Hasil Observasi “Solidaritas Organik Antar Penghuni Rumah Kos”

hallo teman-teman…

Kali ini penulis akan membahas mengenai Hasil Observasi “Solidaritas Organik Antar Penghuni Rumah Kos” . Dimana materi tersebut berada di dalam mata kuliah Teori Sosiologi Klasik  yang penulis tempuh ketika Semester 2. Tugas Hasil Observasi “Solidaritas Organik Antar Penghuni Rumah Kos” tersebut bertujuan untuk menambah pemahaman mengenai mata kuliah Teori Sosiologi Klasik yang penulis tempuh. Semoga bermanfaat….

Solidaritas Mekanik dan Organik

  1. Solidaritas mekanik adalah solidaritas yang muncul pada masyarakat yang masih sederhana dan diikat oleh kesadaran kolektif serta belum mengenal adanya pembagian kerja diantara para anggota kelompok.
  2. Solidaritas organik adalah adalah solidaritas yang mengikat masyarakat yang sudah kompleks dan sudah mengenal pembagian kerja yang teratur sehingga disatukan oleh saling ketergantungan antar anggota.

Emile Durkheim (1859-1917), Profesor Sosiologi pertama dari Universitas Paris, mengambil pendekatan kolektivitis terhadap pemahaman mengenai masyarakat yang melibatkan berbagai bentuk solidaritas.

Berdasarkan definisi mengenai solidaritas diatas, yang saya gunakan dalam observasi saya kali ini adalah solidaritas organik. Hal tersebut dikarenakan objek yang saya observasi memiliki kecocokan dengan teori solidaritas sosial organik yang dikemukakan oleh tokoh teori sosiologi klasik Emile Durkheim. Dimana saya menemukan fenomena solidaritas organik didalam kehidupan para penghuni rumah kos di kos Adem Ayem Sekaran. Dan kebetulan saya merupakan salah satu dari penghuni kos tersebut.

Saya merasa kehidupan bermasyarakat di dalam kos tersebut semakin kompleks melalui pembagian-pembagian kerja dan spesialisasi yang terstruktur, sehingga menimbulkan ketergantungan antar setiap penghuni kos. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai pembagian-pembagian tugas untuk setiap penghuni kos. Diantaranya yaitu pembagian tugas piket perhari yang disusun dengan beberapa penghuni kos dengan jumlah yang sama. Selain itu juga ada pembagian kelompok setiap hari-hari tertentu untuk membersihkan kamar mandi secara bergilir. Selain itu juga dibentuk ketua, sekertaris, dan bendahara yang bertujuan untuk menciptakan suasana kehidupan kos yang nyaman dan tentram. Pembagian kerja kelompok piket dan membersihkan kamar mandi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh semua penghuni kos. Hal tersebut terjadi karena adanya ketergantungan pada setiap individu penghuni kos antara satu dengan lainya. Demi terciptanya suasana kos yang nyaman dan enak untuk di huni oleh seluruh penghuni kos tersebut.  Berdsarkan ketergantungan fungsional yang terjadi tersebut, para anggota penghuni kos harus mematuhi dan melaksanakan aturan dan pembagian jadwal yang telah dibuat sebagai hasil dari keputusan bersama antar para penghuni kos. Jadi menurut saya pembagian kerja yang dilakukan di kos Adem Ayem merupakan perwujudan dari teori solidaritas organik oleh Emile Durkheim. Sebagaimana ciri-ciri solidaritas organik yang dikemukakan oleh Emile Durkheim, diantaranya yaitu : 1. Menguraikan tatanan sosial berdasarkan perbedaan individual diantara masyarakat. Seperti hal nya yang ada di kos Adem Ayem. Meskipun kecil namun penghuni kos juga dapat dikatakan sebagai masyarakat. 2. Merupakan ciri dari masyarakat modern. 3. Pembagian kerja yang rumit dan didalamnya orang terspesialisasi dalam pekerjaan yang berbeda-beda. 4. Seperti dalam organ tubuh, orang lebih banyak saling tergantung untuk memenuhi kebutuhan mereka. 5. Kemampuan untuk melakukan lebih banyak pilihan dalam kehidupan mereka. 6. Beban yang diberikan dalam masyarakat modern lebih ringan daripada masyarakat pedesaan dan memberikan lebih banyak ruang kepada masyarakat untuk bergerak bebas.

Solidaritas organik muncul karena pembagian kerja bertambah besar. Solidaritas tersebut didasarkan pada ketergantungan yang tinggi. Saling ketergantungan tersebut bertambah sebagai hasil dari bertambahnya spesialisasi dalam pembagian pekerjaan, yang memungkinkan dan juga memicu bertambahnya perbedaan di kalangan individu. Para pelaku solidaritas organik saling terkait dan berpengaruh dalam keefisienan kerja. Selain itu solidaritas organik lebih banyak digunakan oleh masyarakat yang sudah kompleks dan biasanya terdapat pada masyarakat perkotaan. Solidaritas organik juga memiliki pembagian kerja yang terorganisasi dengan baik dan cenderung memiliki beban yang lebih ringan.

Peralihan dari solidaritas mekanik menuju organik bukanlah hal yang mudah. Karena ikatan primordialisme yang lama dalam bidang agama, kekerabatan, dan komunitas dirusak oleh meningkatnya pembagian kerja, mungkin ada ikatan-ikatan sosial lainya yang tidak dapat tergantikan. Akibatnya masyarakat menjadi terpecah dimana individu terputus ikatan-ikatan sosialnya, dan dimana kelompok-kelompok yang menjadi perantara individu dengan masyarakat luas tidak berkembang dengan baik.

Dengan adanya fenomena dan teori yang selaras diharapkan dapat menambah pemahaman saya dalam mempelajari mata kuliah Teori Sosiologi Klasik. Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kehidupan kita tak terlepas dar teori-teori yang sebelumnya telah dikemukakan oleh tokoh-tokoh terdahulu. Namun tak banyak orang yang memahami dan mempelajari teori-teori tersebut. Dan juga bahwa kehidupan kita tidak akan bisa terlepas dari teori.

Daftar Pustaka

Arisandi, Herman. 2015. Buku Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Sosiologi Dari Klasik Sampai Modern. Yogyakarta : IRCiSoD

www.academia.edu/11604255/TEORI_EMILE-DURKHEIM.

www.dokumen.tips/education/makalah-solidaritas-mekanik-dan-organik-558c23a68a0ff.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons