• Cara Membuat Tanda Tangan di Word

    Cara Membuat Tanda Tangan di Word

    Di era yang serba online ini, berkirim dokumen elektronik sudah menjadi hal yang lumrah. Beberapa dokumen elektronik itu bahkan harus dibubuhi oleh tanda tangan agar memiliki kekuatan hukum, seperti dokumen kontrak kerja, surat perjanjian, surat keputusan, dan sebagainya. Lantas bagaimana cara membubuhkan tanda tangan pada dokumen elektronik?

    Salah satu cara paling mudah ialah memasukkan tanda tangan digital ke dokumen elektronik melalui software Microsoft Word.

    Cara Buat Tanda Tangan Digital

    Sebelum bisa memasukkan tanda tangan lewat Word, pengguna harus terlebih dahulu membuat tanda tangan digital. Ikuti panduannya berikut ini:

    1. Siapkan kertas putih polos dan pulpen dengan tinta hitam.
    2. Tuliskan tanda tangan Anda dengan jelas.
    3. Foto tanda tangan Anda menggunakan kamera ponsel. Usahakan foto diambil di dalam kondisi pencahayaan yang baik dan terlihat jelas agar hasil lebih maksimal.
    4. Selanjutnya, pindahkan file foto tanda tangan Anda ke laptop atau komputer.

    Cara Memasukkan Tanda Tangan ke Word

    Setelah tanda tangan digital sudah siap, pengguna hanya perlu memasukkannya ke Word. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

    1. Buka dokumen elektronik yang ingin ditandatangani di Word.
    2. Atur kursor di area yang ingin dibubuhi tanda tangan digital.
    3. Lalu klik “Insert” > “Pictures”.
    4. Pilih tanda tangan digital yang sudah disimpan tadi.
    5. Klik “insert”Klik tanda tangan digital, lalu pilih menu “Format” > “Color”.
    6. Pilih opsi “Set Transparent Color”, lalu ketuk area latar pada gambar tanda tangan digital untuk membuat tanda tangan terlihat transparan.

    Tanda tangan digital Anda juga mungkin akan terlalu besar atau terlalu kecil. Pengguna bisa menyesuaikan ukuran tanda tangan digital atau memotong (crop) sisi-sisi yang tidak perlu. Dapatkan update teknologi terbaru di amazingindonesia.id

    Selanjutnya, klik kanan pada gambar, lalu pilih “Behind Text” pada opsi “Wrap Text” agar tanda tangan bisa di atur posisinya
    Terakhir, atur peletakkan tanda tangan digital sesuai keinginan pengguna.

    Simpan Tanda Tangan Digital di Quick Parts

    Untuk memudahkan melakukan tanda tangan dokumen elektronik ke depannya, pengguna bisa menyimpan tanda tangan digital yang sudah dibuat tadi di “Quick Parts”.

    Dengan begitu, pengguna tak perlu repot-repot melakukan langkah-langkah di atas setiap kali ingin menandatangani dokumen elektronik. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

    1. Klik tanda tangan digital transparan yang dibubuhkan pada dokumen elektronik sebelumnya.
    2. Lalu klik “Insert” > “Quick Parts” > “Save Selection to Quick Part Gallery…”.
    3. Nanti akan muncul jendela “Create New Building Block”.
    4. Di bagian kolom “Name”, isikan judul tanda tangan sesuai keinginan Anda. Sebagai contoh, kami menamai tanda tangan digital dengan nama “TTD ANDA”.
    5. Di bagian kolom “Gallery”, klik ikon segitiga ke bawah > pilih “AutoText”.
    6. Lalu klik “OK”.

    Dengan begitu, tanda tangan digital yang sudah dibuat tadi akan langsung tersimpan permanen di Word.

    Bila ingin menandatangani dokumen elektronik di kemudian hari, pengguna tinggal mengakses tanda tangan digital miliknya lewat “Insert” > “Quick Parts” > “AutoText” > “TTD ANDA”. Voila, tanda tangan digital langsung bisa dibubuhkan di dokumen elektronik pengguna.

    Categories: Tutorial

    Tag:

    Comments are currently closed.