Review Film “SICKO”

gambar sicko

Di dalam film sicko yang di tayangkan dalam perkuliahan sosiologi kesehatan pada minggu lalu adalah mengambarkan tentang sistem kesehatan yang ada di berbagai negara. Seperti di Amerika serikat, Prancis, Kanada, Inggris. Di dalam film tersebut, di jelaskan berbagai perbedaan penanganan medis yang ada di negara-negera tersebut. Seperti yang ada di negara Amerika serikat ini penanganan medis nya sangat buruk menurut saya. Seperti yang kita ketahui bahwa negara Amerika adalah negara yang sangat besar dan terlihat bahwa kehiduan di sana sangat menyenangkan dan penduduk nya juga orang-orang yang memiliki kelas-kelas sosial yang tinggi, gaya hidup nya yang menjadi pusat perhatian di seluruh dunia. Dan perkembangan pendidikan dan tekhnologi nya juga menjadi pusat gambaan bagi mode dunia. Namun, di balik gemerlap Amerika sebagia trensnter dunia, di sana ada maslah yang kita tidak ketahui yaitu tentang penanganan maslah kesehatan terhadap rakyat yang begitu buruk.

Di Amerika, sistem pelayanan kesehatan bagi rakyat sakit sangat tidak baik dan tidakmemanusiakan manusia. Karena di sana walaupun mempunyai asuransi kesehatan, tetap saja di sana pelayananya tidak maksimal apalagi bagi masyarakat yang tidaka memiliki asuransi kesehatan. Di sana ada istilah bahwa orang miskin di larang sakit. Karena itu, masalah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sangat sulit. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan saja, harus melalui berbagai macam prosedur. Dan itu dalam prosedur untuk mendapatkan asuransi tersebut, walaupun sudah melalui tahap yang bisa di bilang sesuai dengan yang tertera di dalam prosedur tersebut, tetap saja akan sulit jika pihak pembuatan asuransi tersebut hanya ingin keuntungan semata.

Berbeda dengan yang ada di negara prancis, kanada, dan Inggris. Di sana dalam pelayanan kesehatannya sudah menjadi bagian dari negara. Jadi, rakyat sakit dengan mudahnya mendapatkan pelayanan kesehatan dari rumah sakit. Karena di sana sistem pelayanan kesehatannya, pemerintah yang ada di dalam negara tersebut telah di berikan anggaran dana sendiri untuk masalah kesehatan. Di prancis pelayanan kesehatan yang sangat baik menurut saya, karena di sana dokter nya yang datang ke rumah pasien dan mereka sang dokter tidak melihat kalangan mana dan sakit apa sang pasien tersebut. Mereka melakukanya karena itu telah menjadi tugasnya.

Dari perbedaan pelayanan kesehatan yang ada di negara- negara tersebut dapat kita analisis menggunakan buku dari Sulastomo yang berjudul “ Manajemen Kesehatan“. Di dalam buku tersebut dapat kita analisis yaitu tentang peranan sistem pelayanan kesehatan yaitu, masalah kesehatan tidak terlepas dengan masalah finansial atau keuangan. Karena faktor ini adalah faktor utama yang menjadi masalah yang ada di dalam palayanan negara-negara tersebut. Di Amerika juga di kenal apa yang di sebut the law of medical money. Hukum yang mengatakan , berapa pun jumlah uang yang di sediakan untuk pelayanan kesehatanakan habis , mengingat kebutuhan dari para konsumen dan keinginan dari para health provider untuk menyelengarakan tingkat pelayanan itu akan selalu di sesuaikan dengan uang yang tersedia.

Karena di negara Amerika ini, penggunaan asuransi kesehatannya tidak segampang di negara prancis, kanada, Inggris. Di negara ini sistem pelayanan kesehatannya yang susah meskipun sudah mengurus asuransi kesehatan. Jadi , masyarakat yang sakit mereka mengeluarkan banyak biaya bukan untuk pelaanan sakit mereka melainkan bertahan dengan sakit nya dengan cara berobat jalan atau menunggu pihak rumah sakit untuk menangani sakitnya. Karena sama sekali di negara tersebut tidak ada jamianan kesehatan bagi rakyatnya. Dan berobat adalah merupakan tangguangan pribadi. Pemerintah tidak ada sangkut pautnya dalam urusan kesehatan tersebut.

Di dalam negara ini, pelayanan kesehatan yang tidak sebanding namun, dalam pembayaran atau harga dalam pengobatan yang selalu naik dan semakain mahal. Biaya tersebut 51% untuk biaya perawatan tumah sakit , 11% untuk honorarium dokter-dokter. Kemudian angka biaya kesehatan tersebutmenunjukkan bahwa melampaui angka inflasi atau kenaikan biaya sektor lainnya.

Menurut pendapat saya, Jika di lihat biaya dengan pelayananya yang tidak sebanding negara Amerika yang kita kenal sebagai negara adikuasa. Negara yang banyak membawa penagaruh bagi negara – negara lain di dunia harus lebih bijaksana dalam melayani berbagai masalah yang ada di dalam masyarakatnya. Seperti masalah kesehatan ini yang menjadi dasar dari terkuaknya citra buruk dalam negara ini. Sebagai negara yang menjadi sorotan dari negara-negara lainya. Amerika juga harus menyelaraskan pelayanan – pelayanan bagi kesejahteraan masyarakatnya. Dalam bidang asuransi kesehatan seharusnya di beri kemudahan bagi masyarakatnya untuk mengaksesnya. Agar masyarakat di negara ini, tidak kesulitan lagi dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Daftar pustaka:

  1. 2007.Manajemen Kesehatan.Jakarta:PT.Gramedia

4 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. kaka, judul dibuat lebih menarik lagi ya, terimakaaaasih 😀

    1. baik kaka intan…

  2. kalau di cantumin filmnya tambah bagus nis hehe

  3. Buku manajemen kesehatan itu siapa yg nulis ya nis? Hehe 😀

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: