TENTANG MASALAH ANAK INDONESIA

Hayy Bloger kali ini saya akan memposting tugas kelompok mata kuliah Sosiologi Indonesia Semester 1, berikut hasil tugasnya…

Anak jalanan adalah anak- anak yang hidup di jalanan dan tidak memiliki pendidikan serta kondisi ekonomi yang sangat memprihatinkan. Kehidupan anak jalanan di indonesia terbilang masih sangat memprihatinkan karena kurangnya perhatian dari pemerintah di indonesia. Anak jalanan yang di indonesia seringkali dapat kita temui hampir di seluruh tempat- tempat terkhusus di kota besar. Keadaan anak jalanan sering mengamen, menyopet atau lainnya, hal ini sendiri terjadi karena keadaan ekonomi yang tidak bisa menopang kehidupan mereka, karena mereka harus mencari kehidupan sendiri. Selain karena faktor ekonomi ada banyak faktor yang mempengaruhi banyaknya anak jalanan di indonesia diantaranya yaitu
1. Adanya tekanan dari orang tua sang anak yang selalu menuntut anak-anaknya sesuai dengan kehendak dan keinginan orang tua padahal si anak belum tentu memiliki kemampuan yang sesuai dengan keinginan orang tuanya
2. Adanya rasa jengkel dan kecil hati karena sering di banding- bandingkan dengan anak lain, dan hal ini menjadikan si anak tidak memiliki kepercayaan diri dan si anak akan cenderung memilih pergaulan atau komunitas yang bisa menerima segala kekurangan si anak tersebut.
3. Yang selanjutnya adalah kurangnya perhatian dari orang tua, karena itu banyak anak akan cenderung memilih kejalanan karena di sana banyak anak yang memiliki umur yang sebaya. Padahal anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tua meski itu adalah hal kecil.
4. Adanya keinginan sang anak untuk selalu mencoba hal- hal baru, karena biasanya anak-anak akan selalu memiliki keinginan untuk mencari kebebasan mencoba hal baru dan mencoba untuk melepaskan segala tekanan yang ada dalam hidupnya. Dan di jalanan anak-anak akan memiliki kebebasan tanpa batas untuk mencoba hal-hal baru.
5. Selain itu bisa juga disebabkan karena kurangnya perekonomian yang mengakibatkan anak tersebut harus hidup dijalanan.

Jadi pada dasarnya anak jalanan di indonesia muncul karena beberapa faktor tadi karena itu banyak anak akan cenderung memilih mencari nafkah untuk menghidupi kehidupannya sendiri tanpa memikirkan adanya tekanan dari orang lain pada si anak.
Perhatian terhadap anak jalanan di Indonesia sangatlah kurang. Oleh karena itu kami mencoba menarik tema tentang permasalahan anak jalanan Indonesia untuk kami jadikan bahan analisis.
Dalam konsep sosiologi permasalahan akan anak Indonesia bisa di sebabkan oleh
1. Disorganisasi keluarga
Adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit karena anggota keluarga gagal memenuhi kewajiban-kewajiban yang sesuai dengan peranan sosialnya.
Seperti yang dapat kita lihat dari kasus realita permasalahan kehidupan anak jalanan di indonesia bahwa kurangnya keharmonisan di dalam keluarganya sehingga anak tersebut tidak bisa mendapatkan perhatian yang seharusnya anak tersebut dapatkan. Hal tersebut membuat anak berpikir untuk mencari kehidupan sendiri di jalanan.
2. Kemiskinan
Adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan yang orang tersebut miliki.
Sehingga anak tersebut memilih untuk turun kejalanan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari hal tersebut menjadikan anak-anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang semestinya mereka dapatkan, hal ini terjadi karena tidak adanya biaya untuk menanggung biaya sekolah mereka.
Permasalahan-permasalahan tersebut tadi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, karena masyarakat menganggap anak-anak tersebut mengganggu kehidupan mereka. Alasan mengapa masyarakat menganggap anak-anak jalanan mengganggu hidup mereka, misalnya karena kurangnya biaya hidup anak-anak lebih memilih untuk bertindak kriminal seperti mencopet, mencuri dan lain sebagainya yang nantinya bisa merugikan dan meresahkan kehidupan masyarakat.

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel Kuliah SosAnt. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: