LEMBAGA SOSIAL AGAMA

Selamat malam sahabat blogger, kali ini saya akan membagikan tugas hasil observasi saya tentang makul lembaga sosial. Di sini saya melakukan observasi di lembaga sosial agama. Simaklah hasilnya di bawah ini.

Hasil laporan observasi lembaga sosial agama di TPQ (taman pendidikan al qur’an) yang bernama TPQ Roudotul Jannah yang berada di daerah kabupaten Jepara kecamatan Keling desa Tunahan dukuh Gondoriyo RT 29 RW 09.

  1. Sejarah Berdirinya TPQ Roudotul Jannah

TPQ Raudotul Jannah asal mulanya adalah majlis yang sudah berdiri sejak lamasekirat tahun 1999 an,majlis ini di gunakan untuk mengaji anak-anak.Awalnya masih bertempat di salah satu rumah warga.Kegiatan mengaji tersebut mulai berkembang dengan adanya respon atau kepedulian masyarakat terhadap anak-anak mereka.Dengan kepedulian masyarakat sekitar maka masyarakan memberi saran agar tempat belajar mengaji tersebut menjadi berkembang,pada tanggal 01 Juni 2006 mulailah TPQ Raudotul Jannah di dirikan gedung sebagai tempat pendidikan mengaji.

Gedung yang terdiri dari dua lantai ini adalah hasil waqofan warga sekitar.Tempatnya memang tidak begitu luas,gedung tersebut terdiri dari beberapa ruangan yang di jadikan kelas-kelas untuk memisahkan kelas satu,dua,tiga,empat,lima dan enam.Sekarang ini, TPQ Roudotul Jannah mempunyai santri berkisar antara 60-80 an santri dengan 8 ustaz dan ustazah.Mayoritas santri berasal dari warga Gondoriyo,akan tetapi setiap tahun santri yang berada di TPQ Rudaotul Jannah tidak selalu bertambah terus,ada kemungkinan bertambah dan berkurang.

 

  1. Visi dan MisiTPQ Roudotul Jannah

 

Visi TPQ Raudotul Jannah yaitu menciptakan generasi islami,kreatif dan berakhlaq Qur’ani dan menciptakan pendidikan agama islam.

 

Misi TPQ Roudotul Jannah:

  • Menciptaka manusia Indonesia yang berakhlak mulia
  • Agar mempunyai besik agama yang kuat serta pemahaman al qur’an yang mendalam
  • Mendidik anak-anak warga desa Tunahan yang berlokasi di sekitar
  • Dengan adanya TPQ tersebut maka proses belajar mengajar semakin lancar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai
  • Menambah nialai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  • Mengadakan kegiatan pembelajaran Al qur’an metode qiro’ati dan metode penunjang yang lainnya.

 

  1. Struktur Organisasi yang Ada di TPQ Roudotul Jannah

Pelindung                         :Abdullatif (kepala desa)

Ketua                               :Abdul Rohit

Bendahara                        :ZulIati

Sekretaris                         :Yuniati

Humas                              :Muslim
Ah. Zuhri

Sie.pembangunan             :Suhariyanto

Suranto

Data ustaz dan ustazah yang ada di TPQ Roudotul Jannah yaitu:

  • Abdul Rohid
  • Nasihul Amin
  • Ah Nuril Huda
  • Yuniati (pengajar ghorib)
  • Muzaroh (pengajar jus 27 dan surat-surat pendek)
  • Kusmiati (pengajar jilid 5-6)
  • Niswatul nisa’ (pengajar jilid 1-2)
  • Mudrikah (pengajar tajwid)
  1. Tugas dan Wewenang Jabatan Masing-masing, yaitu:

Pelindung sebagai pelindung organisasi yang ada di lembaga tersebut

Ketua sebagai orang yang bertanggung jawab atas berjalannya program yang telah di buat dan bertanggung jawanb dengan anggotanya

Bendahara sebagai orang yang  mengatur keuangan dalam lembaga tersebut

Sekretaris sebagai orang yang bertanggug jawab atas berkas-berkas yang dibutuhkan di lembaga tersebut

Humas  sebagai seorang yang menghubungkan lembaga dengan masyarakat

Sie.pembangunan sebagai orang yang mengatur pembangunan gedung yang di bangun oleh lembaga tersebut

  1. Kegiatan atau Program yang Dilakukan TPQ Roudotul Jannah
  • Mendidik peserta didik dengan membaca qiro’ati
  • Mendidik peserta didik dengan mempelajari tajwid
  • Mendidik peserta didik dengan mempelajari gorib
  • Melatih peserta didik dengan menghafal surat-surat pendek dan hadist yang menjadi pedoman
  • Memberi pelatihan bernyayi islami kepada peserta didik

Kegiatan mulai awal masuk kelas sampai waktu pulang dari TPQ Raudotol Jannah :

  1. Mengawali dengan salam
  2. Mengaji qiro’ati dengan metode klasikal dan idividual setiap hari
  3. Mengajartka bunyi mahorijul huruf ketika klasikal qiro’ati milai dari:.Jilid 3 mahorijul hurufnya sesuai materi di jilid 3 dan huruf isti’lak.Jilid 4 dan 5  mahorijul huruf dari alif sampai ya’dan huruf isti’lak serta cara membaca bacaan fawatihussur.Jilid 6,jus 27,Gharib,dan kelas yang untuk anak-anak sudah seleksi ujian imtas.
  4. Mengajarkan peserta didik untuk menulis huruf pegon(arab jawa)
  5. Mengajarkan untuk menghafal do’a sehari-hari dan lagu- iagu islami.

Kegiatan rutinan yang dilakukan setiap satu tahun sekali TPQ Roudotul Jannah yaitu mengikuti Imtas atau ujian akhir dari sekolah TPQ sekabupaten Jepara,yang menguji adalah ketua qiro’ati se kabupaten ,dan guru-guru besar yang ada di kabupaten Jepara.setiap TPQ yang mempunyai peserta didik yang sudah malalui jenjang pendidikan sampai tuntas maka peserta didik harus mengikuti tes tersebut,apabila peserta didik tidak lulus ujian imtas maka peserta didik tidak dapat mendapatkan ijasah dari sekolah TPQ .

  1. Kendala Mencapai Tujuan Lembaga TPQ Roudotul Jannah
  • Adanya kesingkronan antar masyarakat
  • Perbedaan agama yang ada di desa Tunahan
  • Kesadaran orang tua untuk mendidik anaknyan dengan mempelajari agama
  • Pengaruh lingkungan
  1. Keberhasilan Lembaga TPQ Roudotul Jannah dalam Masyarakat
  • Terciptanya anak-anak yang solih solihah
  • Membuat anak-anak pandai mengaji
  • Membuat waktu anak-anak terisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif

 

Dengan adanya TPQ Roudorul Jannah di desa Tunahan maka lembaga tersebut membantu masyarakat untuk mempunyai anak-anak yang bisa mengaji alqur’an dengan baik.

Lembaga sosial adalah suatu sistem atau aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuah  secara langsung digunakan untuk kehidupan masyarakat.

Disini saya melakukan observasi lembaga sosial agama yang ada di desa Tunahan bahwasannya lembaga dalam masyarakat ini sangat penting karena memberikan manfaat  untuk masyarakat lain.

Lembaga sosial agama yang saya ambil adalah TPQ Roudotul Jannah.dari lembaga sosial agama ini termasuk tipe-tipe Approved social institution  lembaga ini dibutuhkan  karena lembaga-lembaga yang diterima oleh masyarakat karena dirasa memberi manfaat dan keuntungan  serta  sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di sekitar.Lembaga sosial agama ini terbentuk karena mempunyai tujuan-tujuan tertentu,dan lembaga sosial agama yang berupa TPQ Roudotul Jannah merupakan ciri khas dari lembaga kemasyarakatan di desa Tunahan.lembaga tersebut secara tidak langsung menggambarkakan keadaan masyarakat yang ada di desa Tunahan yang menunjukkan tujuan dan fungsi dari lembaga yang bersangkutan.

Daftar pustaka

Soekanto Soerjono, dkk.2013. Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: