Haul ke 4 “Hadrotus Syech” Dennis Ritchie

dr

Sebelum terlalu jauh membaca, mari hadiahkan fatehah untuk “Hadrotus Syech” Dennis Ritchie (دينيس ريتشي). ‘Ala hadiniah, alfatehah….


Kamu belum kenal Hadrotus Syech Dennis Ritchie? Mungkin kamu lebih mengenal karya-karyanya seperti UNIX Operating System, Bahasa Pemrograman B, ALTRAN, dan C? Masih belum kenal? silakan tutup tab ini, baca ke blog lain. Sepertinya kamu kesasar.

Manaqib

Dennis Ritchie (دينيس ريتشي) terlahir dengan nama lengkap Dennis MacAlistair Ritchie, 9 September 1941 yang lalu di New York. Beliau lahir dari keluarga engineer. Ayahnya MacAlistair adalah salah satu peneliti di Bell Labs (yang juga kemudian menjadi tempat kerja anaknya). Ayahnya merupakan salah satu peneliti yang berhasil membuat Teori Saklar Rangkaian (switching circuit theory).

Tumbuh besar sebagai anak yang cerdas, Dennis Ritchie kemudian menyelesaikan pendidikannya sampai  mendapatkan gelar Duktur fil Falsafati (دكتور في الفلسفة) atau Ph.D di Harvard University tahun 1968 sambil bekerja di Bell Labs, yang juga jadi tempat kerja ayahnya dulu.

Melalui sejumlah risetnya di Bell Labs, lahirlah banyak sekali karya-karya yang bisa kita nikmati sampai sekarang. Diantaranya adalah sistem operasi UNIX, dan penelitiannya yang mampu menjalankan UNIX antar-platform komputer yang ada saat itu, serta sejumlah bahasa pemrograman, terutama bahasa pemrograman C, dan banyak kitab-kitab keren.

Kitab-kitab karya Hadrotus Syech dan koleganya

Bahasa Pemrograman C sendiri, sampai saat ini masih digunakan secara luas, dari sekedar program kecil sampai library, driver dan sistem operasi devais embedded. Keberadaan bahasa C juga menginspirasi hampir semua bahasa pemrograman modern, seperti C++, Java, PHP, Python dll.

Hadrotus Syech Ken Thompson dan Dennis Ritchie, duo syech dari Bell Labs yang menciptakan bahasa C

Atas pengabdiannya pada dunia teknologi, Dennis Ritchie mendapatkan sejumlah Jaizah (award) seperti:

  • Turing Award (1983)
  • National Medal of Technology (1998)
  • IEEE Richard W. Hamming Medal (1990)
  • Computer Pioneer Award (1994)
  • Computer History Museum Fellow (1997)[1]
  • Harold Pender Award (2003)
  • Japan Prize (2011)

Hadrotus Syech Dennis Ritchie wafat pada tanggal 12 Oktober 2011 di kediamannya di Berkeley Heights, New Jersey dalam kesendirian. Kepergiannya yang hanya beberapa hari setelah wafatnya Steve Jobs memantik keprihatinan dari sejumlah tokoh IT dunia, karena sorotan pers yang sangat minim terhadap kepergian Bapak UNIX dan Bapak Bahasa Pemrograman C ini.

Sehingga dunia fana internet ini, sampai muncul meme seperti ini:

Meme Steve Jobs vs Dennis Ritchie

Hari ini, 12 Oktober adalah Haul beliau ke 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: