Materi Antropologi SMA/MA Kelas XI “Nilai-Nilai Kultural Yang Dijadikan Bagian Dari Budaya Nasional”

  • Konsep Nilai-Nilai Budaya

Nilai-nilai budaya merupakan Sesuatu yang baik dan berharga oleh suatu kelompok masyarakat atau suku bangsa,belum tentu dipandang baik oleh kelompok atau masyarakat atau suku bangsa yang lain.Itu sebabnya,nilai-nilai budaya membatasi dan memberikan karakteristik pada suatu masyarakat dan kebudayaanya. Dikemukakan oleh beberapa ahli salah satunya Menurut,Nugroho Notosusanto mengatakan ,bahwa sistem nilai budaya merupakan inti dari kebudayaan,karena ia mempengaruhi dan menetukan elemen-elemen yang berada pada struktur permukaan dari kehidupan manusia,yang meliputi ,yang meliputi kesatuan perilaku dan benda-benda sebagai kesatuan material(Geriya,1986:26).

  • Pengertian Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional merupakan kepribadian manusia Indonesia yang dalam perwujudannya berupa pandanga hidup, cara berpikir, dan sikap terhadap berbagai aspek kehidupa bangsa. Unsur-unsur dari kebudayaan nasional atara lain : bahasa, kesenian, agama, dan adat istiadat dari semua suku bangsa Indonesia.

  • Nilai kultural yang dijadikan bagian dari budaya nasional

Tanggung Jawab, tanggung jawab dapat muncul karena adanya wewenang. Jadi, masyarakat yang mempunyai wewenag akan mengemban suatu tangggung jawab tertentu. Tanggung memag layak ditumtut kepada semua mausia, karena manusia merupaka makhluk yang berakal budi, yang mempunyai pengertian serta kebebasan.

Gotong royong merupakan suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan rakyat Indonesia sebagai masyrakat agraris, oleh karena itu gotong royong bernilai tinggi. Gotong royong merupakan sistem pengerahan tenaga tambahan dari luar kalangan untuk mengisi kekurangan tenaga pada masa-masa sibuk dalam lingkaran produksi sebagai masyarakat agraris. Nilai gotong royong merupakan latar belakang dari segala aktivitas tolong menolong antar masyarakat. Aktivitas tersebut tampak dalam antar tetangga, antar kerabat dan terjadi secara spontan tanpa ada permintaan atau pamrih bila ada sesama yang sedang kesusahan.

Untuk membantu kalian agar lebih mudah dalam memahami konsep Stratifikasi sosial itu sendiri. Dibawah ini terdapat suatu link bacaan mengenai materi tersebut:

https://www.kompasiana.com/athif/pentingnya-menerapkan-budaya-gotong-royong-terhadap-generasi-muda_552af7a16ea834a856552d1d

Penugasan

Sesudah kalian membaca materi tentang Nilai-Nilai Kultural Yang Dijadikan Bagian Dari Budaya Nasional ,agar lebih jelasnya untuk meningkatkan pemahaman kalian,berikut ini terdapat beberapa pertanyaan-pertanyaan dijawab ya teman-teman.

  1. Apa yang kalian ketahui mengenai nilai-nilai budaya ?
  2. Sebutkan nilai-nilai kultural yang masih lestarikan ditempat Anda yang  dijadikan sebagai budaya nasional?
  3. Buatlah analisis sesuai dengan link di atas dengan pemahaman anda mengenai nilai-nilai budaya yang ada disekitar anda?

Daftar Pustaka:

  1. Maran, Rafael Raga. 2000. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Rosyadi,dkk .1998. Nilai-Nilai Budaya Dalam Naskah Kaba Anggunan Nan Tungga Si Magek Jabang. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco