PENGERTIAN SOSIOLOGI KELUARGA

Kali ini saya akan memposting aartikel tugas kuliah semester  5  pada mata kuliah sosiologi keluarga  mengenai pengertian sosiologi keluarga

Yuk, langsung saja membaca dan memahami isi artkel dibawah ini

Pengertian Sosiologi Keluarga

Pengertian dari sosiologi keluarga itu sendiri adalah ilmu yang mengkaji tentang realitas sosiologis dari interaksi, pola, bentuk, dan perubahan dalam lembaga keluarga. Juga, pengaruh perubahan atau pergeseran masyarakat terhadap keluarga dan pengaruh sistem dalam keluarga terhadap masyarakat secara umum.

Pengertian sosiologis keluarga dapat di definisikan, sebagai suatu kelompok dari orang-orang yang disatukan oleh ikatan-ikatan perkawinan, darah atau adopsi yang disatukan dalam susunan rumah tangga berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dan menimbulkan peranan-peranan sosial bagi suami istri, ayah ibu, putra dan putrinya, saudara laki-laki dan perempuan serta merupakan pemeliharaan kebudayaan bersama.

-definisi keluarga menurut Horton dan Hurt

  1. suatu kelompok yang mempunyai nenek moyang yang sama
  2. suatu kelompok kekerabatan yang di satukan oleh darah dan perkawinan
  3. pasangan perkawinan dengan atau tanpa anak
  4. pasangan tanpa nikah yang mempunyai anak
  5. para anggota suatu komunitas yang biasanya mereka ingin disebut sebagai keluarga.

            Keluarga itu sendiri ialah satu kumpulan manusia yang dihubungkan dan di pertemukan melalui pertalian/ hubungan darah, perkawinan atau melalui adopsi pengambilan anak angkat. Yang masyarakatnya hidup dan bekerja di bidang industri maka keluarga di definisikan sebagai satu satuan sosial terkecil yang mempunyai hubungan sah melalui perkawinan, pengambilan anak angkat dan sebagainya secara umum keluarga inti yang kita kenal, memiliki komposisi unsur yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak-anak. Hubungan;hubungan sosial keluarga berlangsung intim berdasarkan ikatan perasaan dan batin yang kuat, dimana orang tua berperan mengawasi serta memotivasi untuk mengembangkan tanggung jawab sosial dalam keluarga dan masyrakat.

Terdapat beberapa definisi keluarga dari beberapa sumber yaitu:

  • Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga(Duvall dan Logan 1986)
  • Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan atau adopsi. Mereka salin berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptkan serta mempertahankan suatu budaya( Bailon dan Maglaya, 1978)
  • Keluarga merupakan unit terkecil dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan(Departemen Kesehatan RI, 1988)

Menurut Salvicon dan Celis(1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco