MATERI SOSIOLOGI KELAS XI SMA/MA TENTANG ” MASALAH-MASALAH SOSIAL”

Hai, kali ini ada materi pengayaan Sosiologi tentang Masalah Sosial nih buat menambah wawasan kamu tentang materi ini. Let’s check this out.

Masalah sosial adalah sebuah fenomena yang muncul dalam realitas kehidupan bermasyarakat. Berikut ini merupakan beberapa definisi masalah sosial menurut beberpa ahli :

  1. Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
  2. Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.
  3. Menurut Lesli, masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.
  4. Menurut Martin S. Weinberg, masalah sosial adalah situasi yang dinyatakan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup signifikan, dimana mereka sepakat dibutuhkannya suatu tindakan untuk mengubah situasi tersebut.

Faktor Penyebab Masalah Sosial

Suatu fenomena bisa disebut sebagai masalah sosial dapat diukur melalui:

  1. Tidak adanya kesesuaian antara nilai sosial dengan tindakan sosial.
  2. Sumber dari permasalahan sosial merupakan akibat dari suatu gejala sosial di masyarakat.
  3. Adanya pihak yang menetapkan suatu gejala sosial tergantung dari karakteristik masyarakatnya.
  4. Perasalahan sosial yang nyata (manifest social problem) dan masalah sosial tersembunyi (latent social problem).
  5. Perhatian masyarakat dan masalah sosial.
  6. Sistem nilai dan perbaikan suatu permasalahan sosial.

Masalah sosial yang ada di masyarakat sangat beragam. Raab dan Selznick mengemukakan permasalahan sosial yang ada di masyarakat dapat terjadi jika:

  1. Terjadi hubungan antarwarga masyarakat yang menghambat pencapaian tujuan penting dari sebagian besar warga masyarakat.
  2. Organisasi sosial tidak dapat mengatur hubungan antar warga dalam menghadapi ancaman dari luar.

Masalah Sosial yang Muncul Dalam Masyarakat

  • Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok atau tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut. Tingkat kemiskinan di masyarakat dapat diukur melalui berbagai pendekatan, yaitu:

  1. Faktor Biologis, Psikologis, dan Kultural : Kondisi individu yang memiliki kelemahan biologis, psikologis, dan kultural dapat dilihat dari munculnya sifat pemalas, kemampuan intelektual dan pengetahuan yang rendah, kelemahan fisik, kurangnya keterampilan, dan rendahnya kemampuan untuk menanggapi persoalan di sekitarnya.
  2. Faktor Struktural : Kemiskinan struktural biasanya terjadi dalam masyarakat yang terdapat perbedaan antara orang yang hidup di bawah garis kehidupan dengan orang yang hidup dalam kemewahan.
  • Kriminalitas

Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana. Kriminalitas yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar individu. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah kriminalitas di lingkungan masyarakat, yaitu peningkatan dan pemantapan aparatur penegak hukum; Adanya koordinasi antara aparatur penegak hukum dengan aparatur pemerintah lainnya yang saling berhubungan; Adanya partisipasi masyarakat untuk membantu kelancaran pelaksanaan penanggulangan kriminalitas; Membuat undang-undang, yang dapat mengatur dan membendung adanya tindakan kejahatan.

  • Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat  yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok.

  • Ketidakadilan

Menurut kamus umum bahasa Indonesia susunan W.J.S Poerwadarminta, kata adil berarti tidak berat sebelah atau memihak manapun dan tidak sewenang-wenang. Sedangkan menurut istilah keadilan adalah penagkuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban.

  • Masalah lingkungan Hidup

Kurangya kesadaran masyarakat dalam mengelola lingkungan menyebabkan terjadinya pencemaran. Pencemaran lingkungan disebabkan karena masalah sampah dan limbah industri, serta perilaku manusia itu sendiri. lingkungan dan dampaknya adalah sebagai berikut.

a). Sampah

Sampah adalah barang yang di buang karena tidak terpakai lagi.salah satu masalah terbesari di indonesia adalah masalah pengolahan sampah. membuang sampah sembarangan seperti membua sampah ke laut , sungai dan sebagainya yang berdampah buruk bagi lingkungan.

b). Banjir

Hampir di setiap musim penghujan , beberapa wilayah di indonesia tergenang banjir. sekarang banjir tidak hanya menggenangi daerah daerah di pinggiran sungai. pemukiman elit dan jalan jalan besar juga mulai di genangi air.banjir adlaah air yang meluap dan banyak, serta mengalir deras.

Nah, setelah membaca tentang masalah sosial diatas, untuk mengecek pemahamanmu, ayo jangan luba jawab pertanyaan dibawah ini :

  1. Jelaskan bagaimana munculnya masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat!
  2. Apa yang kamu lakukan dalam mengatasi kenakalan remaja sebagai masalah sosial?
  3. Kenapa kemiskinan dikatakan sebagai suatu masalah sosial?

Selain itu, untuk menambah pengetahuan kamu, baca yuk Contoh Masalah Sosial di Indonesia.

Sumber :

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada..

Tim MGMP Sosiologi. 2006. Modul Sosiologi XI Semester 2. Kudus : Prasasti.

https://blog.unnes.ac.id/rarassantikadewi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: