19
Nov 15

Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

  1. Kerusakan akibat peristiwa alam
  1. Kerusakan akibat letusan gunung berapi.

 

Letusan gunung berapi merupakan salah satu aktivitas vulkanisme. Letusan gunung berapi merupakan gejala alam. Manusia tidak mampu membendung atau mencegahnya. Akibat dari letusan gunung berapi dapat merusak lingkungan hidup.

Kerusakan itu antara lain :

 

  1. Kerusakan gunung berapi melemparkan berbagai material padat yang dapat menimpa perumahan, daerah pertanian, hutan, dan sebagainya.
  2. Hujan abu vulkanik yang menyertai letusan dapat menyebabkan terganggunya pernapasan juga pemandangan yang gelap, dan dapat menutupi areal pertanian

dan perkebunan yang bisa mengurangi produksi.

  1. Aliran lahar dapat menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga ketika hujan turun menimbulkan banjir.
  2. Gas yang mengandung racun dapat mengancam keselamatan makhluk disekitar gunung api.
  3. Lava panas yang meleleh akan merusak dan mematikan apa saja yang dilaluinya. Setelah dingin, akan membeku menjadi batuan yang keras yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

 

  1. Awan panas yang berhembus dengan kecepatan tinggi dan tidak terlihat mata

dapat menewaskan makhluk hidup yang dilaluinnya.

  1. Lahar dingin, dapat merusak areal pertanian, dan daerah permukiman penduduk serta bangunan lain.
  2. Debu-debu gunung api yang bertebaran di udara, dapat menghalangi radiasi matahari, dan membahayakan penerbangan udara..b. Kerusakan akibat gempa bumi.

 

Gempa bumi merupakan hentakan lapisan bumi yang bersumber dari lapisan di sebelah dalam merambat ke permukaan bumi. Kerusakan akibat gempa bumi menimbulkan gejala langsung maupun tidak langsung :

  1. Banjir atau tanggul rusak.
  2. Gempa di dasar laut menyebabkan tsunami.
  3. Tanah di permukaan menjadi merekah.
  4. Tanah longsor.
  5. Bangunan roboh.
  6. Kebakaran yang terjadi akibat dampak lanjutan gempa.
  7. Kerusakan akibat Cyclon (angin topan).

 

Siklon adalah tekanan udara rendah berupa angin-angin topan atau badai. Kerusakan yang ditimbulkannya tergantung dengan kuat arusnya. Tipe-tipe siklon :

  1. Siklon tropik : terjadi di permukaan laut.
  2. Siklon Gelombang : di daerah lintang sedang dan lintang tinggi bersifat sangat merusak.
  3. Tornado di AS : merupakan siklon hebat yang berasal dari anginnya yang sangat kuat.

Kerusakan yang disebabkan oleh angin topan adalah sebagai berikut:

  1. Rumah-rumah yang kurang kuat terbawa sampai beberapa kilometer.
  2. Bangunan rumah tembok dan gedung–gedung rusak atapnya bahkan ada yang roboh.
  3. Merusak areal hutan, perkebunan, dan pertanian.
  4. Musim Kemarau

Beberapa kerusakan akibat musim kemarau,adalah sebagai berikut :

  1. Tumbuh-tumbuhan banyak yang mati sehingga dapat mengancam kehidupan makhluk hidup lainya.
  2. Sungai-sungai, danau-danau dan air tanah menjadi kering sehingga dapat merugikan daerah pertanian.
  3. Sumur-sumur dan sumber air kering.
  4. Kerusakan akibat ulah manusia.
  5. Pertanian

Penggundulan hutan merupakan salah satu contoh kerusakan yang diakibatkan oleh kegiatan pertanian ladang berpindah. Tempat yang ditinggalkan menjadi kurang subur dan ditumbuhi alang-alang. Akibat lebih jauh, saat musim hujan akan terjadi proses pengikisan tanah permukaan yang intensif. Hal ini bisa menyebabkan banjir, sementara itu saat musim kemarau tempat seperti itu akan mengalami kekurangan air.

  1. Perikanan

Cara penangkapan ikan yang salah, seperti menggunakan pukat harimau juga menyebabkan kian berkurangnya jenis-jenis ikan tertentu di daerah perairan. Apalagi bila menggunakan bahan peledak, tidak saja ikan besar yang mati, tetapi larva dan ikan-ikan kecil lainnya juga ikut mati.

  1. Teknologi dan Industri

Penggunaan traktor dalam membajak sawah sebagai alat bantu, traktor memang mempermudah dan mempercepat dalam membajak sawah. Namun, kadang ada hal lain yang terbawa seperti, sisa bahan bakar, buangan oli, dan sebagainya. Hal tersebut bisa merusak lingkungan.

  1. Pencemaran

Pencemaran (polusi) adalah peristiwa berubahnya keadaan alam (udara, air, dan tanah) karena adanya unsur-unsur baru atau meningkatnya sejumlah unsur tertentu. Macam-macam pencemaran adalah sebagai berikut :

  1. Pencemaran Udara

Hasil limbah industri, limbah pertambangan, dan asap kendaraan bermotor dapat mencemari udara. Asap-asap hasil pembuangan tersebut terdiri atas karbon monoksida, karbon dioksida, dan belerang dioksida. Karbon dioksida mengakibatkan hawa pengap dan naiknya suhu permukaan bumi. Karbon monoksida dapat meracuni dan mematikan makhluk hidup sedangkan belerang dioksida menyebabkan udara bersifat korosif yang menimbulkan proses perkaratan pada logam.

  1. Pencemaran suara

Pencemaran suara dapat timbul dari bising-bising suara mobil, kereta api, pesawat udara, dan jet. Di pusat-pusat hiburan dapat pula terjadi pencemaran suara yang bersumber dari tape recorder yang diputar keras-keras. Adanya pencemaran suara dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit dan gangguan pada manusia dan hewan ternak, seperti gangguan jantung, pernafasan dan gangguan saraf.

  1. Pencemaran air

Pembuangan sisa-sisa industri secara sembarangan bisa mencemarkan sungai dan laut. Jika sungai dan laut tercemar, akibatnya banyak ikan dan mikrobiologi yang hidup di dalamnya tak mampu hidup lagi. Selain itu air sungai dan laut yang tercemar itu juga mengakibatkan sumber air tercemar sehingga manusia sulit mendapat air minum yang sehat dan bersih.

  1. Pencemaran tanah

Pada dasarnya tanah pun dapat mengalami pencemaran, penyebabnya antara lain :

  • Bangunan barang-barang atau zat-zat yang tidak larut dalam air yang berasal dari pabrik-pabrik.
  • Pembuangan ampas kimia dan kertas plastik bekas pembungkus botol bekas.
  1. Banjir

Faktor-faktor lingkungan yang menyebabkan banjir, antara lain :

 Penggundulan hutan secara tak terencana

 Pembuangan sampah di sembarang tempat

 Sulit meresapnya air hujan di tanah perkotaan karena tanah perkotaan banyak tertutup semen beton dan aspal.

 Rusaknya tanggul-tanggul sungai dan banyaknya sungai yang dangkal dengan sungai yang berkelok-kelok.

  1. Faktor Alami

 

Banjir Bandang adalah banjir pada daerah di permukaan rendah yang terjadi akibat hujan yang turun terus -menerus dan muncul tiba-tiba. Banjir bandang terjadi akibat penjenuhan air terhadap tanah atau wilayah tersebut berlangsung dengan cepat hingga tidak dapat diserap lagi.Air yang tergenang lalu terkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah

Tanah longsor terjadi pada lahan dengan tingkat kemiringan lereng yang curam. kondisi tanah yang labil dengan vegetasi yang sedikit menyebabakan tanah menjadi mudah longsor.Curah hujan yang tinggi memicu terjadinnya tanah longsor.

Gunung meletus adalah gunung yang mengeluarkan letusan lahar panas ,awan panas,debu panas dan material  panas lainnya di sekitar wilayah itu.

Kerusakan Lingkungan Akibat Proses Alam

Kerusakan lingkungan hidup oleh alam terjadi karena adanya gejala atau peristiwa alam yang terjadi secara hebat sehingga memengaruhi keseimbangan lingkungan hidup. Peristiwa-peristiwa alam yang dapat memengaruhi kerusakan lingkungan, antara lain meliputi hal-hal berikut ini.

 

  1. Letusan Gunung Api

Letusan gunung api dapat menyemburkan lava, lahar, material-material padat berbagai bentuk dan ukuran, uap panas, serta debu-debu vulkanis. Selain itu, letusan gunung api selalu disertai dengan adanya gempa bumi lokal yang disebut dengan gempa vulkanik.

 

 

Aliran lava dan uap panas dapat mematikan semua bentuk kehidupan yang dilaluinya, sedangkan aliran lahar dingin dapat menghanyutkan lapisan permukaan tanah dan menimbulkan longsor lahan. Uap belerang yang keluar dari pori-pori tanah dapat mencemari tanah dan air karena dapat meningkatkan kadar asam air dan tanah. Debu-debu vulkanis sangat berbahaya bila terhirup oleh makhluk hidup (khususnya manusia dan hewan), hal ini dikarenakan debu-debu vulkanis mengandung kadar silika (Si) yang sangat tinggi, sedangkan debu-debu vulkanis yang menempel di dedaunan tidak dapat hilang dengan sendirinya. Hal ini menyebabkan tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis sehingga lambat laun akan mati. Dampak letusan gunung memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat kembali normal. Lama tidaknya waktu untuk kembali ke kondisi normal tergantung pada kekuatan ledakan dan tingkat kerusakan yang ditimbulkan. Akan tetapi, setelah kembali ke kondisi normal, maka daerah tersebut akan menjadi daerah yang subur karena mengalami proses peremajaan tanah.

b . Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran yang ditimbulkan karena adanya gerakan endogen. Semakin besar kekuatan gempa, maka akan  menimbulkan kerusakan yang semakin parah di muka bumi. Gempa bumi menyebabkan bangunan-bangunan retak atau hancur, struktur batuan rusak, aliran-aliran sungai bawah tanah terputus, jaringan pipa dan saluran bawah tanah rusak, dan sebagainya. Jika kekuatan gempa bumi melanda lautan, maka akan menimbulkan tsunami, yaitu arus gelombang pasang air laut yang menghempas daratan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Masih ingatkah kalian dengan peristiwa tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam di penghujung tahun 2004 yang lalu? Contoh peristiwa gempa bumi yang pernah terjadi di Indonesia antara lain gempa bumi yang terjadi pada tanggal 26 Desember

2004 di Nanggroe Aceh Darussalam dengan kekuatan 9,0 skala richter. Peristiwa tersebut merupakan gempa paling dasyat yang menelan korban diperkirakan lebih dari 100.000 jiwa. Gempa bumi juga pernah melanda Yogyakarta dan Jawa Tengah pada bulan Mei 2006 dengan kekuatan 5,9 skala richter.

c . Banjir

 

 

Banjir merupakan salah satu bentuk fenomena alam yang unik. Dikatakan unik karena banjir dapat terjadi karena murni gejala alam dan dapat juga karena dampak dari ulah manusia sendiri. Banjir dikatakan sebagai gejala alam murni jika kondisi alam memang memengaruhi terjadinya banjir, misalnya hujan yang turun terus menerus, terjadi di daerah basin, dataran rendah, atau di lembah-lembah sungai. Selain itu, banjir dapat juga disebabkan karena ulah manusia, misalnya karena penggundulan hutan di kawasan resapan, timbunan sampah yang menyumbat aliran air, ataupun karena rusaknya dam atau pintu pengendali aliran air. Kerugian yang ditimbulkan akibat banjir, antara lain, hilangnya lapisan permukaan tanah yang subur karena tererosi aliran air, rusaknya tanaman, dan rusaknya berbagai bangunan hasil budidaya manusia. Bencana banjir merupakan salah satu bencana alam yang hampir setiap musim penghujan melanda di beberapa wilayah di Indonesia. Contoh daerah di Indonesia yang sering dilanda banjir adalah Jakarta. Selain itu beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada awal tahun 2008 juga dilanda banjir akibat meluapnya DAS Bengawan Solo.

d . Tanah anah Longsor

 

 

Karakteristik tanah longsor hampir sama dengan karakteristik banjir. Bencana alam ini dapat terjadi karena proses alam ataupun karena dampak kecerobohan manusia. Bencana alam ini dapat merusak struktur tanah, merusak lahan pertanian, pemukiman, sarana dan prasarana penduduk serta berbagai bangunan lainnya. Peristiwa tanah longsor pada umumnya melanda beberapa wilayah Indonesia yang

memiliki topografi agak miring atau berlereng curam. Sebagai contoh, peristiwa tanah longsor pernah melanda daerah Karanganyar (Jawa

Tengah) pada bulan Desember 2007

e . Badai/Angin Topan

Angin topan terjadi karena perbedaan tekanan udara yang sangat mencolok di suatu daerah sehingga menyebabkan angin bertiup lebih kencang. Di beberapa belahan dunia, bahkan sering terjadi pusaran angin. Bencana alam ini pada umumnya merusakkan berbagai tumbuhan, memorakporandakan berbagai bangunan, sarana infrastruktur dan dapat membahayakan penerbangan. Badai atau angin topan sering melanda beberapa daerah tropis di dunia termasuk Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia pernah dilanda gejala alam ini. Salah satu contoh adalah angin topan yang melanda beberapa daerah di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

 

f . Kemarau Panjang

Bencana alam ini merupakan kebalikan dari bencana banjir. Bencana ini terjadi karena adanya penyimpangan iklim yang terjadi di suatu daerah sehingga musim kemarau terjadi lebih lama dari biasanya. Bencana ini menimbulkan berbagai kerugian, seperti mengeringnya sungai dan sumber-sumber air, munculnya titik-titik api penyebab kebakaran hutan, dan menggagalkan berbagai upaya pertanian yang diusahakan penduduk.

 

 

  1. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Aktivitas Manusia

Dalam memanfaatkan alam, manusia terkadang tidak memerhatikan dampak yang akan ditimbulkan. Beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia, antara lain, meliputi hal-hal berikut ini.

 

  1. Pencemaran Lingkungan

 

 

Pencemaran disebut juga dengan polusi, terjadi karena masuknya bahan-bahan pencemar (polutan) yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Bahan-bahan pencemar tersebut pada umumnya merupakan efek samping dari aktivitas manusia dalam pembangunan. Berdasarkan jenisnya, pencemaran dapat dibagi menjadi empat, yaitu pencemaran udara, pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran suara. Pencemaran udara yang ditimbulkan oleh ulah manusia antara lain, disebabkan oleh asap sisa hasil pembakaran, khususnya bahan bakar fosil (minyak dan batu bara) yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, dan mesin-mesin pesawat terbang atau roket. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara, antara lain, berkurangnya kadar oksigen (O2) di udara, menipisnya lapisan ozon (O3), dan bila bersenyawa dengan air hujan akan menimbulkan hujan asam yang dapat merusak dan

mencemari air, tanah, atau tumbuhan. Pencemaran tanah disebabkan karena sampah plastik ataupun sampah anorganik lain yang tidak dapat diuraikan di dalam tanah. Pencemaran tanah juga dapat disebabkan oleh penggunaan pupuk atau obat-obatan kimia yang digunakan secara berlebihan dalam pertanian, sehingga tanah kelebihan zat-zat tertentu yang justru dapat menjadi racun bagi tanaman. Dampak rusaknya ekosistem tanah adalah semakin berkurangnya tingkat kesuburan tanah sehingga lambat laun tanah tersebut akan menjadi tanah kritis yang tidak dapat diolah atau dimanfaatkan.

Pencemaran air terjadi karena masuknya zat-zat polutan yang tidak dapat diuraikan dalam air, seperti deterjen, pestisida, minyak, dan berbagai bahan kimia lainnya, selain itu, tersumbatnya aliran sungai oleh tumpukan sampah juga dapat menimbulkan polusi atau pencemaran. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air adalah rusaknya ekosistem perairan, seperti sungai, danau atau waduk, tercemarnya air tanah, air permukaan, dan air laut. Pencemaran suara adalah tingkat kebisingan yang sangat mengganggu kehidupan manusia, yaitu suara yang memiliki kekuatan > 80 desibel. Pencemaran suara dapat ditimbulkan dari suara kendaraan bermotor, mesin kereta api, mesin jet pesawat, mesin-mesin pabrik, dan instrumen musik. Dampak pencemaran suara menimbulkan efek psikologis dan kesehatan bagi manusia, antara lain, meningkatkan detak jantung, penurunan pendengaran karena kebisingan (noise induced hearing damaged), susah tidur, meningkatkan tekanan darah, dan dapat menimbulkan stres.

 

b . Degradasi Lahan

 

 

Degradasi lahan adalah proses berkurangnya daya dukung lahan terhadap kehidupan. Degradasi lahan merupakan bentuk kerusakan lingkungan akibat pemanfaatan lingkungan oleh manusia yang tidak memerhatikan keseimbangan lingkungan. Bentuk degradasi lahan, misalnya lahan kritis, kerusakan ekosistem laut, dan kerusakan hutan.

1) Lahan kritis dapat terjadi karena praktik ladang berpindah ataupun karena eksploitasi penambangan yang besar-besaran.

2) Rusaknya ekosistem laut terjadi karena bentuk eksploitasi hasil-hasil laut secara besar-besaran, misalnya menangkap ikan dengan menggunakan jala pukat, penggunaan bom, atau menggunakan racun untuk menangkap ikan atau terumbu karang. Rusaknya terumbu karang berarti rusaknya habitat ikan, sehingga kekayaan ikan dan hewan laut lain di suatu daerah dapat berkurang.

3) Kerusakan hutan pada umumnya terjadi karena ulah manusia, antara lain, karena penebangan pohon secara besar-besaran, kebakaran hutan, dan praktik peladangan berpindah. Kerugian yang ditimbulkan dari kerusakan hutan, misalnya punahnya habitat hewan dan tumbuhan, keringnya mata air, serta dapat menimbulkan bahaya banjir dan tanah longsor.

 

Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

Beberapa bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia, antara lain:

  1. Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri.
  2. Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan.
  3. Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.

Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:

  1. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan).
  2. Perburuan liar.
  3. Merusak hutan bakau.
  4. Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman.
  5. Pembuangan sampah di sembarang tempat.
  6. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).
  7. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.

 

*Faktor kerusakan lingkungan akibat aktifitasmanusia

Faktor bertambahnya populasi penduduk memicu juga kerusakkan alam yang dahsyat. Dimana semua kebutuhan penduduk tergantung pada hasil kekayaan alam. Faktor manusia ini antara lain :

 

Perburuan hewan yang membabi-buta sehingga terputusnya rantai makanan yang menyebabkan keseimbangan alam menjadi kacau tidak ada ujung pangkalnya.

Kebakaran hutan diakibat dua faktor selain alam dikareanakan oleh kemarau panjang yang memicu kebakaran alam. Kebakaran hutan juga disebabkan ulah manusia yang melakukan aktivitas seperti pembukaan lahan dengan membakar hutan pada akhirnya terjadi polusi udara akibat kabut asap yang ditimbulkan sehingga banyak spesies binatang dan tumbuhan musnah.

Penggundulan hutan ini adalah akibat manusia yang melakukan aktivitas penebangan hutan secara liar tanpa izin atau illegal dengan tanpa melakukan reboisasi kembali pada hutan tersebut.

Penambangan adalah aktivitas manusia dalam menggali material alam yang berharga seperti bahan tambang besi,timah,emas dll. Penambangan secara liar tanpa perlakuan bijak akan memicu kerusakan alam juga.

Limbah industri adalah hasil pengolahan pabrik yang tidak berguna. Limbah ini merupakan pemicu juga dalam kerusakan alam karena limbah itu berupa racun yang akan memusnahkan hewan,tumbuhan dan manusia juga. Dan dipastikan keseimbangan alam juga terganggu.

Radiasi Nuklir adalah peristiwa pencemaran alam akibat meledak dan pecahnya partikel-partikel dari nuklir dari penyimpannya.

Share this:


19
Nov 15

PENGENALAN MATERI PHBS PADA TINGKAT SD UNTUK MENINGKATKAN CINTA HIDUP SEHAT

PENGENALAN MATERI PHBS PADA TINGKAT SD UNTUK MENINGKATKAN CINTA HIDUP SEHAT

1.       MENGATUR POLA HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Pemanasan global memang tengah terjadi saat ini. Untuk menjaga kesehatan kita dan juga menghindari efek negatif dari pemanasan global bagi tubuh kita, sangat penting bagi kita untuk mulai mengatur pola hidup sehat. Bagaimana cara mengatur pola hidup yang sehat? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul. Anda tidak perlu khawatir dan juga bingung untuk mencari tahu bagaimana cara mengatur pola hidup yang sehat tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengatur pola hidup sehat sehari-sehari :

  1. Olah Raga Yang teratur
    Olah Raga sangat penting dilakukan baik bagi kaum muda maupun onrang tua. Bagi kaum muda, olahraga sangat membantu dan berguna bagi tubuh untuk membantu masa pertumbuhan mereka. Sedangkan bagi para orang dewasa dan juga orang tua, olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga kesehatan organ tubuh.

 

  1. Makan Makanan yang mengandung gizi seimbang.
    Apa yang dimaksud dengan gizi yang seiombang? Yang dimaksud dengan gizi yang seimbang adalah makanan yang mengandung berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Jadi semua jenis zat gizi tersebut harus ada dalam makanan yang akan anda konsumsi. Jumlahnyapun juga harus ditentuka sesuai kebutuhan tubuh, jadi tidak sembarangan untyuk menentukan jumlah makanan yang akan dikonsumsi.
  2. Mengatur Jadwal Makan
    Tujuannya tidak lain adlaah untuk mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Kebanyakan orang akan mengatur waktu makan mereka menjadi 3 waktu makan, yaitu pagi, siang dan malam. Sangat baik jika anda makan pada jam-jam yang memang sudah anda tentukan.
  3. Menghindari Stress Pikiran.
    Kebanyakan orang sangat sulit untuk menghindari hal ini. Stress pikiran memang sering kali menyerang tiap orang. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda baik secara pikiran (mental) maupun secara fisik. Jika anda sedang memiliki masalah, sebaiknya jangan dipikirkan terlalu serius. Lebih baik untuk memikirkannya secara santai dan jangan jadikan itu sebagai beban dalam diri anda.

 

2.      MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Menurut sebuah pepatah, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan meliputi kebersihan diri dan kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan meliputi lingkungan tempat tinggal, tempat bekerja, sarana umum, dan lingkungan lain. Selain sebagian dari iman, kebersihan lingkungan kunci utama kesehatan tubuh.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Contoh kegiatan menjaga kebersihan lingkungan :

  1. Membuang sampah pada tempatnya.
  2. Mengubur sampah, menyapu, dll.
  3. Mengubur/menutup tempat penampungan dan genangan air yang menimbulkan sarang nyamuk.
  4. Menyediakan tempat sampah berdasarkan jenis sampahnya. Yakni organik dan anorganik.
  5. Membiasakan untuk kegiatan hemat atau mendaur ulang kertas, plastik, dan sejenisnya.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

  1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
  2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
  3. Bebas dari polusi udara.
  4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
  5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.
Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.

  1. MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA

Sejak kecil kita diajari disekolah istilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang menjelaskan kandungan gizi ideal manusia. Makanan 4 sehat terdiri nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan 5 sempurnanya adalah susu. Nasi merupakan sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai protein, sayuran minaral dan buaha-buahan sebagai vitamin.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

  1. Makanan Pokok (Sehat)

Apa saja kategori makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna ? berikut adalah contohnya :

  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Gandum

Tahukah kita zat-zat apa saja yang terkandung dalam makanan itu? dan seperti apa urutan konsumsi yang ideal bagi asupan gizi tubuh kita? Nah, berikut ini manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna dan zat yang terkandung di dalamnya:

Kandungan Gizi Makanan Pokok : KARBOHIDRAT

Nasi adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia, nasi mengandung gula yang berfungsi menjadi sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi nasi sebaiknya tidak setiap kali makan, atau bisa mengganti jenis beras putih dengan beras merah. Berikut manfaat beras merah jika dikonsumsi setiap hari:

  • Beras merah mengandung serat yang tinggi dan mengandung karbohidrat sederhana sehingga mampu menambah energi, cepat kenyang karena asupan tidak lebih dari 330 kalori/hari. Beras merah memiliki indeks glikenik rendah dibadinding nasi putih. Indek glikenik menunjukkan seberapa besar gula yang diproduksi oleh darah. Semakin tinggi konsumsi beras merah, semakin indeks glikemik yang memperoduksi gula darah dan meningkatkan produksi insulin.
  • Beras merah juga mengandung anti dioksidan vitamin B6 yang menjaga kesimbangan hormon serotonin dan memproduksi sel-sel DNA, selebihnya beras merah dapat mengahalau kolesterol jahat.

Selain nasi, sumber karbohidrat cukup lainnya seperti kentang, gandum dan umbi-umbian.

  1. Lauk Pauk (sehat)

Kategori makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah lauk pauk, contoh lauk pauk :

  • Daging : Ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek
  • Telur
  • Tahu tempe

Kandungan Gizi Lauk Pauk : PROTEIN

Orang Indonesia lebih banyak menikmati sumber protein dari hewani dari ayam dan ikan, untuk kacang-kacangan misalnya dari tempe dan tahu. Protein berfungsi untuk membentuk sistem imun dan menyeimbangkan kerja hormon.

  • Ikan; Ikan banyak mengandung protein karena mengandung protein nabati dan beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna mengandung omega 3 yang bagus bagi perkembangan otak.
  • Ayam ; Ayam mengandung protein hewani dan juga lemak, namun tidak disarankan mengkonsumsi daging ayam setiap hari. Bagian dari tubuh ayam yang mengandung banyak lemak di bagian hati dan usus.
  • Tahu ; tahu adalah makanan favorit orang Indonesia, selain harga yang murah, cara pengolahan makanan ini juga cukup mudah. Sehari-hari orang Indonesia mengolah tempe dengan cara digoreng atau ditumis, juga biasa dicampur dalam sayuran.
  • Telur : Telur mengandung sumber protein yang tinggi dan terutama kuning telur. Tapi tidak dianjurkan mengkonsumsi telur hingga 2 butir sehari. Diantara jenis telur yang dikonsumsi, telur yang mengandung banyak lemak adalah telur bebek dan telur puyuh. Protein pada telur berpotensi dalam memperkuat jaringan otot karena mengandung magnesium tubuh dan mengatur keasaman pH tubuh.
  • Tempe ; tempe mengandung asam amino dan memakannya lebih baik dibanding memakan lauk yang mengandung protein hewani.

Sumber protein banyak terdapat di daging ikan, ayam, seafood kecuali cumi-cumi. Untuk protein nabati banyak terdapat di sayuran brokoli dan gandum, serta kedelai.

Penyakit akibat kekurangan protein : Marasmus, Kwashiorkor, Ederma, dll

  1. Sayur-Sayuran (sehat)

Sayur sayuran merupakan makanan sehat yang cukup penting kita perhatikan untuk mencegah berbagai penyakit. Contoh :

  • Kangkung, Sawi, lobak, kacang panjang, tomat, bayam, brokoli
  • Kol, daun ubi, wortel, dan sebagainya

Kandungan gizi sayur-sayuran : MINERAL & SERAT

Sayur-sayuran yang baik bagi tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi, sayur-sayuran hijau banyak mengandung zat hijau daun atau klorofil yang berfungsi sebagai antidioksidan dan mempengaruhi sistem imun. Sayur- sayuran hijau banyak mengandung Sulfarophane, isothiocynate. Fungsi kedua zat ini adalah meransang komponen pemecah unsur kimia penyebab kanker.

  • Sawi: sawi mengandung zat hijau karena dapat menyehatkan tulang, mencegah kanker, baik untuk diabetes, menehatkan kulit dan rambut membantu tidur dan suasana hati. Sayuran sawi memiliki vitamin K yang mengandung folat, thiamin, niacin fosfor dan kalium.
  • Wortel; wortel sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya mata, karena mengandung kandungan gula alami. Warna kuning dan orany pada buah mengandung zeaxathin, beta karoten serta vitamin c. Kalium pada sayuran yang berwarna kuning berguna menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan metabolisme tubuh. Serat pada wortel berfungsi untuk meningkatkan kandungan insulin dalam darah.
  • Kubis, brokoli, kembang kol; memiliki kandungan tinggi indoles, kandungan ini memiliki perlindungan anti kanker seperti kanker usus dan payudara. Sayuran brokoli dan kembang kol juga memiliki flavonoid yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat secara umum adalah:

  • sumber serat yang baik ; mengkosumsi sayuran setiap hari dapat membantu pencernaan dan melancarkan pembuangan kotoran di dalam tubuh. Serat pada sayuran berfungsi menyerap air ekstra dalam usus sehingga dapat mencegah wasir dan sembelit.
  • Anti kanker: sayuran memiliki kandungan indoles yang merupakan zat pelindung anti kanker. Sayuran merupakan sumber antidioksidan bagi tubuh yang berfungsi mengurangi risiko kanker.
  • Protein dan asam amino: Asam amino banyak terdapat pada sayur-sayuran seperti bayam, dan kacang-kacangan. Asam amino berfungsi mengganti sumber protein yang hilang.
  1. Buah-Buahan (sehat)

Sumber makanan sehat selanjutnya adalah buah-buahan, sangat penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Contohnya :

  • Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat.

Kandungan Gizi Buah : MINERAL & SERAT:

Buah-buahan berfungsi bagi sebagai antidioksidan karena pada kulit buah mengandung pigmen warna klorofil seperti kiwi dan jambu. Semakin gelap warnanya  semakin besar perlindungan antidioksidannya pada tubuh.

  • Manfaat buah warna hijau: buah hijau mengandung vitamin C, beta karoten, folat dan kalsium. Fungsi dari vitamin yang terkandung pada buah berwarna hijau adalah menurunkan kolesterol, mendukung kesehatan mata, menormalkan waktu percernaan dan melawan radikal bebas.
  • Buah warna kuning: mengandung beta karoten, kalium dan vitamin c. Kalium pada buah berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan metabolisme tubuh. Buah berwarna kuning juga efektif melawan kanker.
  • Buah warna ungu: buah ungu mengandung magnesium untuk melancarkan pencernaan dan memurunkan kadar kolesterol. Buah berwarna ungu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah peradangan.
  • Buah warna merah: warna merah pada buah mengandung asam ellagic dan hesperidin yang berfungsi mencegah kanker serta menghambat radikal bebas.
  1. Susu (Sempurna)

Susu berasal dari sumber protein hewani, fungsinya sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi. Selain susu dari protein hewani, juga ada susu dari protein nabati yakni susu kedelai. Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, dapat mengkonsumsi susu rendah lemak.

  • susu almond; susu ini cocok bagi seseorang yang alergi pada Laktosa, laktosa berlebih dapat menyebabkan produksi gas dan diare.
  • susu kedelai: susu kedelai mengandung kandungan lemak jenuh yang rendah. Susu kedelai dapat membantu program diet dan cocok dijadikan susu pengganti susu sapi.
  • susu kambing: susu kambing mengandung 170 kalori, 10 gram lemak dan 27 mg kolesterol. Susu kambing memiliki anti alergi yang baik bagi tubuh.
  • Susu sapi; susu sapi memiliki kalori yang sangat banyak yakni 80-150 kalori. Bagi wanita susu sapi baik untuk menambah energi saat PMS juga dapat mengurangi stres di akhir hari.

 

  1. MATERI CARA MENGGOSOK GIGI

Pentingnya menggosok gigi, bisa membuat

  1. Gigi bersih
  2. Gigi kuat
  3. Gigi putih
  4. Gigi sehat
  5. Gigi terhindar dari bakteri

Alat dan bahan untuk menggosok gigi

  1. Sikat gigi
  2. Pasta gigi
  3. Air

Cara menggosok gigi yang baik dan benar

  1. Mengisi sikat dengan pasta gigi berfluoride
  2. lakukan penggosokan gigi pada gigi depan, sikat dengan cara vertikal selama 8x
  3. lanjutkan kebagian gigi belakang yang beradapan dengan pipi sikat selama 8x
  4. lakukan penggosokan di bagian dalam mulut yang berbatasan dengan lidah. lakukan 8x
  5. lakukan pada daerah titik gigit gigi (oklusal) pertemuan antara gigi atas dan gigi bawah. caranya sama selama 8x
  6. lakukan penggosokan pada seluruh permukaan gigi kalian
  7. dan terakhir berkumur dengan air. cukup sekali atau 2 kali saja supaya kandungan yang terkandung dalam pasta gigi masih melindungi gigi.


 

Manfaat menggosok gigi:

  1. Mencegah gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan gangguan kesehatan gigi dan mulut yang sangat mengganggu dengan memiliki gigi yang berlubang maka mulut harus mengunyah makanan dengan tidak sempurna selain itu lubang pada gigi juga berisiko kemasukan makanan yang tidak dinginkan. Makanan yang masuk ke dalam gigi yang berlubang kemudian akan membuat gigi menjadi sakit.

  1. Mencegah karang gigi

Karang gigi merupakan gangguan pada gigi yang sangat mengganggu, gigi akan kehilangan keindahan serta putih bersihnya sehingga akan membuat kita kehilangan kepercayaan diri.

  1. Mencegah bau mulut

Bau mulut merupakan salah satu gangguan pada mulut yang sangat mengganggu dan berpotensi membuat kita kehilangan kepercayaan diri dimata rekan dan teman-teman karena rekan akan menjauh dan menjaga jarak terhadap seseorang yang mulutnya berbau tidak enak.

  1. Mencegah terjadinya radang gusi

Radang gusi juga merupakan salah satu gangguan mulut yang sangat mengganggu, gusi yang bengkak dan berdarah akan membuat gigi menjadi sakit dan tidak nyaman saat mengunyah, jika terus di biarkan maka busi akan semakin bengkak dan merembet menjadi gangguan gigi yang lebih parah.

 

Pentingnya menggosok gigi sebelum tidur

  1. Karena bakteri lebih cepat berkembang biak di malam hari
    Faktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekuranganair liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri  untuk berkembang biak lebih cepat, mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melarutkan email gigi sehingga giginya menjadi berlubang.
  2. Karena menyikat gigi di sore hari masih kurang cukup
    Kebiasaan yang ada dimasyarakat adalah menyikat gigi pada waktu mandi sore, sehingga mengira sudah cukup dan tidak merasa perlu menyikat gigi lagi di malam hari sebelum tidur. Padahal di waktu malam pastinya ada makan malam dan sisa sisa makanan dalam rongga mulut yang harus dibersihkan. Beberapa orang berpendapat berkumur saja sudah cukup, tentu saja gigi tidak akan bersih hanya dengan berkumur terutama pada bagian sela-sela gigi.
  3. Karena kebiasaan makan sebelum tidur
    Walau sangat tidak menyehatkan dan sangat tidak dianjurkan demi kesehatan, sulit disangkal makan sebelum tidur memang menyenangkan. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini terlebih lagi makan makanan kecil yang manis danmulailah rutin untuk menyikat gigi sebelum tidur malam. Pastikan Anda tidur dalam keadaan gigi bersih.

 

 


19
Nov 15

PELESTARIAN LINGKUNGAN UNNES DENGAN SIKAP KONSERVASI #2

PELESTARIAN LINGKUNGAN UNNES DENGAN SIKAP KONSERVASI #2

Kita sebagai mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting dalam hal menjaga kelestarian lingkungan kita secara utuh dan menyeluruh sebagai upaya kita melestarikan tata sistem lingkungan agar lingkungan tersebut senantiasa terjaga, terawat dan akan memberi dampak positif atau manfaat yang berguna bagi penghuninya, yaitu kita bersama.

Dalam dunia perkuliahan ini kita melaksanakan pendidikan dan berlomba untuk saling mengukir prestasi, baik prestasi secara intelektual, maupun sikap moral dari masing-masing pribadi mahasiswa itu sendiri. Dalam melaksanakan pendidikan, kita sebaiknya tak lupa untuk melaksanakan sikap konservasi yang dicerminkan dengan sikap cinta dan peduli pada lingkungan, lingkungan UNNES khususnya. Sikap konservasi ini harus diterapkan dengan dasar setiap individu harus sadar akan pentingnya keberadaan lingkungan.

Kita sebagai mahasiswa, ataupun sebagai warga UNNES pada umumnya memiliki tanggung jawab mendukung, menjaga, memantau, dan melakukan koordinasi untuk mewujudkan partisipasi aktif untuk mewujudkan suasana kampus yang mendukung perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan lingkungan sesuai Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 Tahun 2012 Tentang Tata Kelola Kampus Berbasis Konservasi. Pada Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 Tahun 2012 Tentang Tata Kelola Kampus Berbasis Konservasi di Universitas Negeri Semarang Pasal 3 disebutkan bahwa tata kelola kampus berbasis konservasi diwujudkan melalui 7 (tujuh) pilar utama universitas konservasi, yakni :

  1. Konservasi Keanekaragaman Hayati (Biodiversity Conservation)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

www.radioaustralia.net.au

 

 

 

Pilar konservasi keanekaragaman hayati bertujuan melakukan perlindungan, pengawetan, pemanfaatan dan pengembangan secara arif dan berkelanjutan terhadap lingkungan hidup, flora dan fauna di UNNES dan sekitarnya.

 

Upaya pelestarian dalam melakukan Konservasi Keanekaragaman Hayati :

  • Penghijauan

Kegiatan penghijauan meningkatkan keanekaragaman hayati. Kegiatan penghijauan tidak hanya menanam tetapi yang lebih penting adalah merawat tanaman setelah ditanam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Pembuatan Taman Kota

Pembuatan taman-taman kota selain meningkatkan kandungan oksigen, menurunkan suhu lingkungan, mamberi keindahan, juga meningkatkan keanekaragaman hayati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Arsitektur Hijau dan Sistem Transportasi Internal (Green Architecture & Internal Transportation)

 

Pilar arsitektur hijau dan sistem transportasi internal bertujuan mengembangkan dan mengelola bangunan dan lingkungan yang mendukung visi konservasi, serta mewujudkan sistem transportasi internal yang efektif, efisien dan ramah lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Upaya pelestarian pada arsitektur hijau dan sistem transportasi internal :

  • Pengembangan jalur sepeda dan jalan kaki

Pembuatan dan pengembangan pembuatan jalur untuk sepeda dan jalan kaki ini sebagai upaya yang sangat efektif untuk memberikan suatu kebiasaan mengurangi menggunakan kendaraan bermotor pada saat mahasiswa melakukan aktivitas perkuliahannya.

 

 

 

  • Pembuatan model bangunan hemat energi

 

 

 

 

 

 

  • Penyediaan dan pemakaian transportasi internal dalam Universitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pengelolaan Limbah (Waste Management)

Pilar pengelolaan limbah bertujuan melakukan pengurangan, pengelolaan, pengawasan, terhadap produksi sampah atau limbah, dan perbaikan kondisi terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

 

 

 

Upaya pelestarian dengan melakukan pengelolaan limbah :

  • Melakukan pemisahan jenis sampah pada saat pembuangan sampah

 

 

 

 

 

 

  • Mendaur ulang sampah organik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendaur ulang sampah anorganik

 

 

 

 

 

  1. Kebijakan Nirkertas (Paperless Policy)

Pilar kebijakan kertas bertujuan menerapkan administrasi dan ketatausahaan berwawasan konservasi secara efisien.

 

 

 

 

 

 

 

Upaya pelestarian dengan kebijakan nirkertas :

  • Menerapkan pembelajaran menggunakan sistem yang berbasis teknologi informasi

 

 

 

 

 

 

  • Pemanfaatan kertas daur ulang

 

 

 

 

 

 

  1. Energi Bersih (Clean Energy)

Pilar energi bersih bertujuan untuk melakukan penghematan energi melalui serangkaian kebijakan dan tindakan dalam memanfaatkan energi secara bijak, serta pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

 

 

 

 

 

 

Upaya pelestarian dengan menerapkan energi bersih :

  • Menghemat penggunaan listrik saat tidak digunakan

 

 

 

 

 

  • Menggunakan fasilitas kampus secara bijak

 

 

 

 

 

 

  1. Konservasi etika, seni dan budaya

Pilar konservasi etika, seni dan budaya bertujuan untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan etika, seni dan budaya lokal untuk menguatkan jati diri bangsa.

 

 

 

 

Upaya pelestarian dengan penerapan konservasi etika, seni dan budaya :

  • Berpartisipasi dalam kegiatan senam dan tari konservasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Melaksanakan etika keakraban dan saling sapa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kaderisasi Konservasi

Pilar kaderisasi konservasi bertujuan menanamkan nilai-nilai konservasi secara berkelanjutan.

 

 

 

 

 

 

 

Upaya pelestarian dengan penerapan kaderisasi konservasi :

  • Mendukung program kegiatan rumah kompos secara berkelanjutan

 

 

 

 

 

 

 

 


19
Nov 15

KONSERVASI DALAM PENDIDIKAN #1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam kesempatan saat ini saya akan memaparkan sebagian dari luasnya berbagai macam bidang-bidang penyusun dunia pendidikan. Bidang yang dimaksud adalah lingkungan. Dari bidang ini kita akan mempelajari tentang konservasi. Kata ini terdengar asing di kalangan masyarakat secara umum. Karena berbagai faktor yang terjadi di masyarakat yang menyebabkan kurangnya pemahaman tentang arti dari konservasi itu sendiri. Karena semua bidang kegiatan masyarakat bersumber dari ilmu, yang sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan, maka perlu pemahaman yang nyata dari ilmu pendidikan yang telah diterima tersebut.

Sebelum kita lebih lanjut mengetahui lebih rinci tentang konservasi secara umum dan arti dalam dunia pendidikan pada khusunya, maka timbulah suatu pertanyaan,” Apakah konservasi itu ?”

Pertanyaan ini akan menjadi dasar dari pemaparan terhadap arti dari konservasi tersebut. Kita pertama harus tahu asal kata konservasi, yaitu “conservation” yang terdiri dari kata “con” (together) dan “serve” (to keep atau to save). Definisi konservasi dari beberapa para ahli :

  • Margareta, et al. (2010) mengartikan konservasi dimaknai sebagai tindakan untuk melakukan perlindungan atau pengawetan; sebuah kegiatan untuk melestarikan sesuatu dari kerusakan, kehancuran, kehilangan, dan sebagainya
  • IUCN (2007) mengartikan konservasi sebagai manajemen udara, air, tanah, mineral ke organisme hidup termasuk manusia sehingga dapat dicapai kualitas kehidupan manusia yang meningkat termasuk dalam kegiatan manajemen adalah survai, penelitian, administrasi, preservasi, pendidikan, pemanfaatan dan latihan.
  • Richmond and Alison Bracker (ed) (2009) mengartikan konservasi sebagai suatu proses kompleks dan terus-menerus yang melibatkan penentuan mengenai apa yang dipandang sebagai warisan, bagaimana ia dijaga, bagaimana ia digunakan, oleh siapa, dan untuk siapa.

Dapat disimpulkan untuk pengertian konservasi dari berbagai para ahli ataupun sumber yang relevan lainnya bahwa konservasi yaitu upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Yang artinya adalah lingkungan yang terdapat disekitar kita harus selalu dijaga, dirawat dengan sikap peduli lingkungan agar lingkungan tersebut tetap asri dan lestari, dan tahu apa manfaat yang dihasilkan dari lingkungan terhadap kelangsungan hidup masyarakat yang sangat berguna dan bermanfaat.

Selanjutnya, kita menuju konservasi yang sangat erat berkaitan dengan dunia pendidikan. Lalu dapat muncul pertanyaan berikutnya, adalah “Apakah konservasi sangat erat kaitannya dengan pendidikan ?” , jawabannya sudah pasti, yaitu “Ya, konservasi sangat erat kaitannya dengan pendidikan”. Tentu dari jawaban tersebut terdapat alasan yang mendasari hubungan antara konservasi dengan pendidikan. Beberapa alasannya antara lain, karena konservasi merupakan sikap peduli lingkungan yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan dengan cara mempelajari ilmu dasar peduli lingkungan dengan pemaparan betapa pentingnya dampak lingkungan terhadap berlangsungnya kehidupan masyarakat, khususnya kita sebagai mahasiswa (pelajar), lalu karena konservasi (peduli lingkungan) sangat berdampak terhadap kelangsungan proses belajar mengajar, karena jika kita tidak memiliki sikap konservasi pada diri kita sendiri secara paham dan sadar, maka proses belajar mengajar tersebut akan ikut terganggu, mengingat sangat berpengaruhnya dampak dari lingkungan yang kita tempati, maupun lingkungan sekitar kita. Sebagai contoh adalah sebuah sekolah yang mengikuti lomba penelitian tumbuh kembang suatu tanaman (pohon) pada tanah subur. Karena penelitian pohon dengan kategori tumbuh kembang dengan optimal dan pada tanah yang cukup subur, maka dipilihlah objek tempat di pegunungan, yang terdapat di tanah pegunungan yang kita kenal kesuburannya, tetapi karena belum sadarnya dari masing-masing pribadi untuk kelestarian lingkungan tersebut dengan terdapat banyaknya tumpukan sampah yang tersebar di berbagai lokasi dengan sembarang tempat, maka yang sebelumnya tanah pegunungan itu sangat subur, dengan selang beberapa waktu dapat berubah dengan cepat sebagai tanah yang tercemar, dengan hasil buruk tidak pedulinya lingkungan tersebut maka dapat mengganggu proses pendidikan yang sesuai kategori sangat subur pada tanah pegunungan, menjadi tanah tercemar yang menghambat keikutsertaan lomba penelitian tumbuh kembang tanaman (pohon) pada tanah subur pada contoh diatas.

Tanah pegunungan yang subur                        Tanah pegunungan yang tercemar 10003274_871285336262290_5048487720703935228_n                        enrekang03

https://jagungbisi.com/                                   https://www.wiranurmansyah.com

Berikutnya yaitu penanaman sikap peduli dan cinta lingkungan sejak dini. Walaupun kita baru mengenal tentang sikap konservasi secara rinci di jenjang perguruan tinggi, maka tidak salah dan harus dilakukan pengenalan sikap konservasi ini sejak dini oleh calon penerus bangsa kita ini, yaitu dari tingkat sekolah dasar (SD/MI), menengah pertama (SMP/MTs), menengah atas (SMA/SMK) maupun tingkat perguruan tinggi seperti di Universitas Negeri Semarang kebanggaan kita ini.

Kita sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa UNNES (Universitas Negeri Semarang) harus paham dan sadar terhadap keberadaan lingkungan dengan sikap nyata untuk kelestarian lingkungan UNNES maupun lingkungan sekitarnya dengan berbagai sikap peduli lingkungan. Tentunya kita harus mengakui dan bangga bahwa UNNES adalah salah satu universitas konservasi, universitas yang mengedepankan pentingnya konservasi. Dalam Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 Tahun 2012 Tentang Tata Kelola Kampus Berbasis Konservasi di Universitas Negeri Semarang pada Pasal 2 disebutkan bahwa tata kelola berbasis konservasi bertujuan mewujudkan suasana kampus yang mendukung perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan lingkungan hidup secara bijaksana melalui pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup dan partisipasi penuh dari warga UNNES. Sejak 2010 Universitas Negeri Semarang (Unnes) menetapkan visi universitas konservasi. Lengkapnya, universitas konservasi bertaraf internasional yang sehat unggul dan sejahtera. Cita-cita ini dideklarasikan Prof Sudijono Sastroatmodjo MSi bersama unsur pimpinan dan mahasiswa dengan disaksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.

Kita sebagai mahasiswa, mahasiswa UNNES terutama harus bisa menerapkan sikap konservasi, yaitu cinta dan peduli lingkungan agar tetap lestari, aman dan nyaman untuk melaksanakan segala aktifitas baik didalam maupun diluar kampus. Sikap peduli lingkungan harus dilakukan dari hal yang sederhana dari pribadi masing-masing seperti menjaga kebersihan tempat tinggal, lingkungan tempat tinggal, lingkungan perkuliahan (pendidikan) sampai lingkungan masyarakat. Sikap konservasi pada jiwa mahasiswa ini dapat terus berlangsung dengan sikap saling mendukung antara sesama mahasiswa, tidak memandang perbedaan secara fisik, material maupun intelektual. Maka dengan sangat pentingnya sikap konservasi ini dalam dunia pendidikan, dan pada mahasiswa UNNES khususnya yang menjunjung nilai konservasi, maka ditetapkannya suatu pelajaran (mata kuliah) yang bernama “Pendidikan Konservasi” yang diperuntukkan kepada semua mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Dari pembelajaran Pendidikan Konservasi ini kita akan lebih memahami lebih jelas sikap konservasi dari hal dasar baik dari segi teori sampai praktek langsung penerapan sikap konservasi itu sendiri.

Semoga sedikit pemaparan tentang betapa pentingnya sikap konservasi pada dunia pendidikan, terutama kita sebagai mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang sedang melaksanakan pendidikan pada Universitas berstatus sebagai Kampus Hijau, Perguruan Tinggi peduli lingkungan, dan Universitas Konservasi, maka semoga kita dapat menjadi contoh yang baik akan kepedulian kita terhadap kesuksesan dan kejayaan kita bersama untuk menjadikan Universitas Negeri Semarang yang berwawasan peduli lingkungan semakin maju dan tetap jaya, Amin.

Sekian dari saya, terima kasih.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 


Skip to toolbar