MATERI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII PROSES PERUBAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT

Hai teman-teman, kali ini saya akan memposting materi sosiologi SMA kelas XII silahkan membaca materinya di bawah ini.

 

Setiap kelompok masyarakat di manapun mereka berada pasti pernah mengalami perubahan-perubahan. Perubahan itu ada yang mencolok dan ada pula yang kurang mencolok, ada yang berlangsung secara cepat dan ada pula yang lambat, ada yang berpengaruh besar dan ada pula yang kecil. Perubahan-perubahan itu dapat berupa perubahan terhadap nilai dan norma-norma sosial, pola-pola perikelakuan, organisasi sosial, susunan lembaga-lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan lain sebagainya. Perubahan- perubahan yang terjadi di dunia ini memang telah berlangsung sejak dahulu kala, hanya saja pada jaman sekarang perubahan-perubahan tersebut telah berjalan dengan sangat cepat. Bahkan berkat adanya kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi, maka pengaruh-pengaruhnyapun telah menjalar secara cepat ke bagian-bagian dunia lainnya.

  1. A. Faktor Terjadinya Perubahan Sosial

Terdapat dua faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial, yakni yang berasal dari dalam serta yang berasal dari luar masyarakat.

  1. Faktor dari Dalam

Faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri (faktor dalam), antara lain meliputi:

1) Perubahan Jumlah penduduk

Bertambahnya jumlah penduduk yang sangat cepat, dapat menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan dalam struktur masyarakat, terutama yang menyangkut masalah lembaga-lembaga kemasyarakatannya. Sedangkan berkurangnya jumlah penduduk terutama yang diakibatkan oleh proses migrasi (seperti urbanisasi, transmigrasi, dan lain-lain) juga dapat mengakibatkan kekosongan, misalnya pada bidang pembagian kerja, dan stratifikasi sosial yang pada gilirannya dapat berpengaruh pula terhadap lembaga-lembaga kemasyarakatan di daerah yang ditinggalkannya.

2) Pertentangan (konflik) dan Pemberontakan (revolusi) di Masyarakat

Suatu pertentangan (konflik), baik itu berupa pertentangan nilai dan norma-norma, pertentangan agama, etnik, politik, dan lain-lain dapat pula menimbulkan terjadinya perubahan-perubahan sosial yang cukup luas. Suatu pertentangan individu terhadap nilai-nilai dan norma-norma, serta adat-istiadat yang telah berjalan lama misalnya, akan dapat menimbulkan perubahan apabila individu-individu yang bersangkutan beralih dari nilai- nilai, norma, serta adat-istiadat yang telah lama diikutinya tersebut.

3) Penemuan-penemuan baru dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Akibat perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi dan meluas ternyata berdampak pada penemuan-penemuan baru berupa teknologi canggih, yang kemudian berdampak pula ter-

hadap perubahan kehidupan manusia.

  1. Faktor dari Luar

Faktor yang berasal dari luar masyarakat itu sendiri (faktor luar), antara lain dapat meliputi:

1) Pengaruh kebudayaan

Hubungan atau kontak secara fisik antara satu masyarakat (budaya) dengan masyarakat (budaya) lainnya cenderung dapat menyebabkan terjadinya saling memengaruhi di antara masing-masing masyarakat atau kebudayaan tersebut.

2)Terjadinya Peperangan

Peperangan yang terjadi antara negara (masyarakat) satu dengan negara (masyarakat) lainnya juga dapat menimbulkan berbagai dampak seperti halnya dampak yang ditimbulkan oleh adanya penberontakan dan pertentangan-pertentangan. Akan tetapi dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya peperangan jauh lebih dahsyat, karena peralatan perang biasanya juga lebih canggih.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, untuk mendukung dan memudahkan kalian dalam memahami materi tersebut, disini saya akan memaparkan materi pembantu terkait materi diatas.

http://sosiologismak1.weebly.com/materi-kelas-xii-ips.html

PENUGASAN

  1. Jelaskan pengertian dari perubahan sosial
  2. Carilah tiga buah contoh peristiwa perubahan sosial yang pernah

terjadi di daerah kalian!

  1. Selanjutnya jelaskan masing-masing, faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab atau pendorongnya perubahan sosial yang ada di masyarakat
  2. Berilah analisis isi bacaan dari link yang sudah dicantumkan diatas!
  3. Berilah analisis bagaimana cara pencegahan dari perubahan sosial!

DAFTAR PUSTAKA

Aman, dkk, 2009. Sosiologi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII Program Ilmu Sosial: Jakarta, Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco