Alif Smk Negeri 6 palu

MEMBANGUN DHCP CLINET SERVER

MEMBANGUN DHCP CLINET SERVER
:rate
 Salam Blogger guys.
Pada kesempatan kali ini saya sedikit membahas tentang Dhcp. sebelum kita mempraktekkannya ada baiknya kita memahami dulu apa itu dhcp .
DHCP (Dynamic Host Configuraion Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur clint/server yang di pakai unutuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak enggunakan DHCP harus memberikan alamat ip kepada semua komputer secara manual (static). Jika DHCP di pasang di jarngan lokal, maka semua komputer yang tersambng di jaringan tersebut akan mendapatkan alamt ip secara otomatis dari server DHCP. selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang di berikan DHCP, seperti default gateway dan DNS serversedangkan DHCP client adalah mesin client yang menjalankan perrangkat lunak DHCP client yang memungkinkan mereka untuk dapat berkominakasi dengan DHCP server.
berikut contoh topologinya :

 

konfigurasi :
pastikan anda sudah mengatur IP interface yang di berikan ip dhcp, seperti pada topologi diatas anda akan memberi ip 192.168.1.1/24 (gateway) pada interface ether2, bila sudah kita langsung mengatur dhcp servernya.
untuk mengatur dhcpnya kita masuk ke menu IP > DHCP SERVER > DHCP SETUP.

 

selanjutnya akan uncul jendelanya yan dimana kita memilih interface mana yang akan di jadikan dhcp server. karna kita akan membuat dhcp di ether2 maka pilih interfacenya ether2.

pada tahap ketiga secara otomatis dhcp addres akan terisi karena anda sudah menyeting ip addres sebelumnya, langsung next saja.

 

okey sama seperti sebelumnya secara otomatis ip gateway akan terisi, next saja

 

berikutnya disini merupakan jendela pemberian ip dan akan terisi secara otomatis, namun anda dapat mengubah jumlah ip yang di berikan. klik next

 

pada tahap ini anda akan mengisi DNS Server google. Beri ip seperti di bawah ini

 

jendela  ini merupakan tempat pemberian waktu. klik next saja

 

klik ok dah jadi shcp servernya.

 

sekarang kita setting lagi dhcp clientnya ya. Masuk ke menu IP > DHCP CLIENT > Add (+).

 

pada interface anda memili ether2 sesuai interface pada dhcp server yangtelah anda buat pada konfigurasi sebelunya dan centang kedua kolom di bawah intrface.

 

pastikan bahwa anda telah menyetting dhcp client maka akan bertuliskan bound

 

untuk settingan ip addres di laptop//komputer beri obtain pada kolom ip dan dnsnya.

 

finally sekarang kita tinggal mengujinya. buka web browser anda dan ketikkan www.google.com, jika berhasil pasti akan terbuka

seperti itulah cara membuat dhcp clinet dan server.

mohon maaf karena gambarnya kurang bagus,

sumber : https://alif10ramadhan.blogspot.co.id/2017/02/membangun-dhcp-server-dan-client.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: