MATERI ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI “KONSEP TENTANG NILAI KULTURAL”

Lanjut dengan posting saya ya gaes, berikutnya tentang materi antropologi SMA/MA keelas XI.  Yang kan  membahas tentang Konsep tentang Nilai-Nilai Kultural (cultural values) dan Pewarisan nilai-nilai kultural atau proses sosialisasi dan enkulturasi.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, maka kita akan mengulas tentang materi antropologi dasar, yaitu tentang kebudayaan atau budaya.

Definisi Budaya

Budaya adalah suatu cara hidup kelompok social yang berkembang di masyarakat untuk di wariskan dari generasi dengan generasi lain. Dan di bentuk oleh manusia dan di jalankan manusia itu sendiri. Asdanya unsur budaya seperti agama, politik, adat istiadat, Bahasa, seni dan lain lain yang membentuk sebuah klebudayaan dalam masyarakat. Sifat dari budaya sendiri yaitu kompleks, abstrak, dan luas.

Nilai-nilai Budaya

Nilai-nilai budaya merupakan nilai yang berada di suatu kebudayaan tertentu yang sudah dio sepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat yang di jadikan sebuah kebiasaan, kepercayaan, symbol-simbol, dan sebagai acuan perilaku tertentu atas apa yang akan terjadi atau sedang terhadi di masysyarakat.

Nilai budaya dapat terlihat melalui beberapa hal, antara lain terdapa pada symbol-simbol, slogan, moto, visi-misi, atau sebagai pedoman masyarakat. Dalam budaya terdapat karaktristik dalam budaya masarakat sendiri.

  • Komunikasi dan Bahasa. System komunikasi dapat menggunakan Bahasa verbal dan non verbal, membedakan dari satu kelompok ke klompok lain.
  • Pakaian dan penampilan. Suatu penampilan dapat di lihat melalui kebiasaan masyarakat.
  • Makanan dan kebiasaan makan. Pola makan dan cara memilih, menyiapkan dan memakan makanan budaya satu dengan budaya lain berbeda.
  • Waktu dan kesadaran akan waktu. Budaya satu dengan dudaya lain tentang waktu juga memiliki perbedaan antaranya budaya Cina dan budaya Jawa.
  • Budaya juga mengatur hubungan manusia dan hubungan organisasi bedasarkan usia, jenis kelamin, status, kekeluargaan dan kekuasaan.

 

Untuk lebih memahami lagi, saya akan juga mengepost link untuk anda, agar lebih jelas. Berikut linknya.

http://bonasumbayak27.blogspot.co.id/2015/05/konsep-nilai-sistem-nilai-dan-orientasi.html

Setelah pemberian materi yang ada di atas, maka saya akan memberikan soal pengayaan pada materi di atas.

  • Apa devinisi budaya menurut anda?
  • Bagaiman cara kita melihat nilai budaya?
  • Apa saja karaktristik dalam budaya? Sebutkan 3 dan contohnya!

Daftar pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/budaya

http://komunikasikomunikan.wordpress.com/2012/06/29/karaktristik-budaya/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: