNES

Sejarah PKPT IPNU IPPNU UNNES

Sejarah PKPT IPNU IPPNU UNNES
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar putri Nahdlatul Ulama Universitas Negeri Semarang yang selanjutnya di sebut dengan PKPT IPNU IPPNU UNNES lahir pada tahun 2001 di Kota Semarang. PKPT IPNU IPPNU UNNES merupakan sebuah organisasi dibawah naungan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama. organisasi ini mengemban amanah dalam menjaga marwah faham ahlus sunnah wal jamaah an-nahdliyyah di Perguruan Tinggi. PKPT IPNU IPPNU UNNES termasuk Organisasi pertama IPNU IPPNU yang menaungi warga nahdliyyin di kalangan kampus.
Sebelum lahirnya PKPT IPNU IPPNU UNNES, terlebih dahulu berdiri organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Universitas Negeri Semarang Komisariat Al-Ghozali selanjutnya di sebut dengan PMII UNNES Komisariat Al-Ghozali yang merupakan latar berdirinya PKPT IPNU IPPNU UNNES. Pioner-pioner pendiri PKPT IPNU IPPNU UNNES juga merupakan bagian dari pengurus PMII UNNES Komisariat Al-Ghozali. Oleh karena PMII dirasa kurang sesuai dengan basis pesantren sekitar kampus pada saat itu, salah satu mahasiswa sekaligus santri berinisiatif mendirikan organisasi kemahasiswaan yang berbasis santri.
Pada tahun 2001, karena efek pergejolakan penurunan orda baru tahun 1998, mahasiswa pun mengalami perkecamukan suasana yang menjunjung tinggi kebebasan dalam berpendapat. Kebebasan ini tidak hanya merambah pada kebebasan pada pendapat namun juga pada kebebasan pada pergaulan mahasiswa. Hal ini pula yang menjadi ketidaksesuaian para pioner PKPT IPNU IPPNU UNNES.  Berdirinya organisasi PKPT IPNU IPPNU UNNES dikhawatirkan oleh ketua PMII UNNES Komisariat Al-Ghozali karena akan ada tumpang tindih dalam harokah Nahdlatul Ulama di kampus nantinya. Namun, dengan keteguhan hati dan penguatan pendapat oleh pioner-pioner PKPT IPNU IPPNU UNNES, PMII UNNES Komisariat Al-Ghozali dan PKPT IPNU IPPNU UNNES akan berafiliasi menjaga keutuhan faham ahlussunnah wal jamaah an-nadliyyah di kampus UNNES.
Awal berdirinya PKPT IPNU IPPNU UNNES
PKPT IPNU IPPNU UNNES diprakarsai oleh Kusrianto, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Saat itu ia juga merupakan santri di Pondok Pesantren Durrotu Aswaja Kota Semarang. Keresahan dalam hatinya yang minim dengan organisasi berbasis santri dikampus menjadikannya berinovasi untuk membentuk organisasi kemahasiswaan yang berbasis santri. Ia mengadakan pembicaraan bersama Ali Imron mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang merupakan salah satu santri sekaligus ustadz pondok pesantren Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang, mengenai gagasannya untuk membentuk suatu organisasi yang akan mengembalikan marwah santri di kampus. Dengan berbagai latar belakang dan mengadakan pembicaraan bersama dengan mahasiswa lainnya, ditetapkanlah Ali Imron sebagai ketua pertama PKPT IPNU IPPNU UNNES.
Setelah disepakati Ali Imron sebagai ketua pertama PKPT IPNU IPPNU UNNES, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PW IPNU IPPNU) Jawa Tengah sangat mendukung dengan adanya organisasi baru ini. Segala hal yang berurusan dengan administrasi dibantu langsung oleh pengurus PW IPNU IPPNU Jateng dengan sangat baik. Dukungan atas pendirian organisasi ini juga dirasakan langsung oleh ketua pertama saat dimelakukan wawncara eksklusif pada Januari 2018. Pak Ali Imron menegaskan bahwasannya pendirian PKPT IPNU IPPNU UNNES dipermudah dalam segala hal kebutuhannya.
Pada tanggal 24 Februari 2001 Masehi (bertepatan dengan 30 Dzulqo’idah 1421 Hijriyyah) (ditetapkan sebagai kelahiran PKPT IPNU IPPNU UNNES), di Masjid kampus yaitu Masjid Ulul Albab (MUA) merupakan pelaksanaan pelantikan pengurus periode I PK IPNU IPPNU UNNES. Pelantikan tersebut langsung dipimpin dan dilantik langsung oleh ketua umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) yaitu Bapak Abdullah Azwar Anas (2000-2003) yang sebelumnya menjadi anggota MPR RI termuda (1997-1999) yang juga merupakan Bupati Banyuwangi (2010-2015 dan 2015-2020). Dalam sambutannya, mengharap PK IPNU IPPNU UNNES bisa menjadi Pimpinan Komisariat percontohan bagi kampus-kampus lainnya. Sehingga, warga nahdliyyin yang berada di kampus dapat terwadahi. Secara resmi Ali Imron ditetapkan sebagai ketua pertama PK IPNU UNNES dan Umi Nuamah sebagai ketua pertama PK IPPNU UNNES.
Masa Perkembangan 
Perkembangan Legalitas Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama resmi disahkan pada kongres PP IPPNU yang ke XVI di Palembang Sumatera Selatan 2012. Kongres tersebut melahirkan sebuah keputusan bahwasannya PKPT IPPNU telah menjadi banom resmi Nahdlatul Ulama. Posisi PKPT IPPNU dalam peraturan organisasi IPPNU setara dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Selanjutnya, legalitas Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama resmi disahkan pada kongres PP IPNU yang ke XVIII di Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah 2015.
Dalam perkembangannya PKPT IPNU IPPNU UNNES pada periode 2017-2018 telah berdiri Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar putri Nahdlatul Ulama Universitas Negeri Semarang yang selanjutnya disebut PAKPT IPNU IPPNU UNNES. PAKPT IPNU IPPNU UNNES mendapatkan amanah mengkoordinir fakultas-fakultas yang berada di kampus. PAKPT IPNU IPPNU UNNES telah dirintis sejak 2016 oleh tim kaderisasi PKPT IPNU IPPNU UNNES, dan tepat pada 28 Maret 2017 PAKPT IPNU IPPNU UNNES resmi berdiri menjadi tangan panjang dari PKPT IPNU IPPNU UNNES.
Daftar Ketua PKPT IPNU IPPNU UNNES (2001-2018)
Tahun IPNU IPPNU
2001-2002 Ali Imron Umi Nuamah
2002-2003Dayat
2003-2004 Zainuri, Ali Shodiqin Ilma Baroroh
2004-2005 VAKUM VAKUM
2005-2006 Bagas Nugroho Emi
2006-2007 Abdus Shomad Uswatun Hasanah
2007-2008 Lukman E P Umi Syafaah
2008-2009 Amuthoif Luluk Matovani
2009-2010 Ashfal Maula Maghfiroh
2010-2011 Yusuf Arfianto, Afif Nurul Istiqomah
2011-2012 Dhuha A W Dian
2012-2013 Irmawan (Salatiga) Laili
2013-2014 Krida Anto (Kendal) Ruqoyyah
2014-2015 Adibus Shofa (Rembang) Dzika Ulya Hamami (Semarang)
2015-2016 M. Ghulam Dzofir M (Grobogan) Alifa Muhandis S A (Tegal)
2016-2017 Farid luthfi As-Shidiqi (Cilacap) Isyti Karimah (Pemalang)
2017-2018 Muhamad Irfan Khamid (Cilacap) Umi Nur Avivah (Grobogan)
2018-2019 Akhmad Ridlo (Banyumas) Kamalia (Kebumen)
demikian sejarah singkat PKPT IPNU IPPNU UNNES, semoga semakin istiqomah dalam berkhidmah untuk agama bangsa dan negara.
siapa kita…pelajar NUsantara
salam pelajar… belajarjuang bertaqwa.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: