Latest Publications

ULASAN AKHIR 10 BLOG SEJAWAT

BLOG 1

  1. Nama Pemilik Blog      : Fajar Subehi
  2. Alamat Blog        : http://blog.unnes.ac.id/fajarsubehi/
  3. Kelebihan / Keunggulan           : Dalam blog milik Fajar, postingan materi sudah lengkap dan profil pemilik akun yang dibuat sangat menarik dengan foto yang terpamang disana. Selain itu, dalam blog tersebut juga terdapat menu.
  4. Kekurangan / Kelemahan       : blog tersebut memiliki kekurangan berupa backdrop tema yang berupa gambar burung garuda tidak terliht secara sempurn dan terlihat blur. Hal semmacam itu menyebabkan blog yang seharusnya secara estetika terlihat bagus tetapi terlihat kurang indah dan kurang menarik. Blog tersebut juga tidak terdapat kalender. Teman yang diikuti dari blog juga belum memenuhi yang disyaratkan.
  5. Saran dan Usulan Tambahan / Perbaikan        : sebaiknya lebih diperhatikan lagi blognya, lengkapi kekurangan dari blog tersebut sehingga terlihat lebih bagus.

(more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS X: METODE PENELITIAN SOSIAL

Pengertian Penelitian

Penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan berlandaskan pada analisis dan konstruksi. Kegiatan penelitian dilakukan secara metodologis, sistematis dan konsisten. Menurut Soerjono Soekanto, hal ini bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi hasrat untuk mengetahui apa yang sedang dihadapi. Dari pengertian tersebut maka penelitian berawal dari curiosity atau rasa ingin tahu manusia. (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS X: RAGAM GEJALA SOSIAL DI MASYARAKAT

Gejala Sosial

Fenomena sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari dapat dapat menimbulkan masalah sosial. Gejala-gejala sosial berkembang di masyarakat dapat diartikan sebagai  sebuah fenomena sosial. Munculnya fenomena sosial dimasyarakat berawal dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial sendiri tidak dapat kita hindari, akan tetapi kita masih dapat mencegahnya. Perubahan sosial ada yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif, sehingga kita harus hati-hati dalam menghadapi perubahan yang terjadi. (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS X: INDIVIDU, KELOMPOK SOSIAL DAN HUBUNGAN SOSIAL

Individu

Menurut Aristoteles, manusia merupakan penjumlahan dari kemampuan tertentu yang masing-masing bekerja sendiri seperti kemampuan-kemampuan Vegetatif (makan dan berkembang biak), kemampuan Sensitif (bergerak, bernafsu, perasaan dan mengamati) dan kemampuan Intelektif (kecerdasan). Dalam hal ini individu menurut asal usulnya berasal dari kata in-dividere yang berarti tidak dapat dibagi-bagi atau sebagai sebutan bagi manusia yang berdiri sendiri, atau manusia perseorangan. Individu yang dimaksud adalah insan (manusia). Dengan demikian, individu merupakan sebuah subjek yang bertindak (aktor), subjek yang melakukan sesuatu hal (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS X: FUNGSI SOSIOLOGI UNTUK MENGENALI GEJALA SOSIAL DI MASYARAKAT

Asal-usul sosiologi

Istilah sosiologi berasal dari Bahasa Latin dan Yunani. Asal katanya adalah socius dan logos. Socius (Latin) berarti kawan tetapi dalam arti luas masyarakat. Sementara itu, logos (Yunani) berarti kata atau berbicara. Dalam ilmu sosiologi terdapat teori-teori digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai gejala sosial. Istilah ‘sosiologi’ sendiri pertama kali digunakan oleh Auguste Comte (1798-1859). Berikut ini merupakan beberapa tokoh yang menjelaskan mengenai disiplin ilmu antropologi (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS XII: KEARIFAN LOKAL DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS

Pengertian komunitas

Komunitas atau community merupakan sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama. Sehingga mereka telah berkembang menjadi sebuah “kelompok hidup” (group lives) yang diikat oleh kesamaan kepentingan (common interest). Artinya, ada social relationship yang kuat di antara mereka, pada satu batasan geografis tertentu. Selain itu komunitas juga merupakan kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai teriotrial. Istilah community dapat juga diterjemahkan sebagai “masyarakat setempat”. (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI: KONFLIK, KEKERASAN, DAN UPAYA PENYELESAIANNYA

  1. Pengertian konflik

Menurut Morton Deutsch (1973) dalam Budiyono (2009), konflik yang timbul dalam masyarakat dikarenakan pola saling ketergantungan yang negative antar masyarakat. Konflik berasal dari bahasa latin “configure” yang berarti saling memukul. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia juga didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan atau pertentangan. Maka dari itu, konflik merupakan dua hal atau lebih yang saling bertentangan dan juga berusaha saling menyingkirkan salah stu pihak dengan cara membuat tidak berdaya hingga menghancurkannya. Terjadinya konflik dalam masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor-faktor pendukung. (more…)

MATERI MATERI SOSIOLOGI KELAS XI: PERBEDAAN KESETARAAN DAN HARMONI SOSIAL

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang multikultural, negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa di dalamnya. Yang mana Setiap suku bangsa mempunyai keunikan sendiri sendiri, berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut sangatlah luas cakupannya. Mencakup perbedaan agama, ras, suku, adat istiadat, bahasa, dan sebagainya. Indonesia adalah negara yang beragam, termasuk didalamnya adalah keragaman akan kebudayaan. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia , ragam berarti macam atau jenis. Ada tiga macam yang mengambarkan masyarakat yang majemuk yaitu masyarakat Plural, masyarakat Heterogen, dan masyarakat multukultural. (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI: PEMBENTUKAN KELOMPOK SOSIAL

Manusia apabila disandingkan dengan makhluk hidup lain seperti hewan, maka dia tiak akan mungkin bisa bertahan hidup sendiri. Misalnya saja seekor anak ayam, walaupun ditinggal induknya tetap bisa mencari makan sendiri, namun manusia tanpa manusia lain pasti akan mati. Misalnya saja bayi, harus diajari makan, berjalan, main-main, dan sebagainya. Dengan demikian kita dapat mengetahui bahwa manusia sejak lahir memanglah sudah membutuhkan manusia lain. (more…)

MATERI SOSIOLOGI KELAS XI: PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

Pengertian Permasalahan Sosial

Permasalahan sosial merupakan suatu gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat yang diakibatkan karena adanya interaksi sosial di antara para warga masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan atau kepentingan dalam hidupnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa interaksi sosial dalam masyarakat dapat berlangsung secara asosiatif maupun disosiatif. interaksi sosial yang bersifat asosiatif akan menghasilkan gejala-gejala sosial yang normal sehingga dalam masyarakat akan terjadi keteraturan sosial, sedangkan interaksi sosial yang bersifat disosiatif akan menghasilkan gejala-gejala abnormal atau gejala-gejala yang sifatnya patologis sehingga masyarakat mengalami ketidakteraturan sosial dalam bentuk disorganisasi atau disintegrasi sosial. (more…)

 
Skip to toolbar