KONSEP DISEASE DAN ILLNESS FOSTER AND ANDERSON

Hay Bloger kali ini saya akan memposting tugas Antropologi Kesehatan semester 5, berikut postingannya……

1. Disease, merupakan penyakit sebagai suatu konsep patologi dan sebagai keadaan biologis. Dokter mendiagnosis dan mengobati penyakit (disease). Disease merupakan suatu konsep patologi yang dapat dibuktikan dengan hasil-hasil tes laboratorium seperti rongsen misalnya.
2. Illness, merupakan penyakit sebagai suatu konsep kebudayaan, manusia dapat dikatakan sakit apabila tidak dapat menjalankan fungsi dan peranan sosial dalam masyarakat. Dokter menangani penyakit karena pasien menderita penyakit (illness). Penyakit Illness didefinisikan sebagai akibat masuknya objek karena ilmu sihir, maka pengeluaran objek tersebut adalah mutlak bagi kesembuhan pasien.

Faktor pembeda dari Disease & Illness
Dalam pandangan budaya, penyakit adalah hal yang berbeda, penyakit adalah pengakuan sosial bahwa seseorang itu tidak bisa menjalankan peran normalnya secara wajar, dan harus dilakukan sesuatu terhadap situasi tersebut. Dengan kata lain, harus ada pembeda antara penyakit (disease) sebagai suatu konsep patologi, dan penyakit (illness) sebagai suatu konsep kebudayaan. Cara lain untuk menunjukkan perbedaan dari keduanya adalah dengan mengatakan bahwa dokter ingin menyembuhkan penyakit (disease) tetapi dokter menangani penyakit (illness). Penyakit disease lebih kearah perasaan yang bersifat objektif yang mana penyebab penyakit tersebut dapat diketahui oleh manusia. Pokok perhatian disease dalam keadaan biologis antara lain; pertumbuhan dan perkembangan manusia, peranan penyakit dalam evolusi manusia, patologi (studi tentang penyakit-penyakit purba). Sedangkan penyakit illness lebih menuju pada perasaan subjektif yang mana penyebab sakitnya pasien tidak jelas. Pokok perhatian illness dalam konsep kebudayaan adalah; sistem medis tradisional, masalah tugas-tugas kesehatan, tingkah laku sakit, hubungan antara dokter dan pasien.
Contoh Empirik bagaimana ke-2 konsep tersebut muncul dalam kehidupan masyaraka
Dalam hal ini terdapat contoh penyakit yang dialami seseorang di daerah saya misalnya. Di daerah saya terdapat seorang yang telah meninggal bernama Ngapini, secara kebetulan di hari yang sama tetangga Ngapini yang bernama Suryani tersebut mendadak sakit panas. Secara Disease, jika Suryani periksa ke dokter maka dokter akan mengatakan bahwa Suryani sakit demam karena daya tahan tubuhnya yang lemah yang bisa saja disebabkan karena banyak minum es ataupun kecapekan. Kemudian untuk penyembuhannya, dokter akan memberikan resep obat demam untuk Suryani agar cepat sembuh. Sedangkan secara Illness, Suryani merasakan tubuhnya panas karena daya tahan tubuhnya yang lemah. Berdasarkan pengetahuan yang ia miliki bahwa sakit tersebut adalah demam. Dengan mengetahui bahwa ia demam, maka ia tahu harus minum obat untuk penyembuhannya. Namun, jika tubuhnya panas tersebut disebabkan oleh hal-hal yang gaib atau terkena sawan dari meninggalnya Ngapini, maka untuk menyembuhkannya ia akan pergi ke “orang pintar” atau tabib maupun Kyai untuk mendoakannya agar segera sembuh dari sawan tersebut.

Sumber :
Foster dan Anderson. 1986. Antro Kesehatan. Jakarta: Grafiti

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel Kuliah SosAnt. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: