MATERI ANTROPOLOGI SMA KELAS XI “DIFERENSIASI SOSIAL”

Setelah saya membagi materi antropologi di materi awal kelas XI ( etnografi), sekarang saya akan melanjutkan kembali membagikan postingan materi kelas XI  yaitu materi diferensasi sosial.

Pengertian Diferensiasi Sosial

Definisi deferensiasi sosial dalam pengajian dari ilmu sosial. Diferensiasi sosial atau pembedaan sosial merupakan wujudan pembagian sosial atau masyarakat ke dalam kelompok-kelompok atau golongan-golongan secara horizontal, sehingga tidak menimbulkan tingkatan-tingkatan secara hierarkis. Diferensiasi sosial adalah pengelompokan masyarakat kedalam atribut secara orizontal, seperti ras etnis atau suku bangsa, klan, agama, profesi dan jenis kelamin.

Menurut Soerjono Soekanto, diferensiasi sosial adalah variasi pekerjaan, prestise, dan kekuasaan kelompok dalam, yang dikaitkan dengan interaksi atau akibat umum dari proses interaksi sosial yang lain. Perwujudan penggolongan masyarakat atas dasar perbedaan pada kriteria-kriteria yang tidak menimbulkan tingkatan-tingkatan antara lain ras, agama, jenis kelamin, profesi, klan, suku bangsa, dan sebagainya.

Jenis-jenis diferensiasi sosial

Diferensiaasi sosial dapat di bedakan sebagai berikut

  1. Diferensasi tingkatan ( rank differentiation), terjadi akibat adanya ketidak seimbangan penyaluran barang dan jasa yang di butuhkan kesuatu daerah. cara penyalurannya melalui berbagai tangan, sehingga sampai ke tujuan memiliki harga yang berbada.
  2. Diferensiasi fungsional ( functional differentiation ), terjadi krena adanya pembagian kerja yang berbeda-beda di suatu lembaga sosial. Setiap orang yang bekerja harus melaksanakan kewajiban sesuai dengan fungsinya.
  3. Diferensiasi adat ( custom differentation), aturan dan norma yang mengikat masyarakat muncul di suatu daerah sebagai kebutuhan. Munculnya norma atau aturan untuk mengatur ketentraman dan ketertiban masyarakat sengaja di adakan pada saat situasi tertentu, karena keberadaannya di butuhkan.

Bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial

Masyarakat mempunyai bentuk-bentuk yang di miliki, kini kita dapat mengidentifikasi melalui bentuk-bentuk melalui kajian yang ada.

  • Perbedaan Ras dan Etnis

pengertian ras dapat berarti golongan tertentu umat manusia berdasarkan ciri-ciri biologis. menurut para ahli pengertian ras sebagai suatu kelompok manusia yang dapat dibedakan dari kelompok lainnya karna ada beberapa karakteristik fisi atau lahiriyah, seperti warna kulit, bentuk muka, misalnya. penggelongan ras mongoloid dan negroid. keanekaragaman bangsa indonesia berkembangsesuai denganlingkungan tempat mereka berada berdasarkan penggolongan sosial budayayang disebut sebagai etnis.

  • Perbedaan Agama

agama merupakan suatu institusi penting yang mengatur kehidupan manusia. menurut emanuel kant, agama adalah perasaan berkewajiban melaksanakan perintah-perintah Tuhan. secara umum agama adalah suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dengan praktik yang berhubungan dengan hal-hal yang suci. agama merupakan suatu kebutuhan yang dicukupkan oleh manusia untuk meyakin kan dirinya terhadap kepercayaan yang diyakini.  manusia pada dasarnya adalah mahkluk yang mempunyai rasa kagum terhadap sesuatu yang goib. hal tersebut dapat menggetarkan jiwa manusia jika ia mengingatnya

lebih lanjutnya saya akan memberika link yang dapat membantu anda untuk mengetahui lebih lanjut dalam materi ini. berikut link nya.

http://www.ilmudasar.com/2017/05/Pengertian-Ciri-Jenis-dan-Bentuk-Diferensiasi-Sosial-adalah.html

soal pengayaan.

  1. apa pengertian diferensasi sosial?
  2. apa saja jenis-jenis direfensi sosial?
  3. apa saja bentuk diferensasi sosial?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Waluya,Bagja. 2007. Sosuologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT Setia Purna Inves

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: