ANALISIS TENTANG FILEM “ THE BURNING SEASON “

Assalamu’alaikum sahabat blogger, kali ini saya akan membagikan tugas materi Antropologi Pembangunan tentang filem the burning seaseon. Yang menceritakan tentang masakah pembangunan di dunia.

Analisis tentang filem “ The Burning Season “

Proses pembangunan dalam film “ The Burning Season “ ada beberapa aspek dalam membangun daerah pedesaan salah satunya aspek politik, aspek pemerintahan dan aspek social.

Film ini menceritakan tentang perjuangan sekelompok orang yang tinggal di pedesaan yang bergabung untuk menyelamatkan lahan yang menjadi tempat tinggal dan tempat mencari nafkah. Yaitu perkebunan karet di hutan Amazon. Cerita ini terjadi di Cachoeira-Xapuri, Brazil. Yang di perankan oleh seorang pribumi salah satunya Chicho Mendes. Di desa tersebut terdapat organisasi desa yang saat itu di ketuai oleh Wilson Pinheiro. Ia seorang aktivis yang ingin mempertahankan lahan yang di tempatinya. Akan tetapi tidak lama kemudian Pinheiro di tembak oleh kaum kapitalis yang tidak setuju dengan pemikiran mereka tentang mempertahankan lahannya. Dan tak lama lagi Wilson Pinheiro di ganti oleh Chicho Mendes.

Dengan adanya kaum kapitalis yang ada di Brazil, maka para buruh atau masyarakat desa di jadikan sebagai alat untuk menghasilkan keuntungan. Adanya kecurangan dan ketidak adilan yang di alami masyarakat yang ada di hutan Amazon. Mereka tidak bisa menikmati hasil bumi dan memanfaatkan  hasil hutannya dengan baik dan selain itu  hutan Amazon terancam akan di babat habis-habisan oleh kaum kapitalis yang mementingkan system pembangunan negara, tanpa memikirkan masyarakat yang hidup di hutan Amazon.  Hal itu yang membuat masyarakat untuk terus berpikir bagaimana caranya agar kaum kapitalis tidak memperbudah mereka dengan seenaknya dan tidak merusak hutan untuk pembangunan. Di bangunlah suatu organisasi desa yang di ketuai oleh Wilson Pinheiro. Mereka berharap dengan adanya organisasi tersebut bisa mendamaikan system pemerintahan. Akan tetapi tidak lama kemudian Wilson Pinheiro di tembak mati dan di gantikan Chicho Mendes sebagi ketuanya.

Mulai dari permasalahan itulah masyarakat berubah menjadi masyarakat yang radikal dan tidak terorganisir. Dengan adanya pemberontakan tersebut maka terjadilah permasalahan yang semakin menjadi-jadi, dari masyarakat sendiri tidak mau kalah dengan adanya tindasan yang di alami, dan kaum kapitalispun berkuasa dengan adanya akses-akses yang yang ada di desa tersebut. Sehingga dalam pemberontakan tersebut mengakibatkan  system akses social di tutup, seperti sekolah, ketidak adanya obat-obatan, dokter dan rumah sakit di berhentikan.

Chicho terus berpikir bagaimana caranya, akhirnya pada saat itu Chicho mencalon menjadi Gubernur. Ia melakukan berberapa hal, agar warganya mendukung, salah satunya berorasi, dan promosi. Akan tetapi kaum kapitalislah yang memenangkan pemilihan Gubernur, karena mereka mempunyai kekuasaan dan materi untuk membeli dan menyogok masyarakat dalam pemilihan.

Setelah persoalan itu berlalu, maka ada seseorang yang menawarkan Chicho untuk membuat filem tentang kerusakan sungai Amazon dan dan usaha-usaha untukl menyelamatkannya. Setelah Chicho menyutujuinya maka lewat media massalah yang di gunakan untuk memperlihatkan usaha masyarakat hutan Amazon untuk mempertahankan tempat tinggal mereka. Dengan beredar permasalahan hutan Amazon di media massa, maka pemerintahan Brazil turun tangan untuk melakukan perundingan dengan Chicho. Perundingan tersebut berjalan cukup lama, sehingga masyaraklat resah dengan perundingan tersebut. Akan tetapi perudingan tersebut berakhir dengan baik, pemerintah Brazil damai dengan masyarakat yang tinggal di hutan Amazon.

Dengan adanya perdamaian tersebut maka ada pihak yang tidak setuju, hal itulah yang membuat problem mulai muncul lagi. Setelah terbunuhnya Wilson Pinheiro sebagai ketua organisasi maka Chicho juga mati di tembak oleh kaum kapitalis yang ingin menguasai hutan Amazon. Peristiwa itulah yang membuat masyarakat seluruh dunia ber empati pada masyarakat yang tinggal di hutan Amazon. Hal itulah yang melatar belakangi tindakan hukum di negara Brazil di tegakkan. Dan hutan Amazon menjadi hutan yang di lindungi oleh hukum.

 

Pembangunan yang ada di Brazil melalui proses yang besar, salah satunya adalah bekerja keras dan pengorbanan yang besar. Dalam proses pembangunan ini Chicho Mendes dalam filem “ The Burning Season” bahwa gerakan ini berasala dari masyarakat sipil karena terorganisir, sukarela, optonom, terikat pada peraturan legal atau seperangakat nilai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: