Eitss… Ini Dia Tips Aman Berinternet

berinternet

Hi, sobat Hitech!

Kamu hobi banget browsing? Facebookan? Twitteran? Eitss… ada hal yang mesti kamu perhatikan lho.. Apa itu? Tips aman berselancar di dunia maya. Kenapa ya? Satu hal yang pasti, kamu gak mau kan akun-akun sosial mediamu di hack, lalu dengan sendirinya akunmu membagikan konten-konten yang tidak pantas. Nah, jangan sampai deh! Lalu apa tipsnya? So, here we go!

Saat kita menggunakan internet untuk mencari infromasi, berkomunikasi, maupun memperoleh hiburan memang sangat menyenangkan. Namun kamu juga harus berhati-hati karena banyak virus yang mengancam gadgetmu. Tidak hanya itu, ancaman lain juga datang dari aksi peretasan oleh hacker maupaun cracker yang tentunya bisa merugikanmu sebagai penikmat dunia maya.

Kamu pasti sering mendapatkan pengaturan keamana pribadi saat kamu asik berselancar di dunia maya, dan kamu berfikir bakalan aman-aman saja? Kamu yakin dimana foto, video ataupun status yang kamu buat tidak akan terlihat orang lain yang tidak kenal. Padahal hal ini tidak selamanya aman. Hacker masih bisa menjebol akun pengguna untuk menyebarkan konten tersebut ke publik.

Namun demikian Kamu tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips aman berselancar di dunia maya:

  1. Berhati-hati dalam memilih konten

Kamu harus bisa membedakan mana konten yang patut untuk diunggah ke dunia maya dan mana yang sebaiknya tidak diunggah. Selain bahaya konten bisa tersebar ke publik, kamu juga bisa dipidanakan karena mengunggah konten yang menyinggung orang lain atau melanggar hukum. Jika konten bersifat pribadi, lebih baik disimpan di tempat yang aman jangan mengunggahnya ke internet.

  1. Selalu Log-out atau Sign-out

Setiap kali membuka email, media sosial, dan akun lainnya, biasakan untuk selalu log-out atau keluar setelah tidak dipakai. Apalagi jika kamu mengaksesnya dari perangkat yang dipakai banyak orang, seperti komputer di warnet atau meminjam gadget orang lain. Hal ini mencegah akunmu dipakai orang lain gara-gara lupa log-out.

  1. Akses situs yang baik

Sembarangan mengakses situs bisa menyebabkan gadget kamu terkena virus. Hindari situs-situs berbau pornografi karena di situ banyak sekali virus yang tersembunyi. Untuk mencegah hal ini Kamu bisa memasang antivirus. Selain bisa merusak gadget, virus juga bisa mencuri data pribadimu dari gadget.

  1. Tingkatkan ketelitian

Hal ini perlu diperhatikan dalam melakukan transaksi di dunia maya. Jangan asal percaya hanya karena barang yang ditawarkan murah. Teliti dulu identitas si penjual dan juga selalu usahakan untuk COD agar tidak tertipu.

Nah itu tadi sobat, beberapa tips yang mestinya kamu perhatiin. Meskipun terlihat sederhana, sebenarnya masih ada banyak aturan yang harus kamu patuhi saat berselancar di dunia maya. Semoga pastingan ini bermanfaat.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas